Inilah Kenapa Mahasiswa Teknologi Informasi, Khususnya Jurusan Ilmu Komputer, Punya Masa Depan Cerah!

Oleh Dewa Made Rai

Katanya, sekarang ini dunia sedang masuk ke era revolusi industri yang keempat, tepatnya revolusi industri teknologi digital.

“Revolusi industri ini dipicu oleh teknologi mobile. Nantinya, semua hal akan dibawa ke arah mobile. Karena itu, kita butuh banyak ahli teknologi informasi,” begitu kata Bapak Ahmad Fachrudin, kepala bagian Echanell Solution di Multipolar, salah satu  perusahaan Teknologi Informasi besar di Indonesia.

Maka wajar lah, ya, kalau lulusan Teknologi Informasi—khususnya lulusan jurusan Ilmu Komputer alias Computer Science—kelihatannya bakal bermasa depan cerah.

Lihat, deh, hasuk survei yang diadakan oleh Linkedin pada tahun 2015 . Survei ini menunjukkan bahwa skill yang paling banyak dicari pada tahun 2015 adalah skill di bidang Cloud dan Sistem Komputer Terdistribusi.

Memang, sekarang ini, banyak perusahaan—terutama perusahaan besar seperti Microsoft dan Google—yang sedang fokus kepada pengembangan sistem Cloud.

linkedin survey

Dan jika dilihat dari urutan 2 sampai urutan 25, sebagian besar skill yang paling dicari adalah skill yang berkaitan dengan bidang Teknologi Informasi.

Meskipun, jujur aja, dibandingkan di Indonesia, lahan pekerjaan untuk lulusan Ilmu Komputer lebih banyak tersedia di negara-negara maju yang sering mengadakan riset, seperti Amerika Serikat dan Jerman. Bukan berarti lahan pekerjaan tersebut nggak ada di Indonesia, sih, tetapi belum sebanyak di luar negeri aja. Soalnya, di Indonesia, nggak semua perusahaan sudah benar-benar menyadari akan pentingnya kebutuhan Teknologi Informasi.

Bagi kamu yang sudah lulus dari jurusan Teknologi Informasi tapi merasa nggak memiliki kemampuan Cloud dan Sistem Komputer Terdistribusi, jangan khawatir! Masih banyak, kok, hal yang bisa kamu explore di bidang Teknologi Informasi. Yang penting tentukan dulu, kamu ingin fokus di front-end atau di back-end, karena agak susah untuk menguasai keduanya di tengah perkembangan industri Teknologi Informasi yang sangat pesat ini.

Kalau kamu memang tertarik kuliah di jurusan Teknologi Informasi, Indonesia punya beberapa kampus yang memiliki jurusan tersebut, seperti Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Telkom, Universitas Gadjah Mada, dan banyak lainnya. Untuk lebih detilnya, yuk, ah klik ini.

(sumber gambar: capital.edu, blog.linkedin.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 14 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1