5 Jurusan Buat Kamu yang Hobi Nonton Film

Hampir setiap orang pasti memasukkan aktivitas menonton dalam list hobinya. Memang, menonton merupakan suatu aktivitas yang menghibur dan beberapa film pun memiliki sifat mengedukasi. Nah, meskipun setiap orang hobi menonton, tetapi, genre atau aliran film yang disukai, pasti, berbeda-beda. Ada yang suka film dengan genre action, film dengan genre romantis, film dengan genre komedi dan sebagainya.

Pada saat ini pun, film Indonesia sedang berkembang dengan baik, lho. Salah satu genre film di Indonesia yang baru-baru ini akan muncul di layar lebar adalah genre film action dengan tema superhero. Pada film tema ini, kamu akan disuguhkan berbagai superhero yang khas dengan Indonesia, lho. Nah, para superhero Indonesia ini masuk ke dalam semesta filn superhero sendiri yang bernama Jagat Sinema Bumilangit. Wadaw! Keren banget, ya!

Nah, buat kamu yang suka nonton film dan mengikuti perkembangan film di Indonesia, apakah kamu tertarik untuk membantu Indonesia untuk mengembangkan ranah perfilmannya? Kalau kamu tertarik dalam pembuatan film dan ingin memiliki karya film sendiri, yuk, belajar tentang perfilman di jurusan-jurusan berikut, ini!

1. Jurusan Televisi dan Film 

jurusan film dan pertelevisian

Pada jurusan yang satu ini, kamu akan belajar lebih dalam tentang perfilman dan pertelevisian, lho. Hal yang kamu pelajari di jurusan ini diantaranya adalah creator video visual, wawasan dan sikap dalam seni serta analisis dalam menangani seni, film fotografi dan sebagainya.

Kalau kamu lulus dari jurusan ini, kamu memiliki prospek kerja yang cukup baik, lho. Setelah kamu lulus, kamu bisa menjadi seorang Teknisi Penyiaran, Teknisi Perlengkapan Kamera dan Fotografi, Talent Director, Editor Film dan Video, Teknisi Suara, Program Director dan masih banyak lagi. Karena di Indonesia itu sendiri film-film sedang berkembang, lulusan jurusan ini pasti banyak dicari di dunia kerja.

2. Jurusan Teater

Kamu suka pertunjukkan teater? Atau kamu ikutan ekskul atau UKM teater? Wah, kalau jawabanmu "iya", kamu cocok banget, nih, kuliah di Jurusan Teater. Jurusan yang satu ini pasti sangat menyenangkan karena belajar nggak terasa membosankan karena kamu lebih sering mempraktekkan apa yang kamu pelajari.

Kalau kamu masuk jurusan yang satu ini, siapa yang bilang kamu sulit mencari kerja? Prospek kerja di Jurusan Teater juga sangat luas, lho. Kamu bisa menjadi seorang pemain drama, Aktor atau aktris, talent director, guru drama, pengurus pertunjukan drama bahkan kamu pun bisa menjadi Penata Rias Pertunjukan dan Teater, nih, gaes.

Memangnya, apa, sih, yang dipelajari dari jurusan ini? Well, secara umum kamu belajar tentang pementasan dan juga pertunjukkan. Kamu akan belajar berbagai macam teknik akting, belajar tata rias dan teori-teori lainnya yang berhubungan dengan teater.

3. Jurusan Seni Pertunjukkan

jurusan seni pertunjukan

Well, kalau jurusan teater kamu akan mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan teater. Sedangkan Jurusan Seni Pertunjukkan lebih bersifat umum. Kamu akan mempelajari berbagai macam pertujukkan mulai dari seni drama, tari, musik dan sebagainya.

Selain mempelajari seni drama, tari, musik dan sebagainya, kamu juga akan belajar hal-hal yang di belakang panggung, nih, gaes seperti tata suara, tata lampu, anggaran yang harus di keluarkan dan sebagainya. Pelajaran yang satu ini penting banget, lho. Bayangkan saja kalau dalam suatu pertunjukkan, nggak ada orang-orang yang mengurus hal-hal di belakang panggung. Pastinya, pertunjukkan tersebut akan sering mengalami masalah dan nggak berjalan dengan lancar.

