5 Hal yang Pasti Bikin Kamu Kepengen Jalan-Jalan ke Seoul!

Oleh Lady Nabila

Wuih, setelah perjuangan Ujian Akhir Semester kemarin, akhirnya musim liburan datang juga! Mau plesir kemana, gaes? Gimana kalau jalan-jalan ke Seoul?

Sebelum kita bahas soal jalan-jalan ke Seoul, jujur aja, deh, setiap kali dengar nama Korea Selatan, pasti kamu langsung ingat sama K-pop atau K-drama ‘kan? Ngaku aja! Nggak usah gengsi, sih, soalnya hal ini juga dialami oleh banyak orang di dunia, termasuk Indonesia.

Daaan tahukah kamu? Gara-gara Hallyu Wave alias demam Korea ini, jumlah wisatawan Indonesia yang pergi liburan ke Korea Selatan meningkat sebanyak 10%, lho! Kenaikan ini bahkan terjadi ketika angka wisatawan Indonesia yang berlibur ke luar negeri secara umum justru menurun.

Warbiyasak, yah, pergerakan para chingu (“teman” dalam bahasa Korea) ini.

Nah, sebagai ibukota Korea Selatan, pastinya Seoul juga menjadi salah satu destinasi favorit para turis. Maka dari itu, sekarang saya mau cerita, apa aja hal-hal yang bakal bikin kamu jatuh cinta sama Seoul.

Heits, jangan salah! Saya nggak bakal bahas K-Pop atau K-Drama kok! Tapi setelah menyimak cerita saya, siap-siap aja kamu jadi chingu-wan atau chingu-wati yang ikutan ngiler ingin buru-buru booking tiket pesawat demi jalan-jalan ke Seoul.

Yuk, disimak!

1. Between traditional and modern

Walaupun Seoul telah menjadi kota yang sangat modern dan metropolitan, tapi nilai-nilai tradisionalnya masih kental, lho. Dengan demikian, Seoul punya balance yang menarik antara modern dengan tradisional, misalnya penampakan rumah-rumah tradisional yang bentuknya masih sama kayak seribu tahun lalu, bertebaran di samping urban skyscrappers modern.

youthmanual-seoul

youthmanual-seoul

youthmanual-seoul

Kekontrasan yang menyandingkan (pasangan di pelaminan kaleee, menyandingkan!) nilai-nilai tradisional dan modern kayak gini nggak banyak terjadi di kota-kota besar lainnya. Nah, jadi coba lihat sendiri, deh, keunikan ini di Seoul!

2. Surga kosmetik!

Etude House, The Face Shop, Innisfree, Laneige, Nature Republic… cewek-cewek pasti pada hafal lah, ya, merk-merk kosmetik Korea Selatan yang populer berat di negara kita ini.

Kalau kamu beli kosmetik Korea di Indonesia, harganya mungkin hampir sama seperti harga berbagai kosmetik impor lainnya. Tapi beda cerita kalau kamu belinya langsung di Korea.

“Emang kenapa, Kak?” Jangan pingsan, ya, tapi di negara aslinya, harga-harga kosmetik Korea udah kayak harga kacang rebus di pinggir jalan. Murah banget! Gila kan? Ja… ja… jadi, harga kosmetik Korea di mall Indonesia… Sandiwara kah selamaaaa iniiii…. *nyanyi lagu Januari nya bung Glenn*

youthmanual-seoul

youthmanual-seoul

Trus, jangan khawatir. Meski harganya murah, semua kosmetik yang dijual aselik 100% dan pastinya tersebar dimana-mana! (kok makin mirip aja, ya, sama kacang rebus?). Bahkan di daerah shopping street Myeongdong, kamu bisa menemukan lebih dari seribu toko kosmetik. Iya, se-ri-bu. Se. Ri. Bu. Dan ini di Myeongdong doang! Belum lagi, setiap kamu masuk ke sebuah toko kosmetik, kamu bakal dikasih gratisan alias tester produk mereka. Ini apa namanya kalau bukan surga? Hah? Hah?

