5 Tempat Wisata Mistis di Yogyakarta yang Bisa Bikin Liburanmu Tambah Seru

Dari sekian banyak destinasi wisata seru yang ada di Yogyakarta, ada, lho, beberapa tempat wisata yang, ehem, angker dan menyeramkan.

Sebenarnya reputasi menyeramkan tempat-tempat ini nggak harus dipercaya, sih, karena kebenarannya juga cuma Tuhan yang tahu. Tapi kalau kamu seorang adrenaline junkie yang senang mengulik hal-hal mistis, simak, nih, ulasan tentang tempat-tempat berikut tersebut sebelum kamu pergi liburan ke Yogya.

Siapa tahu tempat-tempat ini bisa kamu datangi, sehingga liburan kamu jadi makin seru!

1. Benteng Vredenburg

Benteng Vredenburg adalah salah satu destinasi wisata favorit para turis yang datang ke Yogyakarta. Tempat ini juga sering jadi area pameran seni dan acara bertema budaya.

Zaman dulu, benteng ini dibuat untuk melindungi Keraton Yogyakarta dari pihak Belanda, tetapi belakangan baru diketahui bahwa bangunan ini ternyata juga digunakan untuk menyiksa para tawanan pejuang Indonesia!

Kalau kamu datang ke sini siang hari, sih, nggak masalah, lah. Tempatnya menarik dan nggak berhawa seram, kok. Tetapi di malam hari… suka terdengar suara jeritan siksaan! Selain itu, banyak saksi mata yang pernah melihat sosok noni Belanda berkaki kuda berseliweran di dalam kompleks Benteng Vredenburg. Bahkan ada beberapa ruangan yang dianggap super angker dan nggak boleh sembarangan dimasuki. Hiiii!

2.  Pantai Parangkusumo

Sejak dulu banget, area pantai selatan Yogyakarta memang sudah terkenal dengan kemistisannya, gara-gara sosok Nyi Roro Kidul. Konon, pantai Parangkusumo diklaim sebagai pintu gerbang yang menyambungkan dunia nyata ke istana sang Ratu Pantai Selatan di tengah laut.

Kamu bisa menganggap kisah Nyi Roro Kidol sebagai mitos belaka yang ngarang banget. Tapi, kok, mitos ini masih beredar kuat dan dipercayai masyarakat sampai sekarang? Yap, entah kenapa, kepercayaan masyarakat terhadap sosok Nyi Roro Kidul nggak pernah padam. Salah satu bentuknya adalah tradisi labuhan yang selalu dilakukan masyarakat setiap tahun di Pantai Parangkusumo. Katanya tujuannya, sih, untuk mempererat hubungan antara masyarakat Yogyakarta dengan Nyi Roro Kidul.

Percaya nggak percaya, supaya “aman”, jangan berlaku sembarangan pas lagi di Pantai Parangkusumo, ya. Ikuti aja, deh, “rambu-rambu” yang ada!

3. Keraton Yogyakarta

Ngomongin Yogya nggak lengkap kalau nggak ngomongin Keraton Yogyakarta. Yap, destinasi wisata Yogyakarta yang paling ramai dikunjungi wisatawan ini memang menarik, dengan latar belakang sejarah dan budaya Jawanya yang kental. Nggak heran kalau setiap tahun, ribuan orang bertandang ke tempat tinggal Sultan Hamengkubuwono X ini.

Seperti kebanyakan tempat sakral di Jawa, Keraton Yogyakarta konon juga punya “penjaga” tak kasat mata yang siap menjaga setiap sudut keraton dari tangan-tangan jahil. Ada juga desas-desus tentang pasukan ghaib yang menjaga benda-benda pusaka di Bangsal Proboyeksa. Wih, pokoknya kalau kesana, kamu harus jaga sikap dan sopan santun, deh, daripada terjadi hal-hal yang diinginkan.

4. Bioskop Cinema XXI

Bangunan modern yang ada di Jalan Solo ini sebenarnya jauh dari kesan seram, jadi kenapa bioskop ini dianggap mistis? Soalnya, menurut penduduk setempat, memang ada cerita-cerita penampakan atau kejadian ganjil yang berlokasi di bioskop ini.

Sebelum jadi bioskop XXI, tempat ini dulunya adalah gedung swalayan Hero sekaligus bioskop Empire 21. Pada tahun 1999, gedung ini terbakar. Apinya bahkan melalap gedung bioskop Regent yang berada di sebelahnya. Kebakaran ini konon menewaskan 15 orang, dan sampai sekarang, ada empat jasad yang belum ditemukan.

Setelah kejadian tersebut, gedung ini dibangun kembali menjadi Cinema XXI. Nah, banyak yang percaya bahwa arwah korban kebakaran masih sering bergentayangan di beberapa studio, khususnya saat pemutaran film tengah malam. Hiiii!

5. Kandang Menjangan

Dulu, Kandang Menjangan—sering juga disebut Panggung Krapyak—yang berada di kawasan Krapyak ini adalah tempat para kerabat keraton berburu rusa.

Sekarang, sih, bangunan ini nggak berfungsi lagi, dan hanya dijadikan sebagai cagar budaya. Pintu dan jendelanya pun sekarang diberi pagar besi, supaya orang nggak bisa sembarangan masuk ke dalamnya.

Sekilas, nggak ada yang kelihatan aneh dengan bangunan ini. Tapi masyarakat sekitar percaya ada hal-hal mistis di dalamnya, salah satunya adalah sosok perempuan berbaju putih yang bergantungan terbalik di langit-langitnya. Huaaaa! Pokoknya hati-hati, deh, kalau kamu melewati kandang menjangan ini malam-malam. Apalagi lokasinya berada di kawasan sepi, karena berada di pinggiran kota.

(sumber gambar: timetravelturtle.com alidesta.wordpress.com, indonesiaexplorer.net, info-jogja.com, dzargon.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Rafli Ali Rabani | 6 hari yang lalu

kak antara farmasi klinik dengan farmasi industri mana sih yg peluang kerja paling mudah diterima?

Serba Serbi Pilihan Konsentrasi yang Ada Di Jurusan Farmasi
Siti Aisyah | 17 hari yang lalu

Jam operasional instagram nya? Buka hari apa dan sampai jam brp ya?

Inilah Kantor Baru Instagram yang Instagramable dan Hip
Afifa Chanza Zahran | 18 hari yang lalu

Tes minat bakatnya dimana ya sara cri kok gada

Tes Minat Bakat dan Cek Kesesuaian Prodi Kuliah, Gratis Untuk Anak SMA!
Ahmad Ridwan | 1 bulan yang lalu

ini sangat bermanfaat buat anak muda mau sukses

Personal Branding: Berkarya Bukan Bergaya
Robiatul Awaliyah | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse mulai dari 10rb Bisa dm ke @robiatulawlyh

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1