Jurusanku: Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Pamulang, Husen Maulana

Dalam seri "Jurusanku", Husen Maulana, mahasiswa Universitas Pamulang, akan menjelaskan mengenai jurusannya: Teknik Informatika. Jurusan ini lagi naik daun banget seiring dengan perkembangan dunia digital.

Husen Maulana, yang lebih akrab dipanggil Husen, adalah mahasiswa semester enam Universitas Pamulang jurusan Teknik Informatika. Penasaran sama jurusan ini? Yuk, simak cerita Husen seputar jurusannya.

Jurusanku:

“Teknik Informatika adalah salah satu jurusan yang mempelajari penerapan logika Matematika dalam pengelolaan informasi. Pengelolaan ini biasanya meliputi transformasi data atau pengolahan data simbolik dengan memanfaatkan teknologi komputer.

Gampangnya begini, di jurusan ini kita mempelajari kebutuhan akan teknologi dan informasi dan kebutuhan itu dipenuhi dengan menggunakan implementasi program komputer.”

Mata kuliah penting:

“Menurut gue, salah satu mata kuliah penting adalah Mobile Programming. Kenapa? Karena tuntutan industri saat ini lebih ke arah mobile activities dibanding instalasi jaringan.

Zaman sekarang, orang mencari apapun lewat smartphone. Banyak aktivitas dilakukan lewat smartphone-nya. Dari mulai browsing, bayar dan beli kebutuhan sehari-hari, hingga berinteraksi dengan orang lain. Mau nggak mau, mahasiswa dan mahasiswi IT kudu familiar banget sama kebutuhan ini.”

coding

Alasan kenapa memilih jurusan ini:

“Dari dulu gue merasa bahwa orang-orang IT, tuh, unik. Cara berpikir mereka logis dan menarik. Selain itu, anggapan bahwa anak-anak yang doyan komputer itu nerd dan nggak gaul terpatahkan banget pas gue masuk jurusan ini. Kita tetap bisa gaul dan melek teknologi.”

Tugas kuliah yang umum di dalam jurusan:

“Pastinya setiap minggu ada tugas coding yang harus dikerjakan. Kadang kalau nggak ada tugas coding, kita diminta merangkum kesimpulan atau menjawab sekumpulan pertanyaan dari modul-modul yang dikasih sama dosen.

Coding, tuh, apaan sih? Coding adalah sekumpulan sumber kode yang ditulis dalam satu atau lebih bahasa pemrograman (misalnya, PHP, C++, Java, Laravel dan lain sebagainya). Tujuan dari pemrograman sendiri adalah untuk menemukan urutan instruksi yang akan mengotomatisasi suatu perintah tertentu atau memecahkan masalah yang diberikan.”

Jurusan yang mirip dengan Teknik Informatika:

"Ada Sistem Informatika, kalau jurusan ini lebih dalam mempelajari tentang manajemen  dari kebutuhan teknologi dan informasi."

(Btw, gaes, Youthmanual juga pernah menulis tentang Jurusan Kuliah Ilmu Komputer dan Teknik Komputer: Perbedaan dan Prospek Kerja di Masa Depan.)

Pelajaran SMA yang membantu untuk memahami jurusan ini:

“Matematika dan Fisika”

Peluang karier jurusan ini:

“Kita tahu bahwa teknologi berkembang sangat cepat. Otomatis, kebutuhan akan pekerja IT jadi semakin tinggi. Tapi, kompetisi kerjanyapun jadi semakin banyak.  Orang-orang yang berkecimpung di bidang ini juga harus update biar ga ketinggalan zaman. Hampir semua perusahaan membutuhkan IT. Misalnya, start up, e-commerce, IT consultant, Game developer dan masih banyak lagi."

husen

Tips untuk anak muda yang ingin memilih jurusan kuliah ini:

“Sering-sering berlatih coding dan mengasah logika. Jurusan ini membutuhkan logika yang kuat untuk menyelesaikan sebuah masalah. Bahkan, semakin logis seorang mahasiswa IT, kamu bisa semakin kreatif.”

***

Tertarik sharing mengenai jurusan kuliahmu seperti ini?  Kamu bisa berbagi cerita dan pengalaman di sini.

(sumber gambar: ntnu.edu, vancitybuzz.com, Dokumentasi Pribadi)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 19 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 29 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1