Cari tahu tentang semua jurusan kuliah disini

Temukan pengalaman dan jawaban dari Mentor Rencanamu dan pengguna lain

nadifer
5 tahun yang lalu
Psikologi di indonesia bs diambil oleh anak IPA dan IPS kok. hanya psiko Unpad yg khusus bg anak IPA, krn memang Unpad banyak fokus ke psikodiagnostika. sisanya bisa dimasuki oleh semua jurusan. peminatan di psiko ada 5 : psikologi klinis, pendidikan, sosial, pengukuran dan industri. bagi S1 semua akan di pelajari, hanya dengan fokus2 khusus yang kamu ambil pada mata kuliah pilihan. nah baru pas S2 dan S3 kamu akan fokus pada peminatan (sgt) khusus.
Baca selengkapnya
5 458
Nanda Priscilla
5 tahun yang lalu
utk jd psikologi, kamu harus ambil S2 di magister psikologi. jd kl lulus S1 belum jd psikolog yah. namun bg lulusan S1, jika kamu bisa jd: 1. klinis: konselor di biro psikologi 2. sosial : kerja di LSM, pembuat modul dan trainer pada tempat bencana 3. pendidikan : guru BK 4. PIO: HRD (rekruitmen, training dan organizational development) 5. pengukuran : market reasercher
Baca selengkapnya
5 474
GiaWS
5 tahun yang lalu
Hmm sebenernya 'susah' itu kan relatif ya, tergantung kita kurangnya di mana. Kalau aku pribadi dari dulu paling ngga jago hafal-hafalan, apalagi sejarah. Makanya menurut aku mata kuliah yang paling menantang adalah Psikologi Umum 1 (tentang sejarah ilmu Psikologi). Selain itu, dulu ada juga mata kuliah Pelatihan yang salah satu ujiannya semacam public speaking. Itu aku juga ga jago tuh, makanya agak kesulitan.
Baca selengkapnya
1 329
GiaWS
5 tahun yang lalu
Dari dulu aku menganggap sosok Psikolog itu super bijak dan berwibawa. Mungkin itu kali yaah yang bikin aku bercita-cita jadi Psikolog, kayaknya keren aja gitu, haha.
Baca selengkapnya
1 275
siti syiifaa
5 tahun yang lalu
kl psikolog klinis itu kuliahnya s1 psikologi dan lanjut S2 magister profesi psikolog klinis. kl dokter yang pelajari kejiwaaan itu kuliahnya S1 FK lalu lanjut S2 psikiatri
Baca selengkapnya
5 1062
Abdurrahman
5 tahun yang lalu
Menurut saya, sangat penting untuk mengenal budaya negara tujuan sebelum melakukan proses pertukaran pelajar. Tidak berlaku untuk Jepang saja lho! Biar kamu nggak kaget dan siap menghadapi perbedaan yang ada. Saya saat ini mengikuti program pertukaran mahasiswa Bahasa Jepang, jadi sehari-hari pun saya menggunakan bahasa Jepang. Tapi banyak sekali program yang berbahasa Inggris, jadi dengan dasar bahasa Inggris (biasanya dilihat dari nilai TOEFL atau TOEIC) pun bisa dan nantinya diharuskan belajar Bahasa Jepang di sini.
Baca selengkapnya
1 210
Abdurrahman
5 tahun yang lalu
Beruntung bagi mahasiswa sastra Jepang, kami sudah memiliki kerjasama dengan beberapa universitas Jepang. Sehingga memang hal tersebut sangat direkomendasikan oleh para pengajar kami. Tapi banyak juga mahasiswa yang berjuang sendiri untuk mencari beasiswa pertukaran ke luar negeri, contohnya Korea, Rusia dan Perancis!
Baca selengkapnya
1 165
Abdurrahman
5 tahun yang lalu
Saya butuh persiapan sekitar 6 bulan untuk mempersiapkan diri, dan lebih cepat lebih baik lho!
Baca selengkapnya
1 160
Abdurrahman
5 tahun yang lalu
Bisa banget! Banyak program pertukaran pelajar terbuka untuk berbagai jurusan. Yang penting, kamu harus berusaha mencarinya! Biasanya informasi tsb banyak terdapat di kedutaan besar.
Baca selengkapnya
1 197
Abdurrahman
5 tahun yang lalu
Untuk program pertukaran pelajar, tentu IPK merupakan poin penting. Karena nantinya kamu jadi wakil Indonesia di kampus tersebut. Untuk aktif organisasi, itu hanya nilai tambahan untuk nantinya kamu direkomendasikan oleh kampus kamu kepada kampus tujuan. Saranku sih, jangan sampai ngga pernah aktif deh. Sesekali pun nggak apa hehe. Selain IPK, kamu juga harus dapetin score tinggi di TOEFL atau TOEIC dan semacamnya sebagai pengukur kemampuan bahasa asing kamu. Ini sangat penting lho!
Baca selengkapnya
1 206
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1