5 Aplikasi Bermanfaat untuk Pelajar dan Mahasiswa

Presented by:

Hari gini, kebutuhan akan smartphone dan internet kayaknya udah menyaingi kebutuhan akan oksigen, ya? Kalau pergi, rasanya mending ketinggalan pacar dompet, deh, daripada ketinggalan smartphone.

Tetapi kalau smartphone canggih kamu cuma dipakai buat chatting, selfie dan ber-medsos-ria, duh, sayang banget. Nilai smartphone-nya jadi nggak sebanding sama fungsinya. Mending coba install aplikasi-aplikasi keren yang bisa mempermudah aktifitas belajar, deh, soalnya zaman sekarang, ada banyak banget aplikasi learning tools keren. Aplikasi bermanfaat ini juga gratis!

Trus, karena aplikasi-aplikasi ini menjadi bagian dari mobile learning, maka kita nggak perlu lagi takut kehilangan catatan atau lupa jadwal ujian, misalnya, karena semuanya tersimpan rapi di smartphone.

Here are some of our favourites!

GoConqr

GoConqr adalah sebuah learning tool yang berisi alat-alat bantu belajar, seperti notes, mind map, flashcard, dan slides untuk membantu kita menghapal materi pelajaran. GoConqr dirancang dengan desain yang keren dan sangat smartphone-friendly.

Fitur yang paling kami suka dari aplikasi ini adalah mind map, karena kami rasa, mind map tuh efektif banget untuk membuat kita paham dengan pelajaran.

Untuk pakai aplikasi ini, kita mesti bikin akun web dulu, jadi nantinya semua catatan kegiatan kita akan terintegrasi dengan akun tersebut. Berarti bisa dibuka di komputer juga, dong? Yes! Tuh, pinter.

Evernote

Awalnya, sih, Evernote diciptakan sebagai sebuah aplikasi notes. Buat nyatet-nyatet gitu, lah. Namun dalam perkembangannya, Evernote bertransformasi menjadi sebuah digital working space. Kami menyebut aplikasi ini sebagai ruang serba bisa yang modern, karena dengan Evernote, kita bisa mengorganisasi ide-ide, menyusun agenda, melampirkan file, sampai mengatur catatan keuangan.

Evernote juga bisa dipakai untuk kerja kelompok virtual. Misalnya, kita bisa membahas catatan di aplikasi ini dengan teman-teman, berkat fitur chat kelompok. Kita juga bisa berbagi catatan dengan teman-teman, lho. Jadi, kalau ada teman yang pulang kampung sebelum ujian, kita tetap bisa belajar bareng!

Sama seperti GoConqr, Evernote juga mengintergrasikan semua catatan kegiatan dengan semua gadget kita. Belajar jadi bisa dimana aja, deh.

Dropbox

Dropbox adalah tempat penyimpanan dan sharing berbagai files, mulai dari dokumen tulisan, foto, video, dan sebagainya. Files yang kita simpan dari gadget manapun bisa diakses dari gadget lainnya, asalkan kita punya akun Dropbox dan login dulu. Mau sharing file dengan teman yang nggak punya akun Dropbox? No problemo. Kirim link Dropbox-nya aja, maka file-nya pun bisa dibuka meski tanpa akun.

Dropbox  juga punya fitur edit Microsoft Office, jadi kita bisa ngedit files Microsoft Office lewat ponsel atau tablet, dimanapun kita berada. Trus, kalau mau nyimpan ‘harta karun’ selfie kita dengan cepat, Dropbox juga bisa back up foto dan video di smartphone, lho. Begitu selesai jepret, langsung disimpan!

Math Formulary

Good news: otaknya Galileo dan Einstein sekarang pindah ke smartphone! Hore! Math Formulary merupakan aplikasi formularium matematika lengkap, yang menyimpan segala rumus matematika yang umumnya diperlukan pelajar sekolah ke Universitas.

Di aplikasi ini, kita bisa menemukan penjelasan simbol, formula aljabar, analisis rumus, rumus geometri, rumus trigonometri, rumus logika dan aritmatika dasar, sampai lembar kerja matematika gratis untuk membantu kita latihan. Nggak perlu nempel hapalan rumus di tembok kamar lagi, deh!

As a bonus point, tampilan aplikasi ini sangat inituitif alias mudah digunakan.

Wikipanion

Wikipanion adalah sebuah aplikasi browser Wikipedia, yang membantu kita browsing Wikipedia dengan lebih cepat dan mudah. Misalnya, kita bisa mengatur sendiri ukuran font yang kita gunakan, agar seabrek info di Wikipedia bisa dibaca dengan lebih nyaman. Trus, entries Wikipedia bisa kita unduh dan simpan di Wikipanion, sehingga nanti bisa dibaca-baca lagi walau dalam status offline.

Moreover, Wikipanion terkoneksi langsung ke server Wikipedia, sehingga aplikasi ini bisa berjalan dengan sangat cepat. Asyik, ya?

***

Kalau kamu punya aplikasi andalan juga, share di kolom komen, ya!

(sumber gambar: cerasis.com, 148apps.com, blog.weekcal.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 1 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1