Hal-Hal Seru dari Buku Klasik 'Persuasion' Karya Jane Austen

Aplikasi PlayBook di tablet Android memang bahaya, gaes! Soalnya, sejak download aplikasi itu, saya jadi keranjingan belanja e-book, hihihi. Selain bisa beli e-book pakai kartu debit dan kredit, kita juga bisa beli pakai pulsa, lho. Pulsa saya pun sukses terkuras gara-gara beli e-book melulu!

Salah satu best buy e-book saya adalah Persuasion karya penulis legendaris Inggris favorit saya, Jane Austen. Kamu penggemar Jane Austen, dan penasaran sama buku ini juga? Check out my review!

Ceritanya simpel, tapi nggak standar

Buku ini bercerita tentang Anne, anak kedua keluarga Elliot yang sering dipandang sebelah mata. Do’i diremehkan karena dianggap nggak secantik dan seanggun kakaknya. Padahal, Anne smart, humble, punya kecantikan yang khas, serta asyik diajak bergaul. Makanya, Frederick si pelaut muda pun naksir sama Anne. Gayung bersambut, Anne juga jatuh hati sama Frederick yang pemberani dan menyenangkan. Akhirnya, mereka memutuskan bertunangan.

Sayangnya, hubungan mereka kurang didukung keluarga dan kerabat Anne yang berasal dari kalangan kelas atas. Mereka nggak melarang, sih, tapi membujuk  Anne supaya ninggalin Frederick yang nggak tajir, bukan dari keluarga bangsawan, dan nggak punya masa depannya yangjelas. Anne yang galau dan labil akhirnya mutusin Frederick.

Nggak disangka, delapan tahun kemudian mereka ketemu lagi. Frederick jadi pelaut muda, sukses, kaya raya dan jadi idola cewek-cewek, sementara Anne tetep jomblo karena nggak bisa move on dari Frederick. Pedih! Situasinya cocok banget, ya, sama meme "Dear, Mantan".

Nah, kelanjutan kisahnya silakan bro-sis baca sendiri, ya.

Berbahasa Indonesia

Kalau kamu browsing e-book di PlayStore atau PlayBook, kamu bakal menemukan buanyaaaak banget buku-buku Jane Austen. Nah, kebetulan Persuasion adalah salah satu terbitan terbaru, tahun 2014 (e-book, September 2015) oleh Penerbit Noura Books (Mizan Digital Publishing). FYI, e-book yang saya beli ini adalah versi terjemahan bahasa Indonesia.

Soal bahasa, sebetulnya tergantung preferensi masing-masing, ya. Mungkin kamu lebih suka baca buku ini dalam bahasa aslinya, yaitu bahasa Inggris, terutama karena karya-karya Jane Austen adalah literatur Inggris klasik. Tapi saya sendiri nggak masalah, kok, membaca versi terjemahan ini, karena bahasanya tetap nyaman dibaca dan nggak kaku. Meskipun, tentu aja, "feel"-nya akan lebih maksimal kalau membaca dalam bahasa aslinya. Sekalian memantapkan bahasa Inggris, sob! Biar a la-a la sir and lady British, gitu!

Tapiii, salah satu keuntungan novel terjemahan bahasa Indonesia adalah…

Harganya relatif lebih murmer

Untuk terbitan baru, harga e-book 380 halaman versi bahasa Indonesia ini relatif murah, yaitu Rp37,350. Tampilannya pun enak dibaca. Ada juga sih, e-book Persuasion dalam bahasa Inggris yang lebih murah. Tapi menurut saya, font serta tampilan halamannya kurang enak dibaca.

Cover menarik

Dari beberapa pilihan e-book Persuasion yang ada, bagi saya, versi inilah yang memiliki desain cover paling menarik. Desainnya kekinian, menampilkan tulisan a la hand lettering, dan simpel tanpa gambar. Saya memang termasuk orang yang suka judge book by its cover, hehehe.

Di balik novelnya

Persuasion adalah novel terakhir yang ditulis Jane Austen. Novel ini pertama kali diterbitkan hampir 200 tahun yang lalu, yaitu pada Desember 1817. Walaupun jadul banget,  novel ini tetap digemari sampai sekarang. Nggak cuma diterbitkan ulang ke dalam berbagai bahasa, Persuasion juga diadaptasi ke beberapa serial TV serta pertunjukkan teater. Banyak juga karya lain yang yang terinspirasi dari novel ini, termasuk chic lit Bridget Jones: The Edge of Reason karya Helen Fielding yang diangkat ke layar lebar.    

(sumber gambar: jane-austen-gift-shop.myshopify.com, atpemberley.blogspot.com, quotesgram.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Deni Y | 1 hari yang lalu

apakah saya bisa berkontak dengan Pak Dimas

Profesiku: Kurator Musik, Dimas Ario
miaaa | 4 hari yang lalu

Assalamualaikum minn Saya baru masuk Smt 3 nih min saya mau ambil 24 SKS masing² 2 SKS per matkul Saya berencana memadatkan jadwal saya hanya Senin-Kamis aja Jadi dalam shari ada 4 matkul Apa itu wort it atau bagaimana Saran dong min

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
mustika | 5 hari yang lalu

Open pp/endorse : Klik Link Ig : https://www.instagram.com/naaan_n_n_/ cek ig : naaan_n_n_

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Gina Ajeng | 5 hari yang lalu

Kalo aku maba dr kampus sdh otimatis

SKS dan KRS Itu Apa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1