Cari tahu tentang semua jurusan kuliah disini

Temukan pengalaman dan jawaban dari Mentor Rencanamu dan pengguna lain

jason_sulaiman
6 tahun yang lalu
Sdr Jason, jika Anda ingin berkarir di bidang akademik sebagai dosen, maka sebaiknya pilihlah jurusan yang linier dengan latar belakang S1 Anda (jadi kalau S1nya manajemen, S2nya juga manajemen). Mengapa? Karena jika Anda menjadi dosen, penilaian dalam jenjang jabatan akademik akan lebih tinggi angka kreditnya daripada Anda memilih jurusan yang tidak linier dengan latar belakang S1 Anda, Namun demikian,jika Anda lebih memilih bekerja di perusahaan misalnya silakan memilih jurusan yang sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan di perusahaan tersebut.
Baca selengkapnya
1 988
Ferdinan Mashur
6 tahun yang lalu
Saya jawab untuk kuliah S1 Psikologi ya.. Karena tugas kuliahnya banyak berupa bikin esai dan makalah, jadi salah satu kemampuan yang penting banget buat dikuasain adalah membaca, mengumpulkan informasi, dan menulis. Kelihatannya 'gitu doang' ya, padahal enggak lho,Kamu bisa melatih itu dari sekarang dengan bikin rangkuman dari buku yang kamu baca, mencari informasi dari berbagai sumber tentang hal yang kamu minati kemudian membandingkan dan membuat kesimpulannya, dan mencari cara-cara menulis esai di internet kemudian berlatih menulisnya. Selain itu, yang juga bakal kepake banget saat kuliah Psikologi adalah kemampuan kerja sama dalam tim. Kamu bisa mengembangkan kemampuan ini dengan ikut organisasi atau kelompok ekstrakurikuler.
Baca selengkapnya
1 885
intan trie k.
6 tahun yang lalu
Wah kalau syarat untuk mendirikan klinik mungkin sudah berbeda nanti pas jamannya kamu lulus kuliah hehe.. Yang jelas, kalau mau praktik jadi psikolog harus punya Surat Izin Praktik Psikolog yang dikeluarkan oleh Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).
Baca selengkapnya
1 3470
Bella Savitry
6 tahun yang lalu
Wah betul banget itu, malah dulu saya pernah ikut mata kuliah yang emang judulnya 'Pemahaman Diri'.. Banyak juga yang kalo ditanya alasan milih jurusan Psikologi bilangnya karena mau 'berobat jalan' haha.. Materi di berbagai mata kuliah plus tugas-tugasnya banyak yang bikin kita lebih paham diri sendiri, baik dari materi yg umum (misalnya tentang otak dan cara memproses informasi) sampai yang khusus (ada tugas kuliah yang instruksinya untuk menganalisis pengalaman hidup sejak kecil, atau tugas bikin daftar kriteria pasangan yang diinginkan).Kalau saya, kuliah S1 Psikologi bikin saya lebih open minded dan toleran sama orang lain. Jadi ga cepet nge-judge gitu. Nah tapi yang lebih gede impactnya buat saya tuh kuliah S2 Profesi. Saya ngerasa di situ bukan cuma belajar buat jadi psikolog tapi juga buat jadi manusia yang lebih baik :) Trus kuliah Psikologi juga bikin mindset saya lebih kritis dan ilmiah, mau menelusuri kebenaran informasi, ga asal percaya apalagi asal nyebarin berita ga jelas hehe
Baca selengkapnya
1 458
Bella Savitry
6 tahun yang lalu
Hmm kalau Statistika di jenjang S1 menurut saya kesulitannya 5 alias sedang. Soalnya sebagian besar materinya udah dipelajari di SD-SMA jadi tinggal ngulang dan ngembangin. Ga usah khawatir ya :)
Baca selengkapnya
1 513
Ferdinan Mashur
6 tahun yang lalu
Bisa banget dooong :) Di Psikologi memang kita belajar banyak tentang statistika dan penelitian, di Psiko UI sendiri mata kuliahnya bersambung selama 3 semester. Tapi menurut aku keterampilan yang perlu diasah bukan matematika nya, tapi logika penelitiannya. Ngga masalah kok kalau kamu sekarang belum terlalu paham soal itu, toh nanti akan belajar dari awal di Psikologi. Yang jelas sih kalau ada kemauan pasti ada jalan, ya kaan :) Jadi ngga usah khawatir, selama memang kamu berminat dengan ilmunya, pasti bakal seneng kok belajarnya. Goodluck ya!
Baca selengkapnya
1 440
Ghifari 
6 tahun yang lalu
utk menjadi psikolog sama kok spt profesi lain. tidak tergantung dengan jenis kelamin. tp lebih tergantung dengan kemauan dan kemampuan kita. krn memang sebenarnya profesi ini membutuhkan keseimbangan antara empati (krn berhubungan dengan klien) dan logika (krn akan membantu klien dgn bantuan teori2).
Baca selengkapnya
1 323
siti syiifaa
6 tahun yang lalu
Aku kerja di startup konsultan pendidikan untuk sekolah, fokusnya di integrasi teknologi ke dalam pendidikan. Nah sejauh ini kerjaan aku berkaitan dengan pengukuran dalam bidang ini. Aku melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengevaluasi program yang kami bawa ke sekolah-sekolah, supaya ketahuan pendekatan seperti apa yang paling cocok dan impactful. Semoga menjawab yaa :)
Baca selengkapnya
2 994
Bella Savitry
6 tahun yang lalu
nah trick2 yang disajikan dgn menarik di sana, dasar ilmunya adalah psikologi kognitif loch, jd belajar pakai kode warna (stabilo) dll itu akan kamu pelajari dan dapat pakai utk belajar di psikologi dengan buku teks yang menantang itu.
Baca selengkapnya
2 223
Bella Savitry
6 tahun yang lalu
selamat ya sudah diterima di psikologi UNPAD :) Materi yang sering menjadi musuh bersama mahasiswa psikologi adalah: BioPsikologi atau Faal, dan Statistik. Ingat, statistik menjadi mata kuliah yang akan kamu temui hampir di setiap semester.
Baca selengkapnya
3 553
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1