Aksesoris Laptop Dasar yang Penting Untuk Dimiliki Oleh Mahasiswa

Presented by:

Pastinya udah pada tau, dong, kalau laptop adalah salah satu benda paling esensial yang wajib dimiliki oleh setiap mahasiswa?

Nah, ada kalanya sekadar punya laptop aja rasanya kurang afdol, gaes. Sama halnya seperti memiliki gadget lain seperti handphone atau kamera DSLR, ada beberapa aksesoris yang perlu kamu miliki untuk menunjang kenyamanan kamu dalam menggunakannya, ataupun memaksimalkan fungsi yang dimiliki.

Mengingat status kamu yang masih mahasiswa, kamu memang nggak perlu berinvestasi terlalu berlebihan untuk aksesoris laptop yang ‘wah’. Tapi, nggak ada salahnya kalau kamu mengeluarkan sedikit budget ekstra untuk beberapa aksesoris dasar berikut ini. Dijamin, faedahnya banyak!

1. Headphones

1

Kamu mahasiswa yang tinggal di kosan yang khawatir nanti bakal keberisikan sama tetangga sebelah? No problemo! Headphones bakal berfaedah banget untuk menemani keseharian kamu.

Eniwei, buat yang belum tahu, belajar sambil dengerin musik itu udah terbukti bisa bikin kamu lebih fokus. Nah, berhubung kondisi kostan yang umumnya jauh banget dari kata hening dan tenang, daripada kamu nambah polusi suara gara-gara nyetel musik kekencengan, gunakanlah headphones. Suasana aman, belajar nyaman, nggak pake cari musuh!

Kamu tentunya bisa banget milih headphones sesuai dengan yang kamu mau. Sekarang, ada banyak banget jenis dan tipe headphones yang tersedia sesuai kebutuhan dan selera, mulai dari untuk kamu yang suka dengerin musik serasa nonton konser sampai pencinta game. Tinggal pilih, kakak!

2. External Hard disk

2

Sama seperti laptop, bisa dibilang hard disk nggak kalah penting untuk dimiliki oleh umat mahasiswa. Meskipun zaman sekarang udah banyak media penyimpanan online seperti dropbox atau cloud, media penyimpanan fisik dirasa masih jauh aman, kecuali kalau sampai kececer dan ilang, dong, ya.

In case kamu punya banyak data yang berguna, tapi kamu nggak tahu kapan data itu bakal berguna dan kebetulan memori internal laptop kamu udah full, disinilah hard disk datang menyelamatkan kamu. Simpanlah data-data ekstra dan data duplikat kamu ke dalam hard disk agar memori internal laptop kamu nggak “sesak”.

Berat, sob, hidup kamu kalo laptop sampai kehabisan media penyimpanan!

Trus, jangan lupa juga kalau kamu juga butuh media penyimpanan kecil seperti flash disk. Meskipun nggak bisa dipakai untuk menyimpan data berukuran besar, flash disk berguna banget untuk menyimpan tugas kampus atau menyimpan data-data printilan sementara dari atau untuk orang lain, seperti bahan presentasi atau silabus dari dosen.

3. Meja laptop

3

Siapa disini yang masih suka main laptop di kasur biarpun di kamar kostan udah ada meja belajarnya? *acung tangan*

Siapa disini yang kalau main laptop di kasur laptopnya dialas pakai bantal? *acung tangan*

Duh, padahal menaruh laptop di atas permukaan yang empuk seperti bantal dan selimut itu artinya kamu “membunuh” laptop kamu secara perlahan, lho. Laptop kamu bisa overheating dan merusak perangkat keras yang ada di dalamnya. Ya kali kamu mau laptop kamu berumur pendek cuma gara-gara hal sepele kayak gini?

So, nggak ada salahnya kalau kamu invest ke meja laptop portable yang bisa digunakan ketika kamu ngerasa suntuk kalau harus duduk seharian di depan meja belajar. Mau dibawa buat nugas di luar ruangan, sambil lesehan, atau leyeh-leyeh di kasur sambil nonton drama korea juga bisa, nggak perlu takut laptop kamu kenapa-napa gegara overheating!

4. Ransel laptop

4

Ketika membeli laptop, aksesoris bawaan yang udah pasti kamu dapetin langsung dari sananya udah pasti berupa tas laptop atau soft case. Kamu nggak perlu bingung lagi kalau mau bawa laptop kemana-mana tanpa takut laptopnya lecet atau—amit-amit!—jatuh.

Tapi, gimana kalau kamu lagi banyak bawaan dan ujung-ujungnya bawa tas laptop terpisah bikin kamu ribet sendiri?

Mahasiswa itu sehari-hari bawaannya nggak cuma buku dan pensil doang seperti yang kamu lihat di TV, gaes. Aslinya, bawaan mahasiswa ke kampus itu banyak banget! Mulai dari buku-buku tebel, tumpukan map dan folder yang isinya lembaran tugas, sampai barang jualan buat mereka yang lagi gabung kepanitiaan di divisi dana usaha. Bayangin rempongnya kalau mesti bawa tas laptop juga!

Di saat seperti itu, kalau kamu punya ransel dengan kompartemen laptop khusus, bakal memudahkan kamu banget. Kamu yang gampang lupa pun akan terselamatkan jika menggunakan ransel laptop sehari-hari. Pastinya, cari ransel laptop yang durable dan anti air, ya!

5. Printer

5

Ada kalanya abang fotokopian nggak bisa kamu andalkan di saat-saat genting seperti saat detik-detik terakhir ngumpulin tugas. Entah itu karena ngantri, printer atau mesin fotokopiannya lagi ada masalah, atau emang waktunya yang udah mepet banget. Duh...

Agar hal nggak mengenakkan tersebut nggak sampai kejadian ke kamu, berfaedah banget rasanya kalau kamu punya printer sendiri. Emang, sih, aksesoris satu ini sering banget dilupain karena fotokopian dan warnet udah ada dimana-mana. Tapi untuk kebaikan kamu sendiri, apalagi sebagai mahasiswa, rasanya printer udah jadi must have item di kamar kost kamu.

Kalau punya printer sendiri, mau ngerjain tugas sambil nyantai atau mepet deadline pun, nantinya kamu nggak perlu capek-capek ngantri nge-print di fotokopian. Udah gitu, sekarang udah banyak jenis printer yang multifungsi seperti scanning dan fotokopi.

Jadi, kalau mau fotokopi selembar KTP atau nge-print selembar cover tugas, kamu nggak perlu lagi jauh-jauh jalan kaki nyamperin abang fotokopian!

(sumber gambar: time.com, pixabay.com, digitaltrends.com, amazon.com, thegadgetflow.com, wikihow.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Rafli Ali Rabani | 6 hari yang lalu

kak antara farmasi klinik dengan farmasi industri mana sih yg peluang kerja paling mudah diterima?

Serba Serbi Pilihan Konsentrasi yang Ada Di Jurusan Farmasi
Siti Aisyah | 17 hari yang lalu

Jam operasional instagram nya? Buka hari apa dan sampai jam brp ya?

Inilah Kantor Baru Instagram yang Instagramable dan Hip
Afifa Chanza Zahran | 18 hari yang lalu

Tes minat bakatnya dimana ya sara cri kok gada

Tes Minat Bakat dan Cek Kesesuaian Prodi Kuliah, Gratis Untuk Anak SMA!
Ahmad Ridwan | 1 bulan yang lalu

ini sangat bermanfaat buat anak muda mau sukses

Personal Branding: Berkarya Bukan Bergaya
Robiatul Awaliyah | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse mulai dari 10rb Bisa dm ke @robiatulawlyh

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1