6 Dampak Positif yang Bisa Diambil dari Pemadaman Listrik

Pemadaman listrik yang terjadi pada hari Minggu yang lalu  merupakan pemadaman listrik yang terjadi di berbagai daerah. Setiap daerah mengalami pemadaman listrik dengan waktu yang berbeda-beda. Akan tetapi, kurang lebih semua daerah mengalami pemadaman listrik sekitar delapan hingga sepuluh jam.

Pemadaman listrik ini berimbas kepada banyak hal, lho. Misalnya, kamu biasa pulang pergi naik KRL, karena pemadaman listrik KRL mengalami gangguan pengoperasian. Begitupun dengan MRT, karena pemadaman listrik, MRT pun mengalami gangguan operasional. Hal ini pun bahkan mempengaruhi aktivitas ojek online, nih. Hampir semua pengemudi dan pelanggan ojek online nggak bisa mengakses aplikasi ojek online tersebut.

Well, pemadaman listrik minggu lalu ini memang berimbas pada berbagai macam hal termasuk gangguan koneksi internet maupun jaringan telepon. Namun, dari pemadaman listrik ini, kamu tetap bisa menemukan hal-hal positif lainnya, kok. Ada apa saja, ya?

1. Menghemat energi listrik

Coba bayangkan, kalau dalam satu rumah memiliki satu televisi, satu AC, satu rice cooker, satu kulkas, lima lampu, satu mesin cuci, satu setrikaan dan sebagainya. Pastinya, tenaga listrik yang dibutuhkan nggak sedikit dong? Kurang lebih, dalam satu rumah membutuhkan 642.84 Kwh untuk menghidupkan alat-alat elektronik di rumah tersebut.

Kalau satu rumah saja, membutuhkan segitu besar tenaga listrik, maka bayangkan, ada berapa rumah yang ada di pulau Jawa? Belum lagi mall-mall yang bertaburan di pulau Jawa, pastinya ada banyak banget dan menggunakan tenaga listrik yang banyak banget, dong?

Nah, dengan terjadinya padam listrik ini, setidaknya kita sudah menghemat energi, lho. Yang biasanya dalam satu hari kita bisa menyalakan dua lampu lebih sekaligus, menyalakan dua AC sekaligus bahkan menyalakan televisi dua puluh empat jam nonstop, sekarang, semua pemakaian listrik dihentikan selama delapan hingga sepuluh jam. Coba hitung, ada berapa watt yang sudah kita hemat?

2. Menghemat paket data

Biasanya, dalam satu hari kamu sudah menghabiskan paket data berapa banyak? Satu giga? Dua giga? Atau bahkan lebih? Nah, pemadaman listrik yang terjadi di Minggu yang lalu mengakibatkan koneksi internet pun terganggu. Maka dari itu, kamu pastinya sulit untuk melakukan apapun yang menggunakan internet.

Well, kalau seperti itu, kamu otomatis nggak menggunakan smartphone-mu untuk melakukan kegiatan seperti internetan, youtube-an dan sebagainya, kan? Alhasil, paket internetmu pun nggak digunakan sebanyak seperti biasanya, deh. Seenggaknya, kamu bisa menghemat paket datamu untuk minggu ini, kan? Hehe.

3. Lepas sejenak dari smartphone

Nah, kalau pemadaman listrik nggak terjadi dan koneksi internet lancar jaya, saya yakin banget, nih, kita pastinya lebih memilih diam di kamar sambil berselancar di dunia maya, kan? Mungkin, sebagian besar dari kamu ada yang memilih untuk streaming berbagai film atau bermain berbagai game online.

Kalau listrik dipadamkan dan jaringan internetmu pun juga mati, kamu nggak bisa mengakses internet dan akhirnya, apa yang kamu lakukan? Pastinya mencari kegiatan lain yang nggak berhubungan dengan smartphone dan internet dong? Well, seenggaknya, pemadaman listrik ini memberikanmu waktu untuk melepaskan diri dari penggunaan smartphone, kan?

4. Lebih lama mengobrol dengan keluarga

Nah, ketika listrik padam di hari Minggu yang lalu, saya nggak punya kegiatan apa-apa, nih, gaes. Akhirnya, yang biasanya saya fokus dengan smartphone saya dan begitu pun dengan keluarga saya. Karena pemadaman listrik tersebut, akhirnya saya dan keluarga memiliki waktu yang lama untuk mengobrol.

