10 Tips Jitu dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta – Bagian II

Nah, kalau kemarin Youtmanual sudah menyinggung 3 tips untuk memilih PTS yang berkualitas. Mulai dari lokasi kampus hingga peringkat kampus di artikel 10 Tips Jitu dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta – Bagian I. Di bawah berikut ada 7 tips tambahan buat kamu yang tertarik masuk PTS.

Apa saja tipsnya? Langsung saja simak berikut ini.

4. Mengetahui akreditasi program studi yang kamu pilih

Akreditasi itu dibagi menjadi dua, gaes. Selain akreditasi Institusi atau perguruan tinggi, ada pula yang namanya akreditasi jurusan (program studi).

Akreditasi program studi ini nggak kalah penting dari poin-poin sebelumnya. Jadi, pastikan juga, ya, akreditasi dari program studi yang akan kamu pilih.

Oyaa, akreditasi dari suatu program studi bisa kamui lihat di laman Youthmanual atau Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT).

5. Usia kampus

Mungkin bagi beberapa orang, usia suatu PTS itu nggak penting untuk dijadikan tolak ukur. Namun jangan dipandang sebelah mata, logikanya semakin tua suatu PTS bisa disimpulkan bahwa PTS tersebut memilki citra yang baik di mata masyarakat.

6. Kiprah alumni

Kiprah alumni PTS tujuanmu juga patut dipertimbangkan nih, gaes, kalau kampusmu memiliki banyak alumni yang kece-kece, hampir bisa dipastikan calon kampusmu memiliki kualitas yang baik.

Nggak cuma itu, alumni yang memiliki track record baik bisa kamu jadikan untuk networking setelah lulus nanti, lho!

7. Kelengkapan fasilitas

Lokasi kampus sudah, akreditasi kampus, peringkat kampus, akreditasi program studi hingga kiprah alumni juga sudah. Then, what's next?

Yups, kelengkapan fasilitas. Kelengkapan fasilitas juga bisa menjadi bahan pertimbangan kamu dalam memilih sebuah PTS, gaes.

Nggak lucu ‘kan, kalau misalkan kamu berkuliah di program studi Pendidikan Dokter di PTS X, tapi PTS tersebut nggak memiliki fasilitas lab kedokteran yang memadai.

8. Sarana pengembangan diri

Masa-masa kuliah itu nggak cuma masa-masa untuk mengejar nilai akademis aja, gaes. Tapi juga waktunya kamu mengeksplor dirimu seluas-luasnya. Akan sangat bagus sekali kalau PTS yang akan menjadi tujuanmu punya sarana pengembangan diri berupa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang mumpuni.

9. Besaran biaya kuliah

Nah, ini nih hal yang nggak kalah penting dan nggak terpisahkan dari kualitas PTS adalah biaya kuliah. Seperti yang kita tahu bahwa kebanyakan orang menganggap biaya kuliah di PTS itu sangatlah mahal.

Padahal nggak semua PTS memiliki biaya kuliah yang lebih mahal daripada di PTN, lho, gaes. Ada juga kok, PTS yang biaya kuliahnya lebih murah dibandingkan PTN. Terlebih lagi, kesempatan beasiswa juga terbuka lebar unutk mahasiswa-mahasiswa di PTS.

That’s why, kamu harus meriset sedalam-dalamnya mengenai biaya kuliah dari PTS yang akan kamu tuju. Ingatt, jangan males cari informasi, ya!

10. Rekomendasi mahasiswa dan alumni

Kalau 9 hal di atas sudah kamu lakukan, tapi kamu masih butuh pertimbangan lebih lanjut. Jangan sungkan untuk mencari review PTS yang akan kamu tuju dari mahasiswa dan kakak-kakak alumni dari PTS tersebut. Pengalaman dari mereka yang benar-benar pernah merasakan bagaimana dinamika perkuliahan di PTS tersebut, pastinya akan memberikan kamu banyak insight tentang kehidupan di kampus nantinya.

***

Itulah 10 tips jitu yang wajib kamu coba untuk mencari PTS. Toh, kuliah di PTN atau di PTS nggak menentukan kadar kesuksesan kamu. Soalnya kesuksesan itu didapatkan dengan kerja keras, belajar keras, dan diiringi dengan ilmu.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: academiamag.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 16 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1