Malas Berolahraga? Cek 5 Dampak Positifnya!

Untuk sebagian orang, olahraga merupakan suatu kegiatan yang sangat menyenangkan, maka dari itu, orang-orang tersebut memilih untuk berolahraga secara rutin. Namun, untuk sebagian orang lainnya, olahraga merupakan suatu hal yang melelahkan dan tidak menyenangkan. Maka dari itu, sebagian orang ini memilih untuk berdiam diri di rumah dan enggan untuk berolahraga. Nah, kalau kamu merupakan seseorang yang suka berolahraga atau malas berolahraga, nih, gaes?

Buat kamu yang masih malas berolahraga, kamu juga harus tahu, olahraga merupakan suatu kegiatan rutin yang dilakukan oleh orang-orang sukses, lho. Untuk mencapai kesuksesan pasti seseorang membutuhkan badan yang bugar, kan? Maka dari itu, orang-orang sukses biasanya menyempatkan diri untuk berolahraga sekitar lima belas menit setiap harinya.

Selain itu, kamu juga harus tahu, selain baik bagi tubuh, olahraga ini memberikan dampak baik lainnya, lho. Penasaran? Yuk, cek dampak baik berolahraga berikut ini!

1. Mengurangi stres dan depresi

mengurangi stres dan depresi

Stres dan depresi dapat memperlambat kemampuan berpikir sehingga dapat menyebabkan kamu untuk sulit berkonsentrasi dan juga sulit dalam mengambil keputusan. Nah, salah satu dampak baik dari olahraga adalah kamu dapat mengurangi tingkat stres dan juga depresi, lho.

Kenapa bisa begitu? Karena dengan berolahraga, tubuh kamu akan menghasilkan hormon endorphin. Hormon ini akan mengurasi rasa stres dan depresi, menimbulkan rasa senang dan juga bahagia. Selain itu, dengan berolahraga dapat meningkatkan konsentrasi otak, sehingga, kamu pasti akan lebih mudah dalam mempelajari suatu hal.

2. Mengurangi berat badan

Buat kamu yang sedang ingin mengurangi berat badan, kamu nggak perlu tersiksa di setiap harinya karena kamu harus mengurangi asupan makanan. Kamu bisa, kok, makan dengan porsi normal namun harus dibarengi dengan olahraga yang teratur, ya!

Kenapa, sih, dengan olahraga, kok, bisa dapat mengurangi berat badan? Karena, ketika kamu makan, zat-zat makanan yang masuk ke dalam tubuhmu diolah menjadi energi. Ketika kamu nggak menggunakan energi tersebut, nantinya energi tersebut diolah kembali oleh tubuh menjadi lemak atau hormon lainnya. Kalau lemak atau hormon lainnya yang kamu miliki berlebihan, hal ini akan mengacu kepada penyakit lainnya dan juga obesitas. Nah, maka dari itu, kalau kamu berolahraga dengan cukup, pasti kamu akan memiliki tubuh yang ideal.

3. Mencegah berbagai penyakit

tetap sehat

Yap, apapun yang kamu makan, bisa menyebabkan penyakit jika kamu tidak berolahraga. Misalnya, nih, makanan pokok kita adalah nasi. Sebagian besar masyarakat Indonesia lebih memilih nasi putih dibandingkan nasi merah. Dan kamu tahu? Nasih putih lebih banyak memiliki karbohidrat dibandingkan nasi merah.

Karbohidrat yang kita makan akan diubah oleh tubuh menjadi glukosa atau gula darah. Glukosa ini merupakan bahan bakar bagi tubuh dan juga otak kita. Agar glukosa diserap oleh sel maka harus dibarengi dengan hormon insulin. Tapi masalahnya, banyak orang yang memiliki sel yang resisten terhadap insulin. Akhirnya, timbullah penyakit diabetes tipe dua.

Dengan berolahraga, akan membuat sel pada tubuhmu menjadi lebih sensitif terhadap insulin. Bahkan, sensifitas terhadap insulin akan bertambah sehingga dapat membangu menstabilkan gula darah selama kurang lebih 16 jam setelah kita berolahraga.

4. Meningkatkan fungsi eksekutif otak

Fungsi eksekutif otak adalah suatu fungsi dimana otak kita bisa menyelesaikan suatu permasalahan yang complicated, mengatur dan berpikir secara abstrak dan merencanakan masa depan. Selain itu, fungsi eksekutif ini juga berpengaruh ketika kita menghafal nomer telepon. Kalau selama ini kamu kesulitan untuk mengingat nomer telepon, coba, deh berolahraga dengan rutin.

Hal ini sudah diteliti tentang kebenarannya, lho. Para peneliti meneliti orang-orang dengan umur 55 tahun hingga 80 tahun dan faktanya, mereka yang berolahraga rutin lebih baik empat kali lipat dalam mengisi tes kognitif dibandingkan mereka yang nggak berolahraga.

5. Memperpanjang umur

menambah umur

Yak, seperti yang kita tahu, olahraga akan memberikanmu banyak dampak positif mulai dari segi fisik yang sehat hingga mental yang sehat. Nah, kalau tubuh dan pikiran kita sehat, pasti, akan memberikan dampak yaitu umur yang panjang.

Menurut penelitian di Finlandia yang dilakukan selama 20 tahun, ditemukan fakta bahwa mereka yang sering berolahraga, senantiasa lebih sehat dan terhindar dari penyakit-penyakit yang mematikan.

***

Nah, dari kelima manfaat baik tersebut, apakah kamu masih malas untuk berolahraga, gaes? Meskipun kamu merasa sangat malas untuk berolahraga, kamu tetap harus berolahraga dengan rutin dan teratur, ya, agar kamu memiliki tubuh yang sehat. Semangat!

Baca juga:

(Sumber gambar: techno.id, hellosehat.com, tribunnews.com, diaryofamadmind.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1