Kalau kamu gimana, nih, gaes? Apakah pemadaman listrik ini dapat membuatmu memiliki waktu lebih banyak dengan keluargamu? Bayangkan, deh, kalau pemadaman listrik dan jaringan internet berjalan seperti biasa. Pastinya kamu dan keluarga memiliki agendanya masing-masing dengan smartphone atau gadget-nya masing-masing.

5. Melakukan aktivitas yang biasanya jarang kamu lakukan

Nah, banyak dari teman-teman saya yang bertukar cerita tentang aktivitas mereka saat pemadaman listrik hari Minggu kemarin, nih, gaes. Sebagian besar dari teman-teman saya, akhirnya, banyak melakukan aktivitas-aktivitas yang mungkin nggak akan dilakukab ketika listrik menyala dan jaringan internet berjalan seperti biasanya.

Banyak dari teman-teman saya yang akhirnya memiliki waktu senggang untuk menyelesaikan buku yang akhir-akhir ini sedang dibaca. Selain itu, ada teman saya yang akhirnya malah memiliki waktu luang untuk belajar psikotes. Bahkan mereka pun memiliki waktu luang, lho, untuk menekuni hobi mereka yang sudah lama nggak dilakukan seperti memasak, memainkan gitar dan sebagainya.

6. Punya banyak waktu untuk istirahat

Yap, yang paling penting ialah, karena pemadaman listrik yang terjadi, kamu jadi memiliki banyak waktu untuk beristirahat, nih. Yang biasanya kamu tidur jam sepuluh ke atas, pasti banyak dari kamu yang akhirnya jam sembilan pun sudah berusaha tidur karena nggak ada hal yang bisa kamu lakukan dengan smartphone-mu.

Selain itu, kamu yang biasanya begadang karena streaming film atau main game, kamu jadi mengurangi kebiasaan tersebut pada hari itu karena kamu nggak memiliki koneksi internet untuk mengakses film atau game yang sedang kamu mainkan. Pada siang hari pun, karena internet atau televisi nggak bisa kamu akses, pada akhirnya, kamu lebih memilih istirahat sejenak. Yap, bisa dikatakan, karena pemadaman listrik dan jaringan internet yang terganggu, akhirnya, memberikan banyak waktu kepadamu untuk beristirahat.

***

Wah, ternyata, meskipun pemadaman listrik ini memberikan dampak yang cukup besar di berbagai sektor, namun, masih ada hal positif lainnya yang bisa kamu dapatkan, kan? Nah, maka dari itu, gaes, meskipun kamu bete dan kesal karena listrik padan selama berjam-jam, kamu harus tetap bersyukur karena kamu masih bisa melakukan aktivitas lainnya yang tentunya tetap bermanfaat dan menyenangkan!

Baca juga:

(Sumber gambar:idntimes.com) 

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Tiara Windi | 22 hari yang lalu

Karena merasa gk nyaman aja gitu tmn2 yg lain kok pada enak2 aja aku kok gk enak gitu Krn bidang kerjaan mereka cuma duduk aku berdiri teruss

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Tiara Windi | 22 hari yang lalu

Kak saya ingin pindah magang

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Akun Tum | 27 hari yang lalu

Hi min bagaimana kalau semester 5 ini gua punya maksimal 24 sks dan sks yg dapat ku ambil cuman 23, nah bagaimana itu klau ada mk wajib 1 yg 3 sks nya saya buang dan menggantikan dengan mk pilihan 2 yang 2 sks-2 sks, untuk mempas kan sks 24.. Menurut mimin bagaimana baiknya

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Indriani | 1 bulan yang lalu

min masa cuti saya sudah selesai terus sya lanjut kuliah lgi tpi pas penawaran batas SKS yang saya ambil cmn 16 SKS pdhl sy ingat IPK sebelum cuti saya 3.20 hrusanya kn 24 SKS kn bantu jawab min sya smpe gk bisa tdr gara2 mikirin ini

Cuti Kuliah: Ketentuan dan Serba-Serbinya
Deni Y | 1 bulan yang lalu

apakah saya bisa berkontak dengan Pak Dimas

Profesiku: Kurator Musik, Dimas Ario
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1