PON Jawa Barat 2016 dan Serba-Serbinya

Tahu nggak, kalau pertandingan PON 2016 dimulai hari ini? Simak serba-serbi Pekan Olahraga Nasional yang berlangsung di Jawa Barat, berikut ini!

* Ajang olahraga terbesar di Indonesia yang diikuti seluruh provinsi ini berlangsung empat tahun sekali. Nah, tahun ini adalah penyelenggaraan PON XIX (PON ke-19).

* Jawa Barat adalah tuan rumah PON XIX 2016. Sedangkan PON perdana berlangsung tahun 1948 di Solo, Jawa Tengah.

* Selain untuk meningkatkan prestasi olahraga, PON pertama tersebut diadakan untuk menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia bersatu dan kuat, walaupun ketika itu wilayah RI sempat dipersempit, akibat perjanjian dengan Belanda.

* Opening ceremony PON 2016 berlangsung tanggal 17 September. Namun, pertandingannya sudah mulai duluan, yaitu tanggal 13 September. Ajangnya sendiri bakal berlangsung hingga 29 September mendatang.

* Ada 756 medali emas yang diperebutkan pada PON kali ini.

* PON diharapkan bisa banyak "menjaring" atlet-atlet muda baru dan berbakat, yang bisa beprestasi gemilang. Sementara atlet senior diharapkan bisa memberikan penampilan terbaik, bahkan mencetak rekor baru.

* Ada beberapa pertandingan istimewa  di PON XIX. Untuk pertama kalinya, cabang olahraga Renang Perairan Terbuka akan dipertandingkan. Sedangkan cabang olahraga Hoki, Berkuda, Drum Band, dan Dansa yang sempat ditiadakan, kembali digelar pada PON tahun ini.

* Pembukaan dan penutupan PON bakal digelar di stadion Gelora Bandung Lautan Api (GLBA).

gbla bandung

* Sekarang, obor PON masih dibawa keliling Jawa Barat dengan kirab, yang berlangsung sejak tanggal 5 September. Total jarak kirabnya 1005,6 kilometer ajaaah...! *lap keringet* Pada akhirnya akan berujung di GLBA, saat pembukaan  PON XIX.                                             

* Surili, sejenis hewan primata, menjadi maskot PON tahun ini. Surili merupakan hewan asli Jawa Barat yang dilindungi karena hampir punah. Menurut Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, PON kali ini juga ingin mengangkat semangat lingkungan hidup dan budaya.

* Mahasiswi Institut Seni Indonesia Yogyakartayang bernama Humrotin menjadi pemenang lomba desain logo PON. Logo karyanya sendiri terinspirasi dari bentuk Kujang, sebuah senjata tradisional Jawa Barat.  

* Pastinya, Bandung yang memang sehari-harinya sudah macet bakal makin macet nih, sob! Kebayang nggak belasan ribu atlet ngumpul di sana? Belum lagi mamanya, papanya, pacarnya,  gebetannya, temannya, tetangganya, serta timnya yang ikutan men-support. Padat banget! HIhihi/

* Sebagai tuan rumah, Jabar punya target menjadi juara umum. Namun provinsi lain pun nggak kalah semangat, pastinya. Kita lihat aja, deh, siapa yang bakal keluar sebagai jawara!  

(sumber gambar: pekanbaru.tribunnews.com, jabarprov.go.id, pikiran-rakyat.com, jabar.tribunnews.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 13 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1