Menu

Memilih Perguruan Tinggi Bukan Soal PTN Versus Swasta. Inilah 3 Pertimbangan Penting!

Soal memilih perguruan tinggi, seringkali yang dipertimbangkan adalah “PTN atau perguruan tinggi swasta?” Padahal, perihal swasta atau negeri bukan lah segalanya dalam menentukan kampus. Justru, tiga hal berikut ini WAJIB jadi bahan pertimbangan kamu.  

1. Program studi yang sesuai

Perguruan tinggi adalah tempat untuk kamu untuk menuntut ilmu. Sementara bidang dan cakupan yang dipelajari adalah program studi. Jadi kamu mesti fokus mengeksplorasi prodi. Pastikan prodi yang kamu inginkan ada di perguruan tinggi tujuan. Jangan sampai sebaliknya, yang penting masuk kampus X, walau pilihan prodinya nggak sesuai dengan minatmu.

Jadi kamu perlu mengenali dirimu, minatmu, serta potensimu. Kamu juga harus mengeksplorasi dan memiliki pengetahuan yang cukup mengenai program studi yang diminati. Jangan sampai kamu pengn masuk prodi Informatika, tapi nggak tau bedanya dengan prodi Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi.

Yang perlu kamu lakukan adalah:

a. Kenalan lagi dengan dirimu. Cari tahu minatmu, kelebihan dan kekuranganmu, dan bakatmu.

b. Ketahui informasi lengkap mengenai prodi. Apa yang dipelajari, mata kuliah, kompetensi lulusan prodi tersebut.

c. Cari kampus yang memiliki prodi yang kamu tuju. Trus, riset bagaimana prodi yang kamu inginkan di perguruan tinggi tersebut. Biasanya, ada aja perbedaan antara prodi yang sama di kampus X dann kampus Y.

 2. Akses ke perguruan tinggi.

Yang nggak kalah penting adalah akses kamu ke perguruan tinggi tersebut, terutama:

a. Akses lokasi. Apakah lokasinya memungkinkan untuk kamu jangkau. Di luar kota nggak masalah, selama kamu bisa dan mendapatkan izin orang tua. Perguruan tinggi seperti   Telkom University (Tel-U) misalnya, terletak di Bandung, namun mahasiswanya berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

b. Akses dana. Berbagai kampus menetapkan harga dan sistem pembayaran yang berbeda. Kamu perlu menyesuaikan dengan kemampuan finansialmu atau mencari informasi beasiswa.

3. Kurikulum

Ini nih yang penting banget dan masih terkait dengan poin 1C, yaitu bagaimana penerapan kurikulum di kampus tersebut. Kurikulum ini sangat penting, karena menentukan apa yang akan diperoleh mahasiswa serta memengaruhi jalannya perkuliahan. Kurikulum juga menjadi parameter apakah lulusan kampus tersebut akan siap masuk dunia kerja. Jangan sampai masuk ke perguruan tinggi yang populer, tapi kurikulumnya tidak jelas.

Nah, salah satu perguruan tinggi yang memberikan perhatian pada kurikulum adalah Telkom University. Simak deh, poin penting seputar kurikulum Tel-U berdasarkan keterangan Dr. Arfianto Fahmi ST.,MT, dosen sekaligus pengembang kurikulum, kepada Youthmanual.

* Telkom University didirikan oleh PT Telkom Indonesia untuk memenuhi kebutuhan sumber daya dengan kemampuan ICT (Information Communication Technology). Jadi lulusan Tel - U akan memiliki kemampuan ICT.

* Nggak cuma skill yang berhubungan dengan teknologi, Tel-U juga memberikan bekal kemampuan wirausaha pada semua mahasiswanya. Makanya, mata kuliah Kewirausahaan diberikan sejak tingkat pertama. Ini sejalan dengan tagline dari Tel-U yaitu creating the future. Bisa dibilang ICT dan kewirausahaan adalah dua pilar utama studi di Tel-U, apapun jurusan yang diambil.

* Dalam struktur kurikulum Tel-U terdapat program unggulan WRAP (Work Ready Program). Dengan kata lain, saat kuliah mahasiswa akan dibuat familiar dan dilibatkan ke dalam dunia kerja. Nggak cuma teori.

* Kampus juga mengadakan pembinaan karakter agar mahasiswa dapat menghadapi persaingan global. Makanya mahasiswa tingkat pertama diwajibkan untuk masuk asrama.

* Kurikulum Tel-U akan terus update dan beradaptasi terhadap perkembangan industri. Perusahaan dan pelaku industri pun bisa memberikan masukan pada kurikulum.  

* Pihak kampus bekerja sama dengan industri untuk program magang mahasiswa.

* Tel-U juga berkolaborasi dengan perguruan tinggi di Asia dan Eropa melalui program joint degree dan student exchange.

Nah, kamu mesti mencari tahu soal kurikulum ketika hunting kampus .

***

Ya, ketiga hal di atas nggak bisa kamu lupakan saat memilih perguruan tinggi. Kalau ketiganya sudah kamu pertimbangkan, bisa juga mengecek detail lainnya, seperti bagaimana lingkungan kampus, Unit Kegiatan  Mahasiswa, akreditasi, pengajar, acara di kampus, dan lainnya. Kamu juga bisa tanya pengalaman mahasiswa dan alumni yang kuliah di sana. Berbagai informasi seputar kampus bisa kamu lihat di direktori perguruan tinggi Youthmanual.

Semoga berjodoh dengan kampus yang tepat, ya!  

Baca juga:

5 Jurusan Terbaik di Telkom University

Inilah Hal Keren dan Seru di Telkom University

Jurusanku: Informatika Telkom University Raihan Hamid

(sumber gambar: Telkom University)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©