3. Asia’s fashion trendsetter

Nggak bisa disangkal, pengaruh Hallyu Wave sangat berkontribusi kepada nama besar Korea Selatan. Karena dunia lagi dilanda demam budaya Korea, apapun yang dipakai oleh bintang K-Pop yang berpengaruh besar di bidang fashion—misalnya G-Dragon si pentolan Big Bang—langsung jadi trend, khususnya di Asia. Fashion house Chanel aja menggelar fashion show 2015/16 Spring Collections mereka di Seoul, lho!

youthmanual-korea

youthmanual-seoul

Maka ketika kamu jalan-jalan di Seoul, jangan heran kalau ada banyak banget orang-orang di jalanan yang dress up with #ootd style. Kamu bisa nontonin fashion Instagram secara live di Seoul!

4. City of Design

Kreatifitas warga Seoul nggak cuma dalam bidang fashion, tetapi juga dalam bidang desain. Asal tau aja, Seoul dinobatkan sabagai UNESCO City of Design pada tahun 2010 dan menjadi bagian dari UNESCO Creative Cities Network.

Memang benar, desain-desain cutting edge yang ada di penjuru Seoul membuat kota ini menjadi kota yang Instagrammable banget. You won’t find this vibe anywhere else but in Seoul! Kemana pun kaki kamu melangkah, kamu bakal menemukan pojokan Instagrammable yang bikin kamu kepengen foto #ootd setiap menit. Pokoknya, untuk mendapatkan foto yang artsy di Seoul, nggak perlu effort, deh.

youthmanual-seoul

youthmanual-seoul

Selain itu, dengan semakin populernya budaya ngopi di Korea Selatan, ada banyak banget kafe keren betebaran di Seoul yang patut kamu datangin buat ngopi-ngopi, foto-foto, lalu tentunya post di Path. Azeeekk…

5. Koneksi super cepat!

Fashion udah keren, kosmetik murah betebaran, seluruh kotanya Instagrammable… apa lagi, sih, yang kamu butuhkan? YAK! KONEKSI INTERNET!

youthmanual

Menurut Akamai Technologies, Korea Selatan adalah negara dengan koneksi internet tercepat di dunia, lho. Apalagi di Seoul, sebuah kota metropolitan yang pastinya membutuhkan banyak koneksi internet. Warga Seoul nggak kenal, deh, sama yang namanya susah sinyal. Hah, apa itu blank spot? Apa itu buffering?! Apa?! Apaaaa?! #nggaksante. Bahkan saat lagi di mobil atau di kereta bawah tanah pun, warga Seoul bisa streaming nonton K-drama tanpa buffering! Coba kalau di Indonesia. Boro-boro sambil jalan. Sambil diem di kamar dan ngedeketin henfon ke router wi-fi aja koneksinya masih lemot .

Selain koneksi yang super cepat, di Seoul, wi-fi gratis juga ada dimana-mana. Jadi kamu nggak perlu gundah gulana khawatir nggak bisa update medsos selama di Seoul. Geser dikit aja kamu pasti bisa dapat koneksi internet yang secepat kilat!

Maka kalau mau ke Seoul, jangan lupa pengumuman ke teman-teman di medsos dulu bahwa kamu bakal membombardir mereka dengan update-an selama di sana. Ihiiiiiy…

***

Gimana? Udah mulai deg-deg-ser belum sama Seoul? Kalau kamu memang ingin jalan-jalan ke Seoul agar ke-chingu-an kamu sah, namun masih ragu karena takut bingung selama di sana, jangan pergi sendirian! Coba gabung, deh, dengan paket-paket tur ke Korea Selatan, yang belakangan ini banyak ditawarkan (salah satunya yang seru dan terjangkau adalah paket ini)

Paket-paket tur sejenis ini biasanya sudah all-in. Jadi hanya dengan sekali bayar, kamu sudah bisa mendapatkan akomodasi, transportasi, tiket masuk ke tempat-tempat wisata yang akan dikunjungi, serta local tour guide. Kyaaaa oppaaaa, noonaaaaa!

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, jalan-jalan ke Seoul!

(sumber gambar: On the go tours, Decosoon, Muncity, Vogue, The Seoul Guide, All KPop, The Beauty Breakdown, Invest Korea, Lacasa Park, Conversations About Her, Straitstimes, My Seoul Searching)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1