Kumpulan Situs dan Aplikasi Berfaedah untuk Mempermudah Hidup Kamu Sebagai Mahasiswa

acer

Bicara soal kehidupan mahasiswa, pastinya bakalan beda banget dengan kehidupan kamu saat masih di masa-masa pakai seragam putih abu-abu. Apalagi kalau kamu nantinya bakal jadi mahasiswa rantau yang harus “terbang jauh” dari kampung halaman dan harus mampu hidup mandiri.

Which isyes, hidup kamu saat menjadi seorang mahasiswa bakalan jauh lebih sulit dari yang kamu bayangkan. Yang dulunya mungkin masih bisa minta tolong sama orangtua atau asisten rumah tangga untuk ngerjain anu-itu, sekarang harus bisa ngurusin apa-apa sendirian, terutama yang berhubungan langsung dengan kebutuhan pribadi.

Begitu juga dengan urusan akademik. Yang dulunya kalau ngerjain PR kudu pakai buku bergaris sama pulpen item, sekarang tinggal kirim email ke dosen. Minta silabus, email. Ngasih revisian, email. Pokoknya, apa-apa tinggal email.

Itulah kenapa kita merasa bahwa mahasiwa bakal butuh banyaaak banget bantuan agar bisa survive sampai lulus. Berhubung anak muda zaman sekarang kalau butuh apa-apa langsung tanya-tanya ke dunia maya, berikut kumpulan situs dan aplikasi berfaedah yang bisa kamu jadikan acuan untuk mempermudah hidup kamu selama menjadi mahasiswa.

Situs dan aplikasi untuk membantu kehidupan akademis kamu

1. Google Scholar

google scholar

Tipe: situs

Berfaedah banget ketika kamu… butuh berbagai jurnal berkualitas (dan gratis!) untuk jadi referensi tugas atau bahan kajian pustaka kamu.

2. ABDC Journal List

Tipe: situs

Berfaedah banget ketika kamu… harus ngecek kualitas dan kredibilitas jurnal yang kamu dapatkan. Udah nemu jurnal kece tapi ternyata kualitas dan kredibilitasnya kena tanggung, bisa-bisa kajian pustaka kamu juga kena imbasnya. Duh…

3. Coursera

Tipe: situs

Berfaedah banget ketika kamu… mau belajar materi kuliah tertentu yang nggak bisa kamu gali lebih dalam di dalam perluliahan. Psst, di sini kamu juga bisa diskusi bareng mahasiswa seluruh dunia, lho!

Situs dan aplikasi untuk membantu kamu menjaga kesehatan

1. MyFitnessPal

myfitnesspal

Tipe: situs, aplikasi

Berfaedah banget ketika kamu… butuh “asisten” untuk mencatak segala macam nutrisi yang tubuh kamu dapatkan setiap hari. Yang kebiasaannya makan mie instan pas akhir bulan kudu punya, nih!

2. SworkIt

Tipe: situs, aplikasi

Berfaedah banget ketika kamu… mau nge-gym kece, tapi nggak punya budget. Situs/aplikasi ini punya segudang rekomendasi dan tutorial olahraga yang bisa kamu dapatkan secara gratis.

3. The Ultimate Health Food Guide

Tipe: situs

Berfaedah banget ketika kamu… ingin mengatur pola makan dan asupan gizi yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan kamu di saat-saat tertentu. Di sini, kamu bisa menyesuaikan kebutuhan makanan sehat untuk setiap kesempatan, mulai dari meningkatkan sistem imun sampai menyegarkan pikiran.

Situs dan aplikasi untuk membantu kamu mengatur keuangan

1. Money Lover

moneylover

Tipe: situs, aplikasi

Berfaedah banget ketika kamu… kesulitan mengatur keuangan kamu yang, ehem, ketat bingit. Kamu bisa melakukan pencatatan transaksi sampai piutang dan tagihan dengan aplikasi ini. Praktis banget, ya?

2. Dealoka

Tipe: situs, aplikasi

Berfaedah banget ketika kamu… ingin menjadi seorang smart buyer teladan. Kenapa mesti bayar sepenuh harga kalau kamu bisa pilih yang banyak diskonnya?

Situs dan aplikasi untuk meningkatkan produktivitas

1. Todoist

todoist

Tipe: situs

Berfaedah banget ketika kamu… harus bisa keep track dengan prioritas dan segala hal yang harus kamu kerjakan. Dengan begitu, kamu nggak harus panik lagi ketika deadline menjelang.

2. Slack

Tipe: situs, aplikasi

Berfaedah banget ketika kamu… ingin berkomunikasi dengan efektif dengan teman-teman kamu dalam sebuah kerja kelompok. Nggak ada lagi, deh, tugas-tugas yang overlap karena kurang koordinasi!

3. Dropbox

Tipe: situs, aplikasi

Berfaedah banget ketika kamu… butuh media penyimpanan data yang besar yang bisa kamu bawa kemanapun. Dengan dropbox, kamu bisa menaruh semua data digital kamu secara online dan mengaksesnya di berbagai perangkat, dimana saja, dan kapan saja.

4. KeepMeOut

Tipe: situs, aplikasi

Berfaedah banget ketika kamu… ingin menghilangkan distraksi berupa situs-situs yang bisa bikin kamu keasyikan internetan dengan cara memblokirnya. Tenang, kamu bisa mengatur waktu blokir sesuai kebutuhan, kok!

***

Untuk mendukung kemudahan kamu dalam menjalani kehidupan sebagai mahasiswa yang ribet, pastinya kamu butuh gadget yang sesuai, dong. Nggak cuma bisa punya spesifikasi jempolan, tapi juga praktis digunakan agar nggak nyusahin kamu dalam melakukan aktivitas sehari-hari, yang harganya juga pas dengan kantong mahasiswa.

…Hah? Emang ada?

Ya ada, dong. Seperti notebook Acer Switch 1 yang bisa jadi teman setia kamu dalam menjalani hari sebagai mahasiswa. Nggak cuma berspesifikasi kece, gadget satu ini akan sangat mempermudah kamu si mahasiswa dengan mobilitas tinggi karena bisa berfungsi sebagai notebook dan tablet sekaligus. So, kamu nggak peru pusing untuk membuka situs dan meng-install aplikasi berfaedah di tiap-tiap gadget yang kamu punya, because Acer Switch 1 got you covered. Ihiy!

(sumber gambar: cdn.com, wikipedia.com, buzzhealth.com, moneylover.me, googleusercontent.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Al havis Fadilla rizal | 22 hari yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 1 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 1 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 1 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1