Menu

Suka Olahraga Tapi Nggak Mau Jadi Atlet? Coba Pilih Jurusan Ini, Deh!

Mungkin ada kalanya kamu kepikiran untuk meniti karier di bidang olahraga gara-gara kecintaan kamu terhadap salah satu olahraga tertentu. Harapannya, sih, bisa terus ngikutin perkembangan cabang olahraga tersebut, syukur-syukur bisa hang out bareng atletnya yang kece.

Masalahnya, kamu nggak jago-jago amat kalau disuruh melakukan aktivitas fisik. Naik tangga sekolahan aja kadang suka ngos-ngosan. Gimana ceritanya kalau punya cita-cita berkarier di dunia olahraga?

Tenang, gaes. Profesi yang bisa kamu pilih dalam bidang olahraga nggak cuma sebatas menjadi Atlet aja, kok. Dunia olahraga nggak cuma soal pemainan dan perlombaan, tapi juga banyak hal-hal yang menyangkut dengan kesehatan, hiburan, bahkan bisnis.

Kalau emang olahraga udah menjadi passion kamu, kamu bisa banget mempertimbangkan jurusan-jurusan kuliah dengan prospek karier yang menjanjikan dalam bidang tersebut seperti dibawah ini.

1. Ilmu Keolahragaan‍ 

1

Prospek karier: Pelatih dan Pemandu Olahraga‍ 

Selain memberikan instruksi dan melatih para atlet mengenai metode dan teknik dalam olahraga di lapangan, pelatih olahraga juga harus care dengan atlet atau timnya luar dalam, lho. Seorang pelatih dan pemandu olahraga yang baik juga dapat menilai atlet yang potensial untuk direkrut, serta mengembangkan teknik mereka dalam rangka persiapan kompetisi. Tentunya cabang olahraga yang harus kamu pilih harus spesifik, ya!

2. Ilmu Kedokteran‍ 

Prospek karier: Dokter Pengobatan Olahraga‍ 

Karena para atlet melakukan aktivitas fisik yang ekstra dalam menjalankan profesinya, tentunya peran pakar kesehatan yang mengerti betul seluk beluk olahraga sangat dibutuhkan. Nggak cuma untuk mengobati jika terjadi cedera, dokter pengobatan olahraga juga harus bisa memastikan bahwa atlet tetap memiliki kondisi yang prima dan mencegah cedera yang bisa saja terjadi terkait dengan kegiatan olahraga, pelatihan atletik, dan kegiatan fisik lainnya.

3. Fisioterapi‍ 

Prospek karier: Terapis Fisik‍ 

Sama seperti dokter pengobatan olahraga, seorang fisioterapis juga memegang peran penting dalam dunia olahraga, lho. Aktivitas fisik yang keras membuat para atlet membutuhkan terapis fisik untuk memonitori kinerja otot agar mereka nggak sampai memforsir kemampuan mereka. Trus, fisioterapis juga dibutuhkan dalam proses rehabilitasi fisik bagi atlet yang mengalami cedera, baik dari segi fisik maupun mental.

4. Jurnalistik‍ 

4

Prospek karier: Jurnalis olahraga, Reporter olahraga

Pernah punya mimpi kerja di perusahaan media terkenal untuk meliput acara olahraga yang kamu gemari? Nah, jurusan ini kayaknya tepat banget untuk kamu. Media coverage untuk bidang olahraga akan sangat dibutuhkan dalam berbagai event olahraga yang nggak bakal ada habisnya, yang bikin individu dengan passion besar di bidang jurnalistik dan olahraga seperti kamu bakal banyak dicari!

5. Fotografi‍ 

Prospek karier: Fotografer‍ olahraga profesional

Jadi fotografer olahraga profesional itu nggak sembarang bisa cekrek-cekrek aestethic aja, lho, gaes. Seorang fotografer olahraga profesional harus mampu mendokumentasikan event-event keolahraagan yang krusial dengan teknik tertentu agar dapat disampaikan kepada khalayak. Karena momen dalam suatu event olahraga haruslah faktual, pastinya nggak boleh sampai direkayasa apalagi direka ulang. Emangya foto pre-wedding? Hihihi.

6. Ilmu Gizi‍ 

Prospek karier: Ahli Diet dan Nutrisi

Pola makan seorang atlet, tuh, nggak sama dengan pola makan kita-kita, lho, gaes. Mereka punya pola makan dan program diet tersendiri agar tetap bisa menjaga kondisi fisik dan mental yang fit untuk dapat berkompetisi. Belum lagi beda cabang olahraga, beda pula kriteria tubuh proporsional yang harus dimiliki para atletnya. Nutrisionis kudu bisa membantu, nih!

7. Hubungan Masyarakat‍ 

7

Prospek karier: Kordinator acara olahraga, Spesialis Hubungan Masyarakat‍ 

Berhubung event olahraga merupakan hiburan yang dapat dinikmati oleh kita semua, pastinya tenaga humas sangat diperlukan dalam bidang ini, dong, ya. Humas sangat diperlukan untuk menjaga hubungan baik antara atlet atau tim dengan penggemar, sponsor, serta mata media. Selain itu, humas juga berperan penting untuk “melancarkan” event olahraga yang akan diselenggarakan di suatu tempat.

8. Manajemen Bisnis‍ 

Prospek karier: Manajer Tim, Manajer Komersil (sponsorship)

Siapa bilang bidang olahraga nggak butuh tenaga manajemen? Industri olahraga aslinya lebih kompleks dari yang kamu bayangkan, lho. Kamu bisa aja memilih jurusan ini dan memilih untuk berkarier di agensi olahraga untuk menjadi manajer atlet atau tim. Atau, bisa juga kamu merambah ke bidang komersil seperti sponsorship atau legal. Keren!

(sumber gambar: marjon.ac.uk, infinityconcepts.net, cdn.com, blogspot.com)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 3 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©