Cikal Career Chat: 6 Alasan Kenapa Membahas Karier Bareng Profesional Itu Penting Buat Pelajar

Membahas karier dari SMA? Kecepetan nggak, sih? 'Kan, masih ada bahasan lain kayak pilihan jurusan, ujian, atau pilihan gebetan? Justru info tentang karier dan profesi jadi penting banget bagi kamu yang duduk di bangku SMA, terutama info yang disampaikan langsung sama orang-orang yang menggeluti bidang tersebut.

Makanya, Sekolah Cikal, didukung oleh Youthmanual, menggelar Cikal Career Chat, yaitu kegiatan ngobrol langsung dengan para profesional, mengangkat tema "Passion: Make it Happen".

Balik lagi ke pertanyaan utamanya: Kenapa, sih, membahas karier bareng profesional dalam acara ini penting dan berfaedah bagi kamu, para pelajar?

Jawabannya adalah….

1. Membantu kamu menentukan jurusan kuliah yang tepat

Salah satu alasan kenapa kamu masih blank urusan jurusan kuliah adalah karena kamu nggak tahu, apa karier dan pekerjaan yang kamu minati, dan apa saja program studi yang sesuai. Atau kamu justru salah kaprah. Misalnya, pengen kerja di kedutaan tapi malah memilih kuliah jurusan Teknik. Kan nggak nyambung tuh!

Dengan memahami info tentang berbagai macam pekerjaan, kamu jadi lebih paham, nih, jurusan kuliah mana saja yang mendukung. Hal ini adalah bekal penting dalam menentukan jurusan.

2. Memperluas wawasan

Kalau kamu tahu berbagai macam bidang pekerjaan dan usaha, wawasan kamu otomatis jadi luas. Kamu jadi tahu gimana gambaran berbagai karier, industri dan wirausaha. Walau mungkin kamu nggak tertarik kerja di bidang  yang dijelaskan dalam acara ini, namun kamu jadi punya pengetahuan baru.

Apalagi pembicara dalam acara ini berasal dari berbagai latar belakang profesi, ilmu, pengalaman, pekerjaan dan usaha. Pulang-pulang kamu dijamin kaya, deh. Kaya akan pengetahuan. Caelah!

3. Membantu menemukan passion

Acara semacam ini juga penting banget dalam masa-masa pencarian passion. Kamu nggak hanya mendapat penjelasan formal tentang suatu pekerjaan, tetapi juga mendapatkan cerita pengalaman dari orang-orang yang menjalaninya.

Artinya, info mengenai suatu profesi dan usaha bakal kamu dapatkan dengan lebih lengkap, menyeluruh, dan personal. Apalagi ada sesi tanya-jawabnya segala.

4. Tips sukses di bidang yang diminati

Jika kamu sudah memiliki cita-cita atau karier incaran, tentunya lewat acara Career Chat ini, kamu akan bisa mendapatkan banyak informasi berharga dari para profesional. Misalnya, informasi rincian mengenai pekerjaan mereka, skill dan kemampuan yang diperlukan untuk bisa berkarier dan sukses di bidang tersebut, dan lain sebagainya.

Misalnya, kamu pengen banget gabung di perusahaan startup semacam Go-Jek atau badan internasional seperti World Bank. Kamu bisa, tuh, nanya-nanya ke Pak Rohan Monga Chief Operations Officer Go-Jek, atau Pak Indra Budi, staf World Bank mengenai syarat dan kriteria bekerja di sana.

Sementara kalau kamu bercita-cita punya usaha kuliner, pantengin, deh, penjelasan Kak Lucy Wiryono dan Chef Afit dari Holycow! Steakhouse. Kali aja kamu dikasih steak gratis. Eaaaak!

5. Banyak inspirasi dan ilmu

Kamu juga bisa mendapat inspirasi dari SEMUA pembicara dalam acara ini, dan nggak hanya dari profesional yang bidangnya kamu minati. Soalnya, semua orang yang terlibat di sini adalah orang-orang sukses dan inspiring.

Dari mereka, kamu bisa belajar soal etos kerja, attitude yang oke, dan semangat pantang menyerah. Kamu pun bisa banyak belajar dari pengalaman sukses dan dari pengalaman gagal mereka (but plis, jangan pernah tanya soal tips mengatasi kegagalan dalam hubungan asmara, ya. Hadeh!).

6. “Jembatan” antara kamu dan ortu

Nggak hanya dihadiri siswa, Career Chat yang diadakan di Sekolah Cikal Cipayung ini juga terbuka untuk ortu. Saran Youthmanual, boyong deh, bokap nyokap ke sana, supaya mereka juga bisa tahu berbagai macam pilihan karier, dan bisa lebih mengerti arah passion kamu.

Acara kayak begini, nih, yang bikin komunikasi kamu sama ortu—terutama soal pilihan jurusan dan profesi—jadi lebih terbuka dan lancar. Terutama kalau ortu kamu nggak setuju dengan pilihan jurusan kuliah kamu. Coba, deh, mulai "bujuk" mereka ke Career Chat bareng. Setelah itu, baru, deh, jalan dan belanja bareng (tapi minta bayarin sama mama-papa). #ngelunjak

***

Nah, menarik 'kan hal-hal yang bisa kamu dapatkan dari kegiatan Career Chat? Faedah banget, lho. Jadi yang lagi di Jakarta dan sekitarnya, besok bisa cusss ke Career Chat.

Catat detailnya:

Waktu: Besok, Sabtu 3 Desember 2016

Pukul: 08.00-12.30

Tempat: Sekolah Cikal Setu, Cipayung

Daftar langsung di rencanamu.id/careerchat

GRATIS!

(sumber gambar: laroche.edu)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 11 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 21 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1