Cari tahu tentang semua jurusan kuliah disini

Temukan pengalaman dan jawaban dari Mentor Rencanamu dan pengguna lain

Rencanamu
2 tahun yang lalu

Hai! Aku juga dulu tidur sehari itu cuma 3-5 jam. Ga baik sih. Tapi dulu aku punya mindset bahwa setiap orang punya waktu yang sama sehari, 24 jam. Kalau kita ngegunain waktu kita sama kaya yang lain, apa value added kita ? Tapi cara aku ngimbanginya dengan makan sehat dan olahraga, itu bisa nge recover tubuh kita lebih cepet lho!

By : Yoga - Alumni Jurusan Akuntansi Telkom University

Baca selengkapnya
0 1197
Rencanamu
2 tahun yang lalu

Menarik nih, dulu ada temen aku yg kaya gini. Cara nya adalah meyakinkan orang tua kamu kalau apa yang kamu lakukan sekarang adalah hal positif yang bermanfaat untuk perkembangan kamu. Dan temen aku jg berhasil meyakinkan orang tuanya, semoga berhasil!

By : Yoga - Alumni Akuntansi Telkom University

Baca selengkapnya
0 530
Rencanamu
2 tahun yang lalu

Hai, kita coba clear kan pertanyaan ini ya. Kamu sendiri ingin masuk ke dunia tambang sebagai ahli tambang ya. Untuk masuk jurusan yg berkaitan dengan pertambangan, memang secara syarat adalah jurusan IPA. Karena background scientific ada di jurusan ini dan kita bekerja juga sejalan dengan background ini. Oiya, jurusan Geografi juga bisa banget loooh.

Masa kuliah secara aktual, emang agak lama dibandingkan jurusan lain. Lama bukan karena sulit nya ya, tapi lama karena kamu kan nanti setelah lulus harus mengaplikasikan ilmu kamu langsung ke muka Bumi. Bumi loh ini, jadi sekalinya salah ya repot kan. Yang buat lama adalah kita harus sebisa mungkin ambil banyak kerja praktek baik itu di lapangan langsung ataupun ke beberapa perusahaan untuk menambah wawasan dan pengalaman, serta meningkatkan sense kita sebelum masuk dunia kerja. In average , kuliah di bidang mining and oil gas 4 - 5 tahun

By : Wahyu - Alumni Jurusan Geofisika UGM

Baca selengkapnya
0 10926
Diana
2 tahun yang lalu

Kalau kamu mau cari jurnal2 kamu bisa search di google scholar disitu biasanya banyak jurnal2 internasional juga, kalau ebook aku suka dapet dari line square farmasi atau dari dosen dan kating hehe

By : Agustina - Alumni PoltekKes Kemenkes Bandung 

Baca selengkapnya
0 463
julia
3 tahun yang lalu

Kamu harus mengetahui segala macam kepentingan yg ada di jurusan mu,, agar memudah kan kamu mempelajari jurusan yg kamu pilih .

Baca selengkapnya
0 1399
Qisthi Rahma Syahrani
3 tahun yang lalu

Halo, Qisthi!

Kalau mau masuk jurusan arsitektur memang pada umumnya universitas mensyaratkan untuk dari IPA. Apalagi PTS, sepertinya tidak menerima IPS. Kalau PTN, kamu masih bisa akalin dengan ikut SBMPTN jalur saintek. Kalau kamu lolos, kamu berhasil jadi mahasiswa arsitektur.

Semoga membantu!

Baca selengkapnya
0 11223
Eka salsa dewi
3 tahun yang lalu

Hai Eka,

sejak SNMPTN 2019, lintas jurusan sudah tidak diperbolehkan. Jadi, bisa dibilang tidak ada kesempatan untuk anak lintas jurusan diterima di program studi apa pun (tidak hanya untuk anak IPA yang ingin masuk jurusan Hubungan Internasional) di jalur SNMPTN.

Disamping itu, penilaian yang dilakukan dalam SNMPTN adalah otoritas masing-masing PTN. Sampai saat ini, tidak pernah ada transparansi mengenai bagaimana masing-masing PTN menyeleksi calon mahasiswanya di jalur SNMPTN.

Tapi buka berarti kamu nggak bisa masuk jurusan Hubungan Internasional, kok. Kamu tetap bisa mengikuti jalur SBMPTN atau Seleksi Mandiri di PTN atau jalur penerimaan lainnya di masing-masing PTS yang menyediakan.

