Jurusanku: Teknik Geodesi Institut Teknologi Nasional (Itenas), Bintang Putra Damaryani

Gaes, apakah kamu tahu kalau ada jurusan kuliah yang namanya Teknik Geodesi? Jurusan teknik satu ini emang nggak sepopuler jurusan lainnya di bidang teknik seperti Teknik Elektro atau Teknik Perminyakan, tapi jika mengingat Indonesia sebagai negara yang sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan, lulusan jurusan Teknik Geodesi ternyata sangat diminiati dalam kondisi ini. Wah, bagaimana bisa?

Untuk menjawab rasa penasaranmu, mahasiswa Teknik Geodesi Institut Teknologi Nasional (Itenas), Bintang Putra Damaryani dengan senang hati bercerita panjang lebar mengenai jurusan kuliahnya di Rencanamu. Simak di bawah ini, yuk!

Jurusanku:

“Teknik Geodesi, di Institut Teknologi Nasional (Itenas).”

Alasan memilih kuliah di jurusan Teknik Geodesi:

“Berdasarkan dari pengalaman yang telah saya alami, kebanyakan teman saya yang masuk ke jurusan geodesi adalah karena ‘tersesat’. Saya pun mengalami hal yang serupa, hehehe.

Memilih geodesi, karena namanya yang asing, dan terdengar keren untuk saya. Meskipun belum punya gambaran yang jelas sama sekali, saya dengan yakin memutuskan untuk memilih jurusan ini. Namun, saya dan teman-teman akhirnya sepakat untuk meyakini bahwa kami sama-sama tersesat di jalan yang benar. 

Ketika awal mengenal Geodesi, saya juga sempat merasakan kebingungan. Namun, sama halnya seperti melakukan pendekatan kepada lawan jenis, mencoba terus mengenal, memahami, dan mencari tahu, hingga akhirnya jatuh cinta dan memutuskan untuk menetap.

Kesenangan saya berpetualang di alam, ternyata menjadi suatu hal yang bersinergi dengan Jurusan Geodesi. Pasalnya, sebagian besar pekerjaannya selalu dekat dengan alam dan petualangan.”

Hal yang dipelajari di jurusan Teknik Geodesi:

“Jurusan Teknik Geodesi mempelajari cara melakukan pengukuran dan merepresentasikan bumi berdasarkan ukuran, bentuk, medan gaya berat, dan parameter lainnya. Sehingga, dapat dihasilkan peta yang menggambarkan keadaan permukaan bumi tersebut.

Di jurusan ini, tentu saja akan berjumpa dengan kalkulus, fisika dasar, dan pelajaran hitungan lainnya. Kenapa hitungan? Karena Geodesi adalah tentang melakukan pengukuran. Namun, tenang saja tidak usah takut. Banyak alat-alat keren dan canggih yang memudahkan kamu untuk melakukan perhitungan dan pengukuran.”

“Modal” untuk menjadi mahasiswa jurusan Teknik Geodesi:

“Kalau mau masuk jurusan Teknik Geodesi, sebenarnya nggak jauh berbeda dengan jurusan keteknikan lainnya. Jika kamu senang mempelajari hitungan, logika matematika, dan prinsip dasar mekanika, hal itu akan sangat membantu. Sifat-sifat pendukung lainnya adalah memiliki daya ingat yang kuat serta kreativitas yang tinggi.”

Mata kuliah penting dan menarik:

“Menurut saya mata kuliah di jurusan Teknik Geodesi nggak ada yang nggak menarik. Tapi, yang paling penting diantaranya Ilmu Ukur Tanah, Hidrografi, Kerangka Kontrol Geodesi, Matematika Geodesi, Penginderaan Jarak Jauh, Geodesi Satelit, Fotogrametri, dan Sistem Informasi Geografis.”

Ujian dan tugas yang umumnya diberikan:

“Sebagaimana mestinya tugas kuliah, kuantitas dan tingkat kesulitannya tentu bervariasi. Mahasiswa akan bertemu banyak macam tugas yang menarik seperti membuat peta, modelling, dan ada pula laporan praktikum.

Sedangkan untuk ujian, satu tips yang penting adalah usahakan selalu masuk kelas, agar tidak tertinggal materi, kuis, dan lain sebagainya.”

Peluang karier lulusan jurusan Teknik Geodesi:

“Semua bidang yang berkaitan dengan pekerjaan lapangan pasti membutuhkan peta, baik itu untuk dasar atau kerangka sebuah pekerjaan atau hal lainnya. Maka dari itu, bidang yang dapat dimasuki oleh lulusan geodesi sangat luas.

Alumni Teknik Geodesi Itenas sendiri banyak yang meniti karier di perusahaan BUMN seperti Badan Informasi Geospasial, Badan Pertanahan Nasional, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan perusahaan konstruksi Wijaya Karya (Wika). Posisi yang umumnya ditempati antara lain GIS Analyst, Hydrographer, Market Strategy, Kartografer, dan Photogrammetrist.”

Menurutmu, apa khas dari jurusan Teknik Geodesi Itenas?

“Program Studi Teknik Geodesi Itenas sudah bekerjasama dengan beberapa perusahaan survei pemetaan yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Survei Pemetaan dan Informasi Geospasial (APSPIG), instansi pemerintahan seperti Badan Informasi Geospasial (BIG), LIPI, dan LAPAN, dan asosiasi profesi seperti Ikatan Surveyor Indonesia (ISI) dan Masyarakat Ahli Penginderaan Jauh Indonesia (MAPIN). Teknik Geodesi Itenas juga aktif dalam melakukan penelitian dan menghasilkan karya-karya inovatif yang berguna bagi masyarakat, seperti Rancang Bangun Geodatabase dan Sistem Informasi Kebencanaan. Keren banget, ‘kan?

Oya, kalau review dari berbagai perusahaan, sih, para engineer lulusan Teknik Geodesi Itenas termasuk engineer yang paling kompeten dalam bidangnya. Jadi, kualitas pendidikan yang akan kamu dapatkan selama berkuliah di Teknik Geodesi Itenas udah nggak diragukan lagi, deh.”

Tips untuk anak muda yang ingin berkuliah di jurusan Teknik Geodesi:

“Pastikan kamu memilih jurusan Teknik Geodesi karena itu yang menjadi minatmu. Jangan lupa juga pupuk keahlian dan kemampuan yang mendukung agar nggak kesulitan mengikuti perkuliahannya, dan rajin-rajin update informasi mengenai prospek karier jurusan ini kedepannya. Intinya, semangat dan jangan pernah menyerah jika sudah menetapkan pilihan dengan keputusan yang telah kamu buat.”

(sumber gambar: antcom.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 13 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1