Lima Aplikasi Wajib untuk Pelajar dan Mahasiswa

Hari gini, kebutuhan akan smartphone dan internet kayaknya udah menyaingi kebutuhan akan oksigen, ya? Kalau pergi, rasanya mending ketinggalan pacar dompet, deh, daripada ketinggalan smartphone.

Tetapi kalau smartphone canggih kamu cuma dipakai buat chatting, selfie dan ber-medsos-ria, duh, sayang banget. Nilai smartphone-nya jadi nggak sebanding sama fungsinya. Mending coba install aplikasi-aplikasi keren yang bisa mempermudah aktifitas belajar, deh, soalnya zaman sekarang, ada banyak banget aplikasi learning tools keren.

Trus, karena aplikasi-aplikasi ini menjadi bagian dari mobile learning, maka kita nggak perlu lagi takut kehilangan catatan atau lupa jadwal ujian, misalnya, karena semuanya tersimpan rapi di smartphone

Here are some of our favorites!

GoConqr

GoConqr adalah sebuah learning tool yang berisi alat-alat bantu belajar, seperti notes, mind map, flashcard, dan slides untuk membantu kita menghapal materi pelajaran. GoConqr dirancang dengan desain yang keren dan sangat smartphone-friendly. Fitur yang paling kami suka dari aplikasi ini adalah mind map, karena kami rasa, mind map tuh efektif banget untuk membuat kita paham dengan pelajaran.

Untuk pakai aplikasi ini, kita mesti bikin akun web dulu, jadi nantinya semua catatan kegiatan kita akan terintegrasi dengan akun tersebut. Berarti bisa dibuka di komputer juga, dong? Yes! Tuh, pinter.

Evernote

Awalnya, sih, Evernote diciptakan sebagai sebuah aplikasi notes. Buat nyatet-nyatet gitu, lah. Namun dalam perkembangannya, Evernote bertransformasi menjadi sebuah digital working space. Kami menyebut aplikasi ini sebagai ruang serba bisa yang modern, karena dengan Evernote, kita bisa mengorganisasi ide-ide, menyusun agenda, melampirkan file, sampai mengatur catatan keuangan.

Evernote juga bisa dipakai untuk kerja kelompok virtual. Misalnya, kita bisa membahas catatan di aplikasi ini dengan teman-teman, berkat fitur chat kelompok. Kita juga bisa berbagi catatan dengan teman-teman, lho. Jadi, kalau ada teman yang pulang kampung sebelum ujian, kita tetap bisa belajar bareng!

Sama seperti GoConqr, Evernote juga mengintergrasikan semua catatan kegiatan dengan semua gadget kita. Belajar jadi bisa dimana aja, deh.

Dropbox

Dropbox adalah tempat penyimpanan dan sharing berbagai file, mulai dari dokumen tulisan, foto, video, dan sebagainya. File yang kita simpan dari gadget manapun bisa diakses dari gadget lainnya, asalkan kita punya akun Dropbox dan login dulu. Mau sharing file dengan teman yang nggak punya akun Dropbox? No problemo. Kirim link Dropbox-nya aja, maka file-nya pun bisa dibuka meski tanpa akun.

Dropbox  juga punya fitur edit Microsoft Office, jadi kita bisa ngedit file-file Microsoft Office lewat ponsel atau tablet, dimanapun kita berada. Trus, kalau mau nyimpan ‘harta karun’ selfie kita dengan cepat, Dropbox juga bisa back up foto dan video di smartphone, lho. Begitu selesai jepret, langsung disimpan!

Math Formulary

Good news: otaknya Galileo dan Einstein sekarang pindah ke smartphone! Hore! Math Formulary merupakan aplikasi formularium matematika lengkap, yang menyimpan segala rumus matematika yang umumnya diperlukan pelajar sekolah ke Universitas.

Di aplikasi ini, kita bisa menemukan penjelasan simbol, formula aljabar, analisis rumus, rumus geometri, rumus trigonometri, rumus logika dan aritmatika dasar, sampai lembar kerja matematika gratis untuk membantu kita latihan. Nggak perlu nempel hapalan rumus di tembok kamar lagi, deh!

As a bonus point, tampilan aplikasi ini sangat inituitif alias mudah digunakan.

Wikipanion

Wikipanion adalah sebuah aplikasi browser Wikipedia, yang membantu kita browsing Wikipedia dengan lebih cepat dan mudah. Misalnya, kita bisa mengatur sendiri ukuran font yang kita gunakan, agar seabrek info di Wikipedia bisa dibaca dengan lebih nyaman. Trus, entries Wikipedia bisa kita unduh dan simpan di Wikipanion, sehingga nanti bisa dibaca-baca lagi walau dalam status offline.

Moreover, Wikipanion terkoneksi langsung ke server Wikipedia, sehingga aplikasi ini bisa berjalan dengan sangat cepat. Asik, ya?

***

Kalau kamu punya aplikasi andalan juga, share disini, ya!

(sumber gambar: Gear Diary, Tutorwest, Socialmediaimpact, Omidoo, Mobilesplease, iGeeksblog)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Deni Y | 1 hari yang lalu

apakah saya bisa berkontak dengan Pak Dimas

Profesiku: Kurator Musik, Dimas Ario
miaaa | 4 hari yang lalu

Assalamualaikum minn Saya baru masuk Smt 3 nih min saya mau ambil 24 SKS masing² 2 SKS per matkul Saya berencana memadatkan jadwal saya hanya Senin-Kamis aja Jadi dalam shari ada 4 matkul Apa itu wort it atau bagaimana Saran dong min

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
mustika | 5 hari yang lalu

Open pp/endorse : Klik Link Ig : https://www.instagram.com/naaan_n_n_/ cek ig : naaan_n_n_

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Gina Ajeng | 5 hari yang lalu

Kalo aku maba dr kampus sdh otimatis

SKS dan KRS Itu Apa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1