Menu

2018, Telkom University Dinobatkan Sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Versi Tiga Pemeringkatan

Semua perguruan tinggi berlomba-lomba untuk menjadi yang terdepan agar menjadi institusi pilihan dan kepercayaan calon mahasiswa untuk mendapatkan pendidikan terbaik dan mampu berkarya di masa depan. Nah, di tahun 2018 ini, Telkom University (Tel-U) kembali meraih peringkat 1 sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik pada capaian website dan publikasi jurnal Internasional. Wah, keren!

Nggak tanggung-tanggung, tahun ini Telkom University mengantongi tiga titel “Perguruan Tinggi Swasta Terbaik” dari tiga lembaga riset perguruan tinggi dunia yang bergengsi, lho. Telkom University juga memperoleh award dari Kemenristekdikti dengan capaian serupa. Simak secara lengkap prestasi yang baru diukir Telkom University di bawah ini, yuk!

 

Peringkat 1 Perguruan Tinggi Swasta dengan produktivitas publikasi jurnal Internasional versi SCImago

scimago

Publikasi jurnal ilmiah internasional nggak hanya penting untuk peneliti, tapi juga kampus sebagai institusi akademik dalam mendorong inovasi yang mendukung kemajuan negara, lho. Tahun ini, Telkom University berhasil menyabet peringkat pertama PTS dengan produktivitas publikasi jurnal internasional versi SCImago, yang artinya Telkom University mampu menciptakan atmosfir belajar yang ideal bagi mahasiswa maupun dosen sebagai akademisi dan peneliti untuk terus berinovasi.

SCImago adalah kelompok penelitian dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), Universitas Granada, Extremadura, Carlos III (Madrid) dan Alcala de Henares, yang didedikasikan untuk analisis informasi, representasi dan pengambilan kembali melalui teknik visualisasi berdasarkan indikator gabungan yang menggabungkan tiga set indikator yang berbeda: kinerja penelitian, inovasi dan dampak sosial yang diukur oleh visibilitas web masing-masing universitas. Sedangkan The SCImago Journal & Country Rank (SCIMAGOjr) merupakan portal yang tersedia untuk umum yang mencakup jurnal dan indikator ilmiah negara yang dikembangkan dari informasi yang terdapat dalam database Scopus.

 

Peringkat 1 Perguruan Tinggi Swasta Se-Indonesia versi Webometrics

webometrics

Ngomongin soal pemeringkatan kampus, pasti Webometrics udah nggak asing asing lagi di telinga kamu. Tahun ini Telkom University juga menduduki peringkat pertama PTS terbaik berdasarkan pada gabungan indikator yang memperhitungkan baik volume maupun isi website, visibilitas dan dampak dari publikasi web sesuai dengan jumlah pranala luar yang diterima.

Webometrics termasuk pemeringkatan akademik terbesar dari Lembaga Pendidikan Tinggi, sehingga kredibilitasnya nggak perlu diragukan lagi. Sejak 2004 dan setiap enam bulan, latihan ilmiah yang independen, obyektif, bebas, dan terbuka dilakukan oleh Lab Cybermetrics (Dewan Penelitian Nasional Spanyol, CSIC) untuk menyediakan informasi yang dapat diandalkan, multidimensi, diperbarui dan berguna tentang kinerja perguruan tinggi dari seluruh dunia.

 

Peringkat 1 dalam Perguruan Tinggi Swasta Terpopuler versi 4ICU

4icu

Prestasi lainnya disusul dengan perolehan peringkat 1 dalam Perguruan Tinggi Swasta Populer versi 4ICU dari aspek kualitas website. Artinya, Telkom University sudah mampu menyediakan informasi menyeluruh yang nggak hanya mencakup kebutuhan internal (civitas akademika), tapi juga mampu memenuhi kebutuhan eksternal akan informasi terpercaya dan ter-up-to-date mengenai Telkom University dan membuat website Telkom University sebagai website resmi kampus swasta Indonesia dengan pengunjung terbanyak.

Oya, buat yang belum tahu, 4 International Colleges & Universities (4ICU) adalah suatu search engine dan direktori yang melakukan penilaian berdasarkan kepopuleran situs berdasarkan indikator matriks web pihak ketiga seperti SimilarWeb dan Alexa Global ranks, yang dimiliki oleh 13.600 perguruan tinggi di seluruh dunia yang telah terakreditasi dan tersebar dalam 200 negara.

 

Penerima SINTA Award dari Kemenristekdikti

sinta award kemenristekdikti

Nggak cuma dari luar negeri, Telkom University juga mendapat pengakuan dari dalam negeri. Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi Indonesia (Kemenristekdikti) memberikan beberapa anugerah kepada berbagai perguruan tinggi sebagai apresiasi terhadap upaya yang dilakukan dalam mendorong peningkatan publikasi jurnal ilmiah dan sitasi.

Tahun ini, Telkom University mendapatkan salah satu dari anugerah ini sebagai PTS dengan jumlah publikasi tertinggi dan meraih Science and Technology Index (SINTA) awards. SINTA merupakan portal pusat indeks ilmu pengetahuan dan teknologi yang meliputi kekayaan intelektual beserta dampak (sitasi), pengabdian masyarakat dan kepakaran di Indonesia. SINTA memberikan informasi mengenai tolak ukur lembaga, kolaborasi, analisis tren penelitian dan direktori pakar Indonesia.

Sekali lagi—selamat, Telkom University!

Untuk informasi lengkap dan paling update seputar kampus, pendaftaran, pilihan program studi, sampai beasiswa di Telkom University, bisa kamu temukan di sini.

Baca juga:

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 5 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©