Manfaat dan Tantangan Penggunaan Teknologi Dalam Kegiatan Belajar Mengajar

Microsoft baru aja mengeluarkan sebuah infografik tentang pemanfaatan teknologi di dunia pendidikan. Infografik ini berisi hasil survei yang melibatkan hampir 200 pengajar dari 18 negara di Asia Pasifik, termasuk Indonesia.

Wah, hasilnya apa, nih?

Hasilnya, ternyata 95% dari staf pengajar sudah sadar akan pentingnya teknologi dalam kegiatan belajar mengajar. Menurut mereka, teknologi sangat membantu kegiatan belajar mengajar utamanya dalam tiga hal, yaitu meningkatkan pengalaman belajar, meningkatkan efisiensi jam belajar, dan berkomunikasi dengan lebih baik dengan para peserta didik alias para murid.

Microsoft Survei 1 - Youthmanual

1. Penggunaan teknologi untuk meningkatkan pengalaman belajar. Zaman sekarang, kebanyakan staf pengajar nggak hanya mendongeng menjelaskan materi secara satu arah di depan kelas, tetapi juga mengajak para peserta didik untuk, misalnya, menggunakan komputer untuk mempresentasikan materi dalam bentuk gambar dan video. Proses belajar mengajar pun jadi lebih seru, karena para murid nggak cuma berkutat dengan buku.

2. Meningkatkan efisiensi jam belajar. Teknologi sangat membantu staf pengajar untuk mengelola tugas-tugas yang mereka berikan ke para peserta didik. Zaman sekarang, tugas-tugas lumrah diserahkan lewat email. Bahkan sudah banyak dosen yang menggunakan buku kuliah dalam bentuk e-book. Praktis, ya?

3. Berkomunikasi dengan lebih baik dengan para peserta didik. Contohnya, salah seorang teman saya yang mengajar SMK di daerah Cikarang punya grup Facebook dengan para muridnya, lho. Bukan untuk hura-hura, tapi untuk mengumumkan hal-hal seputar kegiatan sekolah. Banyak juga staf pengajar yang memanfaatkan fasilitas chat applications dengan peserta didik untuk membahas tugas.

Tapiii... menurut hasil survei yang sama, 97% dari staf pengajar juga mengalami kesulitan untuk mengoptimalkan teknologi di dunia pendidikan. Tiga tantangan terbesarnya adalah training alias pelatihan, biaya teknologi, dan integrasi teknlogi dengan kurikulum.

Microsoft Survey 2 - Youthmanual

1. Training alias pelatihan. Kemampuan setiap individu untuk memahami teknologi tentunya berbeda-beda. Nah, salah satu cara mengatasinya adalah dengan pelatihan. Masalahnya, 53% responden survei mengatakan bahwa waktu yang dibutuhkan untuk pelatihan teknologi itu sendiri bisa jadi kendala.

2. Biaya teknologi. Biaya yang diperlukan untuk mengadakan alat teknologi—termasuk Internet—pastinya nggak murah, sob. Apalagi kalau infrastrukturnya belum memadai, seperti di daerah-daerah terpencil di Indonesia.  

3. Integrasi teknologi dengan kurikulum. Kurikulum di Indonesia masih sering berubah-ubah, karena masih mencari formula yang terbaik. Nah, sekarang ini, unsur teknologi belum resmi dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan Indonesia. Someday pasti bisa dilakukan, kok, tetapi, tentunya, prosesnya nggak bisa instan.

***

Terlepas dari manfaat maupun kendalanya, semua responden pengajar di Asia setuju bahwa teknologi berperan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di masa depan. Saya sendiri yakin, kendala-kendala yang ada pun demi progress yang lebih baik, kok. We should not give up!

(sumber foto: Microsoft Asia EduTech Survey 2016)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 19 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 30 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1