Orang yang Suka Berpikir Dengan Lebay Bisa Jadi Ternyata Jenius!

Sering merasa kamu suka mikir berlebihan? Terlalu gampang khawatir? Suka lebay? Jangan sedih dulu, sob. Karena bisa jadi kamu ternyata orang yang jenius, lho!

Sebuah penelitian di King’s College, London, mengatakan bahwa orang-orang yang overthinking—alias terlalu memikirkan hal-hal di sekeliling mereka—punya tingkat kreatifitas serta kejeniusan yang tinggi juga.

Kok bisa begitu?

Jadi, penelitian tersebut percaya bahwa para overthinkers (baca: orang-orang yang suka overthinking), punya aktifitas otak yang lebih tinggi di bagian tertentu. Mereka lebih cepat merasa panik dan waspada dengan keadaan sekitar. Intinya, rasa khawatir ini justru menjadi “bensin” dalam siklus berpikir dan berimajinasi.

Para overthinkers juga bakal selalu memicu otak untuk menemukan sebuah solusi dari masalah yang terjadi. Semakin dalam pemikiran mereka, semakin kreatif mereka dalam menemukan kemungkinan dan solusi dari masalah tersebut. Sudah pasti nih, gaes, cara overthinkers mendalami sebuah masalah bisa jauh lebih dalam dari mereka yang bukan overthinker.

Overthinking 1 - Youthmanual

Trus, sisi positifnya apa?

Tanpa rasa khawatir yang mendalam, seseorang bakal cepat banget keluar dari masalah yang dia hadapi. TETAPI, cara dia keluar dari masalah kadang nggak bijak. Pokoknya, asal “lari” begitu aja dari masalah tersebut.

Misalnya, kamu nggak khawatir dalam memikirkan jurusan kuliah yang bakal kamu ambil. Pokoknya asal kuliah, deh. Bisa-bisa, kamu jadi "ngasal" dalam memilih jurusan kuliah. Ujung-ujungnya, kamu menyesal karena nggak mikir lebih lama atau lebih dalam sebelum memilih jurusan tersebut.

Kalau nggak ada orang yang khawatir karena ingin bepergian dengan lebih cepat, mungkin roda nggak bakal ditemukan sampai sekarang. Kalau seorang Henry Kissinger nggak khawatir tentang perang yang terus-terusan terjadi, mungkin teori diplomasi nggak bakal ditemukan.

Selain urusan sains, para overthinker juga bisa memikirkan urusan seni secara mendalam, lho. Itulah sebabnya Leonardo Da Vinci disebut-sebut sebagai seniman yang punya pemikiran paling kompleks. Dia juga sering disebut jenius dan kreatif. Pokoknya banyak, deh, overthinkers yang memberikan dampak luar biasa pada dunia.

Overthinking 2 - Youthmanual

Jadi ingat ya, gaes. Kalau ada orang yang bilang kamu lebay, jangan jadi ciut. Kamu harus ingat bahwa beberapa hal memang HARUS dipikirkan dengan lebay. Siapa tahu, pemikiran kamu yang lebay itu suatu saat bisa merubah dunia! #tsaahhh

(sumber gambar: learningmind.com, lifehacker.com, pinterest.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 24 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1