3 SMA Top: SMAN 3 Bandung, SMAN 3 Jakarta, SMAN 3 Semarang dan Trivia Serunya

Tiga sekolah ini menyandang nama yang sama, SMAN 3. Walau berbeda kota, ketiganya punya persamaan, yaitu sama-sama ngetop, muridnya terkenal kece-kece (jieeee) dan memiliki ekskul dan event seru. Yuk cek, ada apa saja di SMAN 3 Bandung, SMAN 3 Jakarta, dan SMAN 3 Semarang.

SMAN 3 Bandung

* Gedungnya yang kokoh merupakan gedung bersejarah yang dibangun Belanda tahun 1916.

* Berada di lokasi yang sama (masih satu area gedung) dengan SMAN 5 Bandung. Inilah, contoh 2 sekolah yang berdekatan (banget!), tapi bisa tuh, tetap harmonis.

* Malah akhirnya banyak terjadi cinlok antara anak SMAN 3 dan SMAN 5. Salah satu bukti nyatanya adalah pasangan alumni Pak Wali Ridwan Kamil (alumni SMAN 3 Bandung) dan Bu Wali Athalia (alumni SMAN 5 Bandung). Ejiyeeeeeeh!

* SMAN 3 baru menggelar Megantara, rangkaian festival dan pensi yang bertemakan budaya nusantara pada 10 September lalu. Kegiatannya antara lain, festival kuliner Indonesia, permainan tradisional, parade busana berbagai daerah, atraksi seni nusantara, dan ditutup pensi yang menggabungkan antara seni tradisional Indonesia dan budaya pop, dengan bintang tamu RAN dan The Changcuters.

sman 3 bandung pensi

* Sekolah yang memiliki motto Knowledge is Power but Character is More ini punya banyak ekskul seru, antara lain SSR (Sanggar Seni Rupa), MP 3 (Movie Production SMAN 3), MK 3 (Musik Klasik SMAN 3), dan KPA 3 (Keluarga Paduan Angklung SMAN 3) yang sudah tampil hingga ke mancanegara.

SMAN 3 Jakarta

* Di tahun  1953, SMAN 3 Jakarta menjadi sekolah percontohan untuk SMA lainnya di Indonesia, makanya nama sekolah juga dikenal dengan sebutan SMA Teladan.

* Dari dulu, Teladan sudah terkenal karena prestasi olahraganya, terutama olahraga basket.  Di antaranya, menjadi pemenang pertama kejuaraan bergengsi DBL 2016, baik tim Putra maupun tim Putri. Trus MVP-nya juga dari SMAN 3, yaitu Adrian Yusuf Atmadiredja dan Valerie Crishanti Fradela. Woohoo!

sman 3 jakarta basket

*SMAN 3 Jakarta juga terkenal sebagai gudangnya alumni beken, mulai dari pejabat hingga entertainer, seperti Gita Wirjawan, Rahmat Gobel, Nila Moeloek, Addie MS, Raffi Ahmad, Krisdayanti, dan lainnya.

* ANTTIC (Anak Teladan Tiga Cup) adalah acara besar tahunan SMAN 3 Jakarta. Di situ, digelar kompetisi antar sekolah dan ditutup dengan gelaran pensi megah. Namun karena pertimbangan bahwa kegiatan ini akan menyita banyak dana serta waktu siswa—terutama kelas 12— acara ini nggak digelar lagi sejak 2015.

* Banyak ekskul yang unik di SMAN 3 yang langka ditemukan di sekolah lainnya, seperti tinju, DJ, Capoeira, dan Deustch Club.

SMAN 3 Semarang

* SMAN 3 Semarang (Smaga) termasuk SMA unggulan di Jawa Tengah. Siswanya merupakan langganan juara Olimpiade Sains Nasional dan internasional lho.

* SMAN 3 Semarang sudah berdiri dari tahun 1877, dan dulu merupakan sekolah yang dikelola belanda. SMA ini dikenal juga dengan julukan Ganesha.

*Murid SMAN 3 Semarang bisa ikutan ekskul yang keren dan canggih, seperti Ganesha Business ClubInformatic Olympiad Team, Forum Diskusi Ilmiah dan lainnya.

* Pensaga (Pentas Seni dan Aksi SMAN 3) merupakan ajang kebanggaan SMAN 3 Semarang untuk merayakan ulang tahunnya. Tahun lalu, ,mereka mengundang Nidji, The Changcuters, dan The Overtune di puncak acara. Kini, persiapan Pensaga 2016 sedang berjalan.

pensaga sman 3 semarang

*SMAN 3 Semarang juga punya banyak alumni top yang menjadi pengusaha dan tokoh beken, seperti Ibu Sri Mulyani dan Menteri Luar Negeri Ibu Retno Marsudi.

(sumber gambar: sman3bdg.sch.id, SMAN 3 Bandung via provoke-online.com, dblindonesi.com, Twitter @whatsupsmaga)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 4 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1