7 Alasan Kenapa Kamu Harus Melanjutkan Studi Ke Luar Negeri

Pelajar mana, sih, yang nggak ingin melanjutkan pendidikan mereka setinggi-tingginya? Apalagi kalau bisa sampai ke universitas ternama di luar negeri. Saya aja mau. Hihihi.

Masalahnya, banyak yang keburu ciut duluan untuk melanjutkan studi ke luar negeri karena biaya yang “katanya” mahal banget—which implies cuma anak-anak yang berasal dari kalangan tertentu aja yang bisa menjalaninya. Padahal, biaya studi di beberapa negara asing nggak kalah terjangkau jika dibandingkan dengan biaya studi di perguruan tinggi dalam negeri, lho. Kalau kamu bisa mendapatkan beasiswa ke luar negeri, tentunya bakal lebih seru lagi.

So, kalau kamu emang berkesempatan untuk melanjutkan kuliah di luar, jangan sampai disia-siakan, ya, gaes. Soalnya, ada banyak banget pengalaman berharga yang hanya bisa kamu dapatkan lewat kegiatan ini, seperti…

1. Melatih kedewasaan

1

Sebenenernya, terlepas dimanapun kamu melanjutkan studi, yang namanya kedewasaan pasti harus dilatih. Bertambahnya usia, tuh, nggak dibarengi dengan kedewasaan, lho. Berhubung survive di negara orang jauh lebih sulit dibanding di negara sendiri, pastinya kemandirian dan kedewasaan kamu bakal dilatih lebih ekstra dibanding kalau melanjutkan studi di dalam negeri.

Kamu harus kuat hidup jauh (banget) dari orangtua, yang tentunya nggak bisa kamu andalkan dalam keadaan genting. Belum lagi lingkungannya yang nggak familiar banget, dimana kamu harus belajar budaya, bahasa, dan kebiasaan-kebiasaan masyarakat setempat dari nol. Kalau pengeluaran biaya hidup sampai “ngetat”, boro-boro bisa minta transfer, yang ada kamu harus usaha sendiri cari uang dengan kerja part-time. Pokoknya, mental kamu bakal ditempa banget, deh.

2. Mendapatkan kesempatan menempuh pendidikan yang lebih baik

Meskipun sudah mengalami kemajuan yang pesat, kualitas pendidikan di Indonesia masih belum merata.  Makanya, jika kamu memiliki kesempatan untuk berkuliah ke negara lain, artinya kamu beruntung banget karena juga berkesempatan untuk mengenyam pendidikan dengan kualitas yang lebih baik—terutama di negara maju.

Nggak cuma soal sarana dan prasarana penunjuang perkuliahan yang jauh lebih memadai, staf-staf pengajarnya pun bisa dipastikan adalah individu-individu yang terbaik di bidangnya. Kamu juga nggak akan kesulitan mencari jurnal-jurnal referensi karena mereka menyediakan akses gratis di perpustakaan mereka. Kegiatan kuliah praktik atau magang pun terasa jauh lebih berfaedah karena kamu bisa mendapatkan pengalaman dari perusahaan-perusahaan asing yang kece!

3. Menemukan inspirasi dan memperluas sudut pandang

3

Buat yang belum tahu, travelling adalah salah satu cara untuk “mengenal” diri sendiri lebih baik. Nah, buat kamu yang masih ngerasa butuh pencerahan soal apa yang bisa kamu lakukan di masa depan, kamu bisa dapetin beribu inspirasi dari dunia luar sana. Bepergian jauh aka membuka mata kamu bahwa dunia itu jauh lebih besar dari yang kamu bayangkan, dan banyak yang bisa kamu pelajari dan ambil hikmahnya dari sana.

