Cari tahu tentang semua jurusan kuliah disini

Temukan pengalaman dan jawaban dari Mentor Rencanamu dan pengguna lain

Fadhila syahda faustina austrin
3 tahun yang lalu

Halo Fadhila!

Jika kamu sudah memiliki program studi yang ingin kamu ambil setelah lulus nanti, kamu bisa melihat apakah kamu sudah memiliki minat dan kemampuan yang cukup untuk mengambil program studi yang kamu inginkan. Kalau kamu ingin mengambil program studi sesuai yang direkomendasikan oleh Youthmanual untuk kamu, lihat lagi kesesuaiannya dengan minat dan kemampuanmu. 

Kalau ada program studi yang ingin kamu pilih tapi skor minat dan kemampuanmu masih di bawah nilai minat dan kemampuan yang dibutuhkan di program studi tersebut, kamu bisa membaca rekomendasi aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan minat dan kemampuan yang dibutuhkan.

Semoga membantu ya!

Baca selengkapnya
0 352
Seffina Amilusshaliha
3 tahun yang lalu

Halo Seffina,

Kamu perlu lihat lagi di halam jurusan kimia murni dan farmasi, minat apa saja yg dibutuhkan. Lihat juga di bagian mana minat dan kemampuan kamu yang masih kurang sehingga perlu dikembangkan jika kamu ingin mengambil jurusan tersebut. 

Di final report, cari tahu lagi apa saja rekomendasi kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan minat dan kemampuan di jurusan yang ingin kamu ambil ya

Selamat merancang masa depan!

Baca selengkapnya
0 963
florence suwandi
3 tahun yang lalu

Hai Florence

karena kamu sudah menjadi pengguna Youthmanual, coba deh ikuti dulu asesmen pengenalan minat dan pengukuran kemampuan yang ada di Peta Perjalanan kamu. Nah, dari situ, kamu bakal dapetin rekomendasi berbagai program studi kuliah yang paling sesuai dengan dirimu, baik dari segi minat maupun kemampuan yang kamu miliki.

Dari sekian banyak rekomendasi yang diberikan, wajar aja, kok, kalau kamu masih galau menentukan pilihan. Pertimbangan dalam memilih program studi yang paling tepat untuk kamu tentunya balik lagi ke diri kamu sendiri: apa yang paling memotivasi dirimu dalam mengambil program studi tersebut. Apakah karena sejalan dengan cita-citamu? Atau karena prospek karier masa depannya yang bagus? Cuma kamu yang tahu jawabannya :)

Sebagai referensi, kamu bisa baca panduan Youthmanual dalam memilih program studi kuliah yang kamu banget di bawah ini.

https://www.youthmanual.com/post/persiapan-kuliah-101/persiapan-kuliah-dari-bangku-sekolah/mengenali-kepribadian-minat-dan-menggali-potensi-untuk-memilih-program-studi

https://www.youthmanual.com/post/persiapan-kuliah-101/persiapan-kuliah-dari-bangku-sekolah/panduan-memilih-program-studi-kuliah

Semoga membantu !

Baca selengkapnya
0 228
Arayken Ammuro
3 tahun yang lalu

Hi Arayken!

Langkah pertama agar kamu tidak salah memilih jurusan dan pastinya juga karir kerja mu adalah kamu perlu paham dan mengenali bakat dan minat yang tertanam di dalam dirimu. Nah bagaimana cara nya ya?

Sebelumnya apakah kamu sudah mengenal apa itu Peta Perjalanan yang ada di akun youthmanual mu? Setelah kamu berhasil sign up, kamu akan langsung ditampilkan dengan peta perjalanan tersebut. Peta perjalanan ini akan membantumu untuk mencari tahu apa saja keunikan dan passion yang ada di dalam dirimu. Sehingga kamu perlu untuk menyelesaikannya hingga langkah terakhir dan kemudian kamu akan mendapatkan hasil berupa final report. 

Final report dapat kamu gunakan sebagai bahan pertimbangan mu untuk memilih jurusan apa yang ingin kamu perdalam di jenjang perkuliah tinggi nanti dan pastinya kamu sudah siap untuk memilih bidang pekerjaan apa yang ingin kamu capai.

Kamu juga dapat mengakses berbagai artikel yang tersedia di youthmanual agar kamu jauh lebih mantap dalam merancang karir mu di masa depan. Selamat mencoba!

1. https://www.youthmanual.com/post/panduan-persiapan-kuliah

2. https://www.youthmanual.com/post/panduan-persiapan-karier

Baca selengkapnya
0 1550
Lang Buana
3 tahun yang lalu

Halo Lang Buana,

Cari tahu jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu dengan menyelesaikan asesmen di Youthmanual. Ketahui minat dan kemampuanmu, lalu cek kecocokkannya dengan berbagai jurusan kuliah.

Kalau kamu sudah tau ingin memilih jurusan kuliah apa, kamu bisa melihat kecocokkan minat dan kemampuanmu dengan minat dan kemampuan yang dibutuhkan di jurusan tersebut. Kamu bisa mengetahui apa saja minat dan kemampuan yang perlu kamu kembangkan lagi untuk kuliah di jurusan yang kamu inginkan.