Nah, kalau kamu kuliah di jurusan yang satu ini, setrlah lulus kamu memiliki prospek kerja diantaranya ialah kamu bisa menjadi seorang penata lampu, floor director dalam suatu acara atau penampilan, penata suara dan sebagainya. Kalau pun kamu ingin tampil menjadi seorang aktor atau aktris, penyanyi, Penari dan sebagainya, tentunya, bisa banget, kok, gaes!

4. Jurusan Cinematography

Hayo... Ada yang tahu apa itu cinematography? Yep, cinematography adalah sebuah teknik gabungan dari seni dan teknologi dari fotografi yang melibatkan berbagai pengaturan sehingga mendapatkan hasil yang tepat. Kamu harus tahu, nih, gaes, cinematography merupakan suatu hal yang penting, lho.

Eh? Kenapa? Kok, bisa jadi penting? Yes! Karena film yang bagus itu, bukan karena kameranya yang bagus, melainkan cara pengambilan gambarnya yang harus tepat sehingga menciptakan suatu karya yang bagus. Nah, pengambilan gambar yang tepat dan dengan efek yang pas, akan menciptakan suatu seni film yang sangat ciamik. Nah, kedua hal ini termasuk hal yang dipelajari dalam jurusan cinematography, lho.

Kalau kamu ingin berkuliah di jurusan ini, setelah kamu lulus, kamu pun memiliki prospek kerja yang cukup luas, lho. Misalnya, kamu bisa menjadi video editor, kameramen, penata cahaya dan sebagainya. Kamu bisa bekerja di suatu instansi pertelevisian dan bisa juga bekerja di suatu rumah produksi.

5. Jurusan Desain Komunikasi Visual 

dkv

The last but not least, kamu juga bisa berkuliah di jurusan desain komunikasi visual jika kamu ingin bekerja dalam ranah perfilman. Dalam jurusan ini, kamu akan banyak belajar tentang bagaimana menyampaikan suatu pesan dalam bentuk media visual.

Pastinya, kamu akan sering sekali diberikan tugas seperti membuat iklan, membuat video bahkan bisa saja disuruh membuat short movie alias film dengan durasi pendek. Pada jurusan ini, kamu juga akan belajar tentang animasi bahkan fotografi.

Nah, karena banyak hal yang bisa kamu pelajari dalam jurusan ini, prospek kerjamu pun cukup luas, nih, gaes. Kamu bisa menjadi editor video, pembuat film animasi, sutradara dan sebagainya. Menarik, banget, kan, gaes?

***

Nah, buat kamu yang tertarik untuk menjadi sutradara, editor video dan audio, menjadi cameramen dan profesi lainnya yang berhubungan dengan perfilman, jurusan-jurusan ini, cocok banget, deh, buat kamu. Saya yakin, belajar di jurusan-jurusan ini, nggak akan membuatmu bosan. Kenapa? Karena kamu lebih banyak mempraktekkan ilmu yang kamu dapatkan dibanding hanya duduk dan mendengarkan penjelasan dosen. Jadi, gimana, nih, gaes? Apakah kamu tertarik untuk belajar di jurusan-jurusan di atas?

Baca juga:

(Baca juga: swara.tunai.com, berita.upi.edu, idseducation.com, marketeers.com)

LATEST COMMENT
Ryan Jr | 13 jam yang lalu

Ekonomi pembangunan bknnya IPS ya?

25 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPA
Carlos Trade | 20 jam yang lalu

Halo pemirsa Kami adalah pedagang profesional, menghasilkan forex dan biner untuk investor mingguan, akan dengan senang hati memberi tahu Anda lebih banyak tentang platform investasi kami di mana Anda dapat menginvestasikan dana hanya $ 200 dan mulai menghasilkan $ 2000 setiap minggu, banyak orang telah…

Semua yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Pinjaman Dana Pendidikan Di Indonesia
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1