Agar tahu kecocokan minat dan kemampuanmu dengan jurusan Hubungan Internasional, jangan lupa ikuti tes minat bakat di www.youthmanual.com dulu ya.

Semoga membantu!

Baca selengkapnya
0 1748
Salwa difahna
3 tahun yang lalu

Bisa tapi harus ikut utbk saintek 

Baca selengkapnya
0 1312
Aria Krismadani
3 tahun yang lalu

Hai Aria,

Aku bantu jawab ya. Kebetulan aku kuliah jurusan sastra.

Kalau tips sih sebenernya ga ada yang mutlak selain: kamu emang minat,suka, dan bisa.

udah coba kepoin kedua jurusan itu belum? coba cari di https://www.youthmanual.com/cari-jurusan ya.

semua informasi yang perlu kamu tahu untuk mempersiapkan diri kamu menjadi mahasiswa jurusan multimedia/sastra bisa kamu baca disana.


Untuk Sastra sendiri, kamu juga mesti suka banyak baca literatur-literatur sastra. tugas-tugas anak sastra biasanya banyak banget analisis bacaan dll. Jadi dari sekarang juga mesti latihan skill analisisnya. Sastra ga cuma belajar bahasa tapi budaya. Jadi anak sastra (dan harusnya semua jurusan kuliah) harus open minded dan kritis. Jangan kaget kalau kamu nanti dapet mata kuliah filsafat yang ngejlimet di awal semester, karena ya memang kamu dipersiapkan untuk menajamkan analisis dan mempertanyakan banyak hal. Keliatan abstrak ya? namanya juga seni. hehehehe.

yang penting kalau mau masuk sastra banyak-banyak baca buku, bukan cuma novel ya. asah kemampuan menulis juga. menuangkan gagasan melalui tulisan, dll.

lengkapnya bisa baca sharingku tentang jurusan sastra di sini ya: https://www.youthmanual.com/post/profil/jurusanku-sastra-indonesia-universitas-negeri-jakarta-triani-agustini-nainggolan

Semoga menjawab ya, dan sangat terbuka untuk diskusi lebih lanjut ;)

Good luck Aria!

Baca selengkapnya
0 585
Sukma Regina Amalia
3 tahun yang lalu

Hai sukma :)

Aku bantu  jawab yaa sobat, jadi kalo menurutku kesempatan itu pasti ada , yakin kok. Cuma memang ada beberapa hal yang harus diperhartikan disini untuk menjawab pertanyaanmu itu. Jadi gini, masuk kedokteran itu secara umum kita tahu bahwa prosesnya sangat sulit dan kemampuan yang diperlukan baik otak maupun secara finansial juga harus tinggi. Kita tahu bahwa ritme belajar di Fakultas kedokteran itu sangat tinggi dan butuh yang namanya ketekunan. Itu secara umum kalo gambarannya. Nah menurut pengalamanku, persaingan masuk kedokteran itu sangat tinggi, baik di univ negeri (PTN) dan juga di Univ Swasta ( PTS) , bahkan nih, bukan maksudku mendownkan mental anak IPS, kita tahu bahwa anak IPA saja masih susah untuk masuk  dan memang realitanya seperti itu. Tapi aku tekankan disini buat kamu yang mau bener2 masuk kedokteran dan kamu merupakan anak IPS , ingatlah bahwa kesempatan itu masih ada. Kamu bisa belajarlebih giat lagi, jangan patah semangat, dan selalu ingat berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar selalu dibantu jalannya.

Dan buat yang kalian yang kebetulan membaca tulisan ini juga dan kalian berencana masuk fakultas kedokteran, aku sarankan kalian supaya mengambil jurusan IPA, kenapa? karena di jurusan IPA otak kita lebih dituntut untuk menganalisis, berbeda dengan jurusan IPS yang cenderung mempelajari ilmu sosial. Aku klarifikasi juga, ini bukan berarti menganaktirikan anak IPS ya sobat. Aku hanya menjelaskan realita di lapangan saja. Intinya adalah tetap semangat buat kalian yang ingin masuk fakultas kedokteran dan jangan lupa diperkuat lagi niat dan ritme belajarnya. Oke itu dia infonya sobat, semoga dapat membantu kalian yaa :) Have a nice day !

Baca selengkapnya
0 15363
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1