5 Hal dalam Dirimu yang Dapat Kamu Kembangkan dengan Berpuasa

Puasa merupakan suatu ibadah yang dilakukan oleh seluruh umat Muslim di dunia. Dari semua negara, puasa selalu diawali dengan sahur dan diakhiri dengan berbuka puasa. Dimana pun kamu berpuasa, sholat terawih pun selalu dilaksanakan. Sahur, berpuasa, berbuka puasa dan juga terawih, menjadi suatu aktivitas keagamaan yang menjadi ciri khas pada bulan puasa.

Terkadang, ketika kamu sahur, pasti kamu suka merasa malas, kan? Kamu pun terkadang suka telat bangun gara-gara masih mengantuk atau susah untuk bangun pagi. Saat berpuasa pun, terkadang kamu merasa lemas dan juga tidak semangat untuk melakukan aktivitas lainnya. Saat terawih, terkadang, kamu pun malah merasa mengantuk karena berbuka puasa dengan makanan-makanan yang berat.

Well, godaan-godaan dalam bulan puasa seperti mengantuk, merasa lemas, merasa malas dan lesu, susah bangun pagi dan sebagainya memang suka membuatmu kesulitan dalam menjalan kegiatan sehari-hari. Tetapi, tahukah, kamu? Berpuasa dapat menjadi suatu sarana untukmu membangun dirimu sendiri atau yang biasa disebut sebagai self-development. Wah, hal apa, ya, yang dapat dikembangkan dari dirimu melalui berpuasa? Yuk, cek artikel berikut ini!

1. Menjadi orang yang lebih bersabar

Ketika kamu berpuasa, kamu nggak bisa makan di pagi hari hingga sore hari. Selain itu, kamu juga harus menjaga rasa marah dan perasaan-perasaan negatif lainnya. Nah, kamu bisa memakan dan minum sesuatu ketika kamu sudah memasuki jam sore menjelang malam, namun, kamu harus menunggunya selama tiga belas jam setengah!

Wah, waktu yang nggak sebentar, ya, gaes. Ketika kamu terbiasa berpuasa dan menunggu selama lebih dari tiga belas jam setiap harinya, secara nggak langsung, kamu melatih dirimu untuk bersabar, lho. Selain itu, kamu pun dapat belajar untuk mengatur emosimu agar tidak cepat marah. Wah, ternyata secara nggak langsung, kamu belajar banyak hal untuk menjadi seseorang yang lebih bersabar, ya.

2. Menjadi orang yang disiplin

Yap, ketika kamu berpuasa, kamu harus tahu kapan kamu bangun untuk sahur, kapan waktu makan dan minum terakhir di hari tersebut, kapan waktu berbuka puasa, kapan waktu untuk sholat terawih dan sebagainya. Semua hal di bulan Ramadan, memiliki jadwal-jadwalnya tersendiri.

Mungkin, sebagian besar dari kita, akan merasa kesulitan pada awal bulan Ramadan karena memiliki jadwal baru untuk segala kegiatan yang awalnya lebih bebas dan nggak terjadwal. Nah, akan tetapi, dengan adanya jadwal ini, kamu dapat menjadi seseorang yang lebih disiplin, gaes. Bayangkan kalau jadwal-jadwal ini diterapkan dalam kehidupanmu sehari-hari, pasti segala aktivitasmu akan lebih teratur dan kamu pun menjadi pribadi yang lebih disiplin lagi.

3. Meningkatkan rasa simpati dan empati

Ketika kamu berpuasa, pastinya, kamu akan merasa haus dan juga lapar. Nah, dengan berpuasa ini akhirnya dapat meningkatkan rasa simpati dan empati ketika kamu bertemu dengan orang-orang yang memiliki kehidupan yang kurang beruntung.

Nah, karena hal tersebut, bisa jadi kamu berubah menjadi seseorang yang lebih aware dengan keadaan sekitar dan bisa saja kamu menjadi seseorang yang membawa kebaikan kepada orang-orang di sekitarmu. Dengan rasa simpati dan empati, kamu dapat membangun atau membuat suatu hal yang tentunya lebih baik dan lebih berguna untuk orang lain. Keren, ya, gaes?

4. Lebih bersyukur

Yap, ketika kamu masih bisa sahur dan berbuka puasa di rumah dan ditemani dengan keluarga yang lengkap, hal tersebut dapat menjadi suatu hal yang patut disyukuri, lho. Coba bayangkan teman-temanmu yang merantau. Untuk sahur dan berbuka puasa, mereka harus membeli makanannya sendiri dan juga makan tanpa ditemani dengan keluarganya.

Selain itu, kamu juga nggak perlu capek-capek untuk membeli makanan atau memasak makanan untuk sahur dan bukamu karena pastinya sudah ada ibumu yang menyiapkan semua makananmu. Hal-hal kecil seperti ini pun patut kamu syukuri, lho, gaes. Di saat kamu sedang berada di zona nyamanmu, ternyata, masih banyak dari teman-temanmu yang keluar dari zona nyamannya dan melewati bulan Ramadan di tanah perantauan tanpa ditemani oleh keluarga.

5. Mengasah kemampuan mengatur waktu

Di bulan Ramadan, rasanya waktu berjalan dengan cepat. Selain itu, banyak sekali kegiatan-kegiatan seperti kegiatan sekolah, kuliah dan kantoran yang dipersingkat waktunya. Sehingga banyak dari kita yang pulang lebih cepat daripada biasanya. Akan tetapi, waktu malam yang biasa digunakan untuk mengerjakan tugas dan beristirahat pun menjadi berkurang karena adanya sholat terawih.

Maka dari itu, gaes, agar waktumu nggak terbuang sia-sia dan kamu pun dapat menjalankan tugas dan beristirahat dengan baik, cobalah kamu untuk mengatur waktumu. Kalau kamu terbiasa dalam mengatur waktu, saya yakin, semua kegiatan dapat kamu lakukan dengam baik dan maksimal.

***

Wah, ternyata di bulan Ramadan, kamu nggak hanya mendapatkan rasa lapar dan haus, ya. Di bulan Ramadan ini, kamu pun dapat membangun dirimu menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Maka dari itu, gaes, buat kamu yang berpuasa, semangat menjalankan ibadah puasamu, ya! Selain mendapatkan pahala, kamu pun tentunya dapat melakukan self-development terhadap dirimu sendiri. Semangat!

Baca juga:

(Sumber gambar: moroccoworldnews.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Al havis Fadilla rizal | 22 hari yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 1 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 1 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 1 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1