Selain itu, dengan meninggalkan kampung halaman, kamu bisa memandang dunia dari sudut pandang yang berbeda. Hal ini akan membuat kamu menjadi pribadi yang kaya akan pengetahuan, pemahaman, dan berpikiran terbuka dengan ragamnya perbedaan yang bisa kamu temukan di muka bumi. Ingat, semakin kamu berpikiran terbuka, semakin besar rasa toleransi yang akan kamu miliki untuk dapat menambah wawasan dan bersosialiasi dengan baik.

4. Menambah pengalaman multikultural

4

Youthmanual udah pernah membahas bagaimana pentingnya pengalaman multikultural dalam kehidupan anak muda. Menurut sebuah penelitian oleh seseorang bernama Adam Galinsky di Columbia Business School, anak muda dengan pengalaman multikultural—alias sering mengalami budaya baru dan asing—cenderung lebih kreatif dan berpikiran terbuka. Skill yang dibutuhin di abad 21 banget, nih!

Cara yang paling gampang dan efektif untuk mendapatkan pengalaman multikultural pun adalah dengan dengan mengunjungi berbagai negara asing. Kalau kamu beruntung dan punya kesempatan untuk bepergian ke luar negeri seperti melanjutkan studi, pastikan untuk mendalami dengan budaya dan masyarakat lokalnya. Jangan menutup diri apalagi menolak untuk berbaur. Open your mind and explore!

5. Membangun networking internasional

5

Bagi para pelajar, tempat menjalin networking yang paling baik adalah di lingkungan belajarnya. So, bayangin betapa luasnya networking yang bisa kamu jalin kalau kamu melanjutkan studi ke luar negeri, sob!

Di luar negeri sana, ada banyaak banget pelajar asal Indonesia yang kece dan menginspirasi. Pastinya kamu bisa mengenal mereka secara personal jika kamu tergabung dalam perkumpulan pelajar lokal di sana. Belum lagi dengan sosok-sosok warbiyasak dari seluruh penjuru dunia yang menjadi rekan kamu selama menuntut ilmu di sana. Koneksi kamu bakal tersebar ke seluruh penjuru dunia, deh!  

6. Meningkatkan “nilai jual” di lapangan kerja

6

Jangan lupa, setelah kamu menamatkan jenjang pendidikan, kamu akan memasuki dunia yang jauh lebih keras—yaitu dunia kerja. Wajib banget hukumnya untuk kamu memperkaya diri dengan berbagai hard skill dan soft skill agar dapat menjadi anak muda yang berdaya saing tinggi di lapangan kerja.

Eniwei, jumlah pengangguran terdidik sarjana yang ada di Indonesia sudah menembus angka 1 juta, lho.  Hal ini membuktikan bahwa sekadar memiliki titel “berpendidikan” aja nggak cukup untuk mendapatkan tempat di dunia kerja. Kamu yang lulusan luar negeri memiliki poin plus berupa etos kerja, kemampuan bahasa, dan pengalaman luar biasa lainnya yang menjadi nilai jual tesendiri kamu di lapangan kerja.

7. Mengapresiasi negara asal

7

Ada yang bilang kalau kamu harus “angkat kaki” dulu dari tanah air untuk dapat menghargainya. Dalam hal ini, pernyataan tersebut sah banget apabila kamu akan melanjutkan studi ke luar negeri. Kok bisa?

Ketika kamu sudah mengecap susah senangnya hidup di negeri orang, kamu akan merasakan bahwa nggak ada yang lebih nyaman dibandin tingga di negeri sendiri. Mulai dari suasananya, makanannya, orang-orangnya, bahkan sampai “kebobrokan” negara sendiri bakalan terkenang oleh kamu. Duh, jadi nggak sabar untuk cepet-cepet balik dan membangun negara Indonesia dengan ilmu dan pengalaman yang sudah kamu dapatkan dari negara orang!

***

Gimana, gaes? Jadi makin semangat untuk melanjutkan studi ke luar negeri, nggak, nih?

(sumber gambar: study.com, collegexpress.com, wpdailythemes.com, tophitchens.com, theimaginativeconservative.org, wikimedia.org, abetterinterview.com, students.id, malesbanget.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 29 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1