Youthmanual Rise Up: Semangat Anak Muda Dalam Mengenal Diri Mereka Sendiri Memang Keren!

Tim Youthmanual lagi happy berat nih, gaes!

Soalnya kami nggak nyangka, ternyata antusiasme teman-teman terhadap acara Youthmanual Rise Up minggu lalu besar banget. Semangat para peserta tersebut bikin kami makin yakin, generasi muda Indonesia mau, kok, mengenal diri mereka sendiri untuk jadi anak muda yang lebih baik.

Bagi kamu yang ketinggalan, Youthmanual Rise Up adalah event besar pertama yang diselenggarakan oleh Youthmanual, GRATIS untuk teman-teman SMA sederajat dan mahasiswa.

Youthmanual Rise Up pertama ini berbentuk seminar/talkshow, serta mengangkat tema Passion, Karier dan Profesi untuk Generasi Z. Keahlian Karakter Apa yang Dibutuhkan Agar Sukses di Masa Depan?”.

Diadakan di Auditorium Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, seminar/talkshow ini menghadirkan pembicara-pembicara keren seperti Chandra Liow (content creator), Chaerany Putri (founder sekaligus CEO gerakcepat.com), Najelaa Shihab (psikolog dan pendidik, sekaligus founder Sekolah Cikal), Anugrah Pakerti (founder sekaligus CEO Avoskin Care), Roy Simangunsong (Country Head Twitter Indonesia), dan pastinya Rizky Muhammad, founder sekaligus CEO Youthmanual.

Apa, sih, tujuan seminar ini? Sesuai dengan namanya, Rise Up, Youthmanual kepengen membangun awareness teman-teman SMA sederajat dan mahasiswa untuk lebih mengenal minat dan bakat diri sendiri.

Youthmanual sendiri punya platform untuk melakukan assessment itu, lho, supaya kamu tahu apa bakat, minat, kepribadian, gaya belajar, jurusan kuliah serta profesi yang cocok buat kamu. Udah pada nyoba belum, gaes? Mengetahui hal-hal tersebut, tuh, penting banget, lho, untuk masa depan kamu. Nggak mau ‘kan, kejebur problem klasik “salah jurusan” atau “salah ambil profesi”?

Selain itu, anak muda juga harus tahu karakter dan soft skills apa aja yang dibutuhkan agar bisa sukses di masa depan. Nah, lewat seminar ini, Youthmanual berharap banyak teman-teman yang semakin yakin sama pilihan hidupnya, atau seenggaknya, terinspirasi untuk cari tahu jalur terbaik untuk masa depan kamu.

***

Mau cerita sedikit tentang acaranya, ya.

Venue Youthmanual Rise Up di Auditorium Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia baru dibuka jam sembilan pagi, tapi banyak peserta udah pada stand by dari jam tujuh. Wow!

Malah seorang peserta, Sony Wijaya dari Universitas Putra Indonesia, bela-belain berangkat subuh dari Cianjur khusus untuk datang ke acara ini. Naik motor pulak!

Untungnya, Hi-Lo Teen berbaik hati ngasih teman-teman snacks yang super enak. Bisa sarapan dulu, deh.

Acara dibuka oleh duo MC super kocak, Jaka dan Dipa—yang punya nama panggung Jak x Dip—dari komunitas Stand Up PNJ. Mereka berdua sukses banget bikin peserta ngakak nggak abis-abis dari awal sampai akhir acara. Ternyata mereka berdua udah sobatan sejak kecil. Pantes aja, lawakan (dan cela-celaan) mereka nyambung abis! Untungnya, Jaka dan Dipa mengaku kalau selera cewek mereka nggak sama, jadi nggak pernah berantem gara-gara rebutan pacar, hehehe.

Jaka and Dipa juga bawa rombongan comic (istilah untuk stand-up comedian) ke acara Youthmanual Rise Up ini. Para comic ini katanya korban begal, lho, gaes. Alias Benih-Benih Cinta yang Gagal. Alamaaak… Om Roy Simangunsong dari Twitter Indonesia bahkan sampai nge-twit punch line dari salah satu comic tersebut: “Saya ini jago masak, lho, apalagi Vegetables Coconut Sauce. Wih, keren ‘kan? Ada yang tahu nggak itu apa? Pecel.” Eaaak!

Bicara soal antusiasme, para peserta Youthmanual Rise Up nggak cuma semangat datang, lho. Mereka juga semangat melempar pertanyaan-pertanyaan seru untuk para nara sumber. Apalagi setiap penanya terbaik mendapat goodie bag dari Hi-Lo Teen dan Wardah. Beuuuh, tambah semangat nanya, deh.

Menurut Lunike dari SMK Cakra Buana, salah satu peserta yang juga pemenang door prize, acara Youthmanual Rise Up sangat menginspirasi dirinya dan teman-temannya. Mereka malah sebal karena acaranya kurang lama. Oke, deh, berikutnya Youthmanual bikin acara 2 hari 2 malam, ya!

Menjelang jam satu siang, acara pun ditutup dengan wefie bareng pembicara yang paling terakhir (dan yang paling seru), Chandra Liow.

Setelah acara kelar, saya sempat ngobrol sama Hanin Prihadita, Staff Biro Project BEM FEB UI sebagai perwakilan BEM FEUI yang berbaik hati mau menyediakan tempat untuk acara ini. Menurut Hanin, pihak BEM UI aja kaget, lho, acara Youthmanual Rise Up perdana ini bisa sesukses dan seramai ini.

BEM Universitas Indonesia juga merasa, misi Youthmanual untuk membantu para siswa dan mahasiswa untuk mengenal diri sendiri demi masa depan adalah misi yang luar biasa menginspirasi. Hanin bilang, mereka nggak sabar untuk kerjasama bareng Youthmanual lagi. Ihiy!

Last but not least, acara Youthmanual Rise Up ini nggak mungkin sukses tanpa bantuan dan dukungan Loop, Wardah dan Hi-Lo Teen dalam membentuk generasi muda yang lebih baik.

 

Kalau kamu mau tahu apa aja yang dibahas oleh para pembicara keren di Youthmanual Rise Up, pantengin terus Jurnal Youthmanual ya, gaes!

Are you ready for the next Youthmanual Rise Up?

(sumber foto: Iyank, Laila A.)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 16 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 26 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1