Selamat merancang masa depan ya!

Baca selengkapnya
0 625
Zahra Nuryani
3 tahun yang lalu

Halo, Zahra!

Sebagai lulusan SMK multimedia, kamu bisa tetap melanjutkan di bidang yang sama.

Jika ingin lanjut kuliah, kamu bisa mempertimbangkan untuk masuk ke jurusan:

Jika ingin langsung kerja, kamu bisa berprofesi sebagai:


Nah, sekarang tinggal saatnya kamu eksplorasi. Kamu bisa baca link-link yang aku kasih. Disana sudah ada detail semua penjelasan jurusan dan profesinya. Kalau masih belum puas, kamu bisa ikuti asesmen yang ada di Youthmanual dan Youthmanual akan memberikan rekomendasi juruan dan profesi sesuai dengan minat dan kemampuanmu.

Semoga membantu!

Baca selengkapnya
0 1561
Windi Romadhona_X KGSP 1
3 tahun yang lalu

Halo Windi,

Terdapat banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan dalam memilih program studi kuliah. Sebagai siswa SMK, kesesuaian kompetensi keahlian/jurusan di SMK dengan program studi di perguruan tinggi dapat menjadi pertimbangan. Namun, hal yang terpenting dalam memilih program studi kuliah adalah kecocokkan jurusan dengan kepribadian, minat, hingga kemampuan. 

Sebelum menentukan jurusan kuliah, kenali terlebih dahulu kepribadian, minat, dan kemampuanmu agar kamu bisa memilih jurusan yang sesuai dengan dirimu.

Cari tahu lebih lanjut tentang persiapan kuliah untuk anak SMK:

https://www.youthmanual.com/post/sekolah-menengah-kejuruan-101/panduan-persiapan-kuliah-untuk-lulusan-smk/lulusan-smk-lanjut-kuliah-bisa-kok


Semoga membantu ya!

 
Baca selengkapnya
0 658
Reza Fakhrurrozi Zahruddin
3 tahun yang lalu

Hai Reza,

pertimbangan memilih program studi (baik itu baru ada/baru dibuka di sebuah Perguruan Tinggi) tentunya balik lagi ke kamu, dong. Kira-kira program studi tersebut cocok dengan minat dan kemampuanmu, nggak?

Kalau iya, jangan khawatir kalau program studi tersebut masih terbilang baru dan masih terakreditasi C. Yang menentukan kamu bakal sukses atau nggaknya di masa depan bukanlah program studi atau almamater kamu, tapi bagaimana kamu bisa mengembangkan diri selama berkuliah.

Kamu bisa baca-baca tips memlilih program studi kuliah di sini.

https://www.youthmanual.com/post/persiapan-kuliah-101/persiapan-kuliah-dari-bangku-sekolah/panduan-memilih-program-studi-kuliah

Semoga membantu!


Baca selengkapnya
0 209
Endra Furi
3 tahun yang lalu

Hi Endra,

Memang kadang bingung ya ketika kita punya banyak sekali minat. Tapi bukan engga mungkin ketika semuanya digabungkan lho. Kalau dilihat dari profil kamu, sepertinya kamu punya minat besar di arah bisnis dan juga kerja lapangan. Pernah coba eksplor profesi di bidang pariwisata? Lingkungan?
Nah, coba kamu eksplor dulu nih di www.youthmanual.com/eksplorasi . Jangan lupa diskusikan juga dengan orang tua dan guru kamu yaa. 

Lalu jurusan apa yang harus aku pilih? Ada dua opsi:
1. Pilih jurusan yang bisa menggabungkan ketiga minat kamu
2. Atau, pilih jurusan yang sesuai dengan salah satu minat kamu, lalu kedua minat lainnya dipenuhi dengan ikut kegiatan ekstra di luar kampus.

Berikut beberapa artikel yang bisa jadi referensi kamu:

https://www.youthmanual.com/post/dunia-kuliah/jurusan-dan-perkuliahan/pilihan-jurusan-kuliah-buat-kamu-yang-suka-jalan-jalan

https://www.youthmanual.com/post?src=alam

Happy exploring!

Baca selengkapnya
0 845
Catherine Nadia
3 tahun yang lalu

Hai Catherine,

program studi DKV adalah program studi yang paling sejalan dengan cita-citamu yang ingin menjadi seorang ilustrator. Lagipula, ilustrator pun konteksnya sangat luas, lho. Kamu juga harus tahu kalau DKV juga memiliki peminatan yang namanya DKV New Media. Biar nggak salah kaprah, yuk baca seputar program studi DKV dan cerita-cerita menarik dari kakak mahasiswa yang kuliah DKV di sini:

https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/seni/desain-komunikasi-visual

Juga lebih jauh tentang peminatan di program studi DKV di artikel ini:

http://www.youthmanual.com/index.php/post/dunia-kuliah/jurusan-dan-perkuliahan/serba-serbi-konsentrasi-yang-ada-di-jurusan-desain-komunikasi-visual

Semoga membantu!

Baca selengkapnya
0 1885
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1