4 Film Bollywood Keren Tanpa Banyak Joget-Joget

Oleh Nisa Istiqomah

Film Bollywood termasuk jenis film yang saya sukai, karena menurut saya tema-tema ceritanya simpel, tapi banyak pesan moralnya.

Walau begitu, saya nggak terlalu suka sama adegan nyanyi dan nari dalam film Bollywood, karena durasi satu lagu aja bisa lama banget! Sementara dalam satu film bisa ada tiga sampai empat lagu. Tapi ada, kok, film-film Bollywood keren yang nggak banyak adegan joget-jogetnya.

Contohnya film-film ini, nih!

1. PK (2014)

Saya sengaja menempatkan film ini di posisi pertama, karena menurut saya, film ini very recommended untuk kamu tonton! Film ini bercerita tentang seorang makhluk luar angkasa (yang wujudnya persis seperti manusia) yang nggak sengaja terdampar di bumi, lalu dia kehilangan remote untuk memanggil pesawat luar angkasanya.

Takut nggak bisa pulang, alien ini—yang kemudian mendapat julukan PK—lalu melakukan segala cara untuk mendapatkan remote-nya kembali. Perlahan, PK pun belajar tentang kebiasaan dan budaya manusia, termasuk tentang konsep agama yang baginya membingungkan.

Kok jadi belajar agama? Iya, soalnya PK melihat bahwa manusia suka meminta pertolongan sama yang namanya Tuhan. PK pun ikutan “mencari” Tuhan, dengan harapan Tuhan bisa membantunya menemukan remote-nya. Tapi PK bingung dengan banyaknya agama yang ada di bumi. Belum lagi ritualnya yang berbeda-beda. Mana yang benar? #dalem. Dan pada akhirnya, PK bisa nggak menemukan remote-nya kembali?

Menurut saya film ini perfecto! Jalan ceritanya bagus, bintang-bintang pendukungnya pun papan atas Bollywood semua. Sejak diluncurkan pada tahun 2014, PK telah meraup keuntungan US$ 90 juta, lho.

FYI, film ini disutradai oleh Rajkumar Hirani, yang juga pernah menyutradai film keren 3 Idiots. Pantes keren!

2. Kahaani (2012)

Film ini diawali dengan aksi terorisme yang menggunakan senjata biologis, dan menewaskan puluhan orang di satu gerbong kereta bawah tanah. Beberapa bulan kemudian, Vidya Bagchi, seorang ibu hamil, melapor ke polisi bahwa suaminya yang bekerja di Pusat Data Nasional telah hilang. Apa hubungan ibu hamil ini dengan kejadian di kereta itu? Mungkinkah suaminya terlibat dalam aksi terorisme itu?

Jujur, saya nggak nyangka, ternyata ada juga film Bollywood dengan rasa thriller dari awal sampai akhir film gini. Sepanjang nonton, saya penasaran dan menebak-nebak banget, siapakah sebenarnya tokoh Vidya Bagchi. Bahkan saya sempat mikir, jangan-jangan suami Vidya Bagchi yang katanya hilang itu hanyalah khayalan!

Pokoknya, film ini oke banget buat kamu penikmat teka-teki. Tonton sendiri deh, sob. Ending-nya cukup tak terduga, lho.

3. Taare Zameen Par (2007)

Gimana, sih, rasanya jadi anak yang punya kelainan disleksia sehingga nggak bisa baca-tulis? Pastinya stres, frustasi, bingung, dan sedih. Itulah yang dirasakan oleh Ishaan Awasthi, siswa kelas 3 SD yang sudah dua kali nggak naik kelas dan akhirnya dikeluarkan dari sekolah akibat kekurangannya tersebut.

Ayah Ishaan lalu memasukkannya ke sekolah asrama yang sangat jauh dari rumahya, tapi Ishaan malah semakin stres karena selalu dimarahi guru-gurunya. Untungnya, di sekolah ini Ishaan bertemu dengan Pak guru Nikumbh yang sangat inspiratif, dan akhirnya bisa membantunya membaca dan menulis.

Saya pribadi suka banget dengan akting Darsheel Safary, pemeran Ishaan, sebagai anak disleksia. Stresnya pas banget sebagai anak kecil, nggak lebay seperti di sinetron-sinetron gitu. Nggak heran kalau Darsheel berhasil menyabet penghargaan Best Child Actor dalam film ini.

4. Barfi! (2012)

Barfi adalah nama dalam karakter film ini, seorang cowok bisu tuli yang jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Shruti. Shruti pun juga naksir Barfi. Sayangnya, cinta mereka ditentang orang tua Shruti. Shruti akhirnya menikah dengan pria pilihan orang tuanya.

Di sisi lain, tanpa sengaja Barfi terlibat dalam sebuah perjalanan petualangan bersama Jhilmil, seorang gadis autis. Tapi gara-gara itu, Barfi jadi buronan polisi karena diduga menculik Jhilmil.
Selain seru, film ini juga mengajarkan kita bahwa cinta itu universal dan bisa terjadi pada siapapun.

FYI, pemeran sang gadis autis Jhilmil, tuh, Priyanka Chopra, lho, Miss World tahun 2000. Penampilannya beda banget!

Ada film Bollywood lainnya yang jadi favoritmu? Yuk, tulis di bagian komentar!

(sumber gambar: bollywoodonstage.com, desideewar.com, mukeshrijhwani.wordpress.com, santabanta.com, indiatoday.intoday.in)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Rafli Ali Rabani | 7 hari yang lalu

kak antara farmasi klinik dengan farmasi industri mana sih yg peluang kerja paling mudah diterima?

Serba Serbi Pilihan Konsentrasi yang Ada Di Jurusan Farmasi
Siti Aisyah | 18 hari yang lalu

Jam operasional instagram nya? Buka hari apa dan sampai jam brp ya?

Inilah Kantor Baru Instagram yang Instagramable dan Hip
Afifa Chanza Zahran | 19 hari yang lalu

Tes minat bakatnya dimana ya sara cri kok gada

Tes Minat Bakat dan Cek Kesesuaian Prodi Kuliah, Gratis Untuk Anak SMA!
Ahmad Ridwan | 1 bulan yang lalu

ini sangat bermanfaat buat anak muda mau sukses

Personal Branding: Berkarya Bukan Bergaya
Robiatul Awaliyah | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse mulai dari 10rb Bisa dm ke @robiatulawlyh

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1