Youthmanual Weekly: Serba-Serbi Kelas 12, dari Buku Tahunan, Kontroversi Prom, Hingga Momen Tak Terlupakan

Hai kelas 12, yuk rayakan masa-masa (terakhir) kamu di SMA! Minggu ini, Youthmanual Weekly mengangkat artikel pilihan yang seru dan berfaedah, khususnya untuk kamu yang kelas 12 alias kelas 3 SMA. Mulai dari ide foto buku tahunan, pesta perpisahan, hingga hal-hal yang penting dilakukan di bangku terakhir SMA.

Untuk membaca artikel lengkapnya, kamu bisa klik link pada judul.

1. Hal-Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Menginjak Kelas 12

Seharusnya sih, 7 poin dalam daftar ini sudah mulai direncanakan dan dilakukan sejak awal tahun ajaran. Tapi kan, namanya manusia, suka “khilaf”, dan tahu-tahu sudah menjelang lulus, aja! As a reminder, Youthmanual mengingatkan kamu untuk menjalankan hal yang penting dan bakal mempermudah tujuan hidup kamu di kelas 12.

2. Pro Kontra Mengadakan Pesta Prom Night

Banyak orang tua dan guru yang nggak nyaman dengan faktor keamanan prom night, berhubung pesta ini diadakan larut malam. Pada prom night SMA saya dulu, seorang teman ada yang harus nganterin pacarnya pulang duluan, karena sudah ditunggu ortunya… padahal acaranya sendiri belum dimulai, cyin! Garing amat!  

Jadi gimana, pilih prom night atau nggak, nih? Sebelum memutuskan, kamu bisa baca salah satu  pengalaman dan sudut pandang mengenai prom ini.

3. Hal-Hal yang Perlu Kamu Lakukan di Tahun Terakhir Biar Masa Sekolah Kamu Lebih Berarti

masa sma

Banyak yang bilang kalau udah kelas 12, kamu dan teman-teman bakal sibuk masing-masing mengurus urusan pribadi. Ada yang sibuk serah terima jabatan di organisasi, ada yang sibuk try out masuk universitas favorit, atau ada yang panik mempersiapkan ujian akhir. Tapi jangan sampai tahun terakhir kamu berlalu tanpa kesan. Supaya masa SMA-mu lebih berarti, baca deh artikel ini.

4. Sisi Plus Minus Gap Year-Bermanfaat atau Cuma Buang Waktu dan Uang?

gap year

Gap year merupakan salah satu alternatif yang bisa kamu ambil setelah lulus, yaitu dengan mengambil jeda setahun dan tidak langsung kuliah. Idealnya, masa jeda setahun tersebut dimanfaatkan untuk mencari pengalaman dan ilmu di luar bangku pendidikan formal. Tapi jangan-jangan setahun itu malah "sibuk" leyeh-leyeh dan hura-hura?

Tertarik menjalani alternatif ini setelah lulus? Simak deh, bahasan mengenai plus minus dari gap year.

7 Ide Seru Untuk Foto Buku Tahunan Sekolah

buku tahunan

Mati gaya saat mau foto buku tahunan sekolah? Kamu perlu cari inspirasi ide yang seru, tapi tetap oke dipakai buat BTS. Referensinya ada dalam artikel ini. Kenapa foto buku tahunan sekolah jadi penting? Karena bakalan jadi rangkuman kenangan masa SMA kamu, yang mungkin bakal kamu pamerin ke anak-cucu. Nggak mau dong, kalau sampai foto-fotonya gatot alias gagal total?

(sumber gambar: Instagram @masasma, wattpad.com, usnews.com, IG/masa SMA, eogroovy.blogspot.com, teenvogue.com, thefashionspot.com, laybabylay.com, marquee capital, )

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 29 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1