Universitas Indonesia Meraih Posisi 67 Versi Quacquarelli Symonds (QS)

Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings adalah salah satu penilaian yang dilakukan terhadap lebih dari 600 perguruan tinggi di dunia. Penilaian ini sudah dilakukan sejak tahun 2004 dan jadi salah satu penilaian yang paling ditunggu oleh universitas-universitas di dunia. Nah, setiap tahun, QS juga mengeluarkan QS Asia University Rankings. 

Tahun ini, pemeringkatan QS Asia University Rankings memperbarui metodologinya dengan 10 parameter. Banyak juga ya, sob.

  1. Academic reputation (30%) – mengukur unsur akademik secara menyeluruh.
  2. Employer reputation (20%) – mengukur kualitas tenaga pendidik perguruan tinggi.
  3. Faculty/student ratio (15%) – mengukur keberlangsungan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi.
  4. Citations per paper (10%) – mengukur jumlah kutipan pada setiap publikasi ilmiah yang dihasilkan para sivitas akademika perguruan tinggi.
  5. Paper per Faculty (10%) – mengukur jumlah publikasi ilmiah yang dihasilkan para sivitas akademika perguruan tinggi.
  6. Staff with PhD (5%) – mengukur proporsi pengajar dengan pencapaian jenjang akademik tertinggi yaitu Doktor.
  7. Inbound Exchange Students (2.5%) – mengukur jumlah mahasiswa asing yang berkuliah ke perguruan tinggi tersebut dalam rangka pertukaran pelajar sedikitnya satu semester.
  8. International Faculty (2.5%) – mengukur jumlah ekspatriat/tenaga pendidik asing di fakultas/perguruan tinggi.
  9. International Student (2.5%) – mengukur jumlah mahasiswa asing di fakultas/perguruan tinggi.
  10. Outbond Exchange Students (2.5%) – mengukur jumlah mahasiswa perguruan tinggi tersebut yang berpartisipasi sedikitnya satu semester pada program pertukaran mahasiswa di level internasional.

QS menaikkan peringkat Universitas Indonesia‍ (UI) ke posisi 67 setelah tahun lalu berada di peringkat 79. Ini bikin UI semakin berkibar sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia.

Rektor UI, Bapak Prof Dr Ir Muhammad Anis MMet bilang, sebenarnya pemeringkatan bukan tujuan utama yang dikejar UI sebagai institusi pendidikan. Hal yang lebih penting adalah menghasilkan lulusan unggul dan meningkatkan kualitas pendidikan. Tapi pastinya bangga juga dong, Pak, sama hasil QS tahun ini. Selamat, ya!

UI Youthmanual

Sementara itu, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti), Bapak M.Nasir, bilang kementrian menargetkan lima sampai 10 kampus negeri dan swasta supaya bisa masuk peringkat 500 besar dunia.

Tapi karena faktor keuangan, banyak kampus yang belum memaksimalkan potensinya buat masuk dalam jajaran universitas yang diperhitungkan di dunia. Mereka jadi terhambat dalam melakukan riset, mengeluarkan jurnal ilmiah, atau mempekerjakan tenaga pengajar dengan kualitas yang lebih baik.

Meskipun begitu, Menristek Dikti sudah berkoordinasi dengan Kementrian Keuangan buat mengatasi masalah tersebut.

Kita berdoa aja semoga banyak universitas lain yang bisa menyusul UI untuk bisa menjadi universitas yang lebih kece lagi!

(sumber foto: benzano.com, internationa.ui.ac.id)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©