8 Penyebab Sakit Kepala yang Paling Umum

Suka heran nggak, sih, kenapa sakit kepala kamu sering kambuh, padahal kamu nggak merasa punya penyakit kronis?

Sebelum kamu parno, kamu perlu tahu kalau ada ratusan jenis sakit kepala yang secara garis besar dibagi dalam 2 tipe, yaitu sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder.

Nah, sakit kepala yang kita bahas disini adalah sakit kepala primer, yang penyebabnya bukanlah penyakit lain, tapi kegiatan yang kamu lakukan atau kondisi lingkungan.

Jadi apa aja, sih, hal paling umum—bahkan sepele—yang bisa menyebabkan sakit kepala?

1. Terlalu kelelahan

kelelahan

Working hard is okay, tapi jangan terlalu memaksakan diri, ya, gaes! Nggak baik, lho, kalau kamu terlalu memforsir kerja otak dan tubuh kamu, karena bisa-bisa kamu nggak sengaja menyebabkan pembengkakan pembuluh darah di dahi, kepala atau leher dan bikin kepala kamu nyut-nyutan.

2. Bising/intensitas cahaya yang tinggi/bau menyengat

Ketika sensor yang ada di panca indera kamu menerima terlalu banyak stimulus, mereka nggak akan bekerja secara optimal dan bisa “menyentil” otak kamu. Makanya, kadang kamu bisa mendadak pusing ketika mendengar suara yang terlalu keras, melihat cahaya yang bikin silau, atau mencium bebauan yang, ehm, nggak santai.

3. Kurang/kebanyakan tidur

ngantuk

Satu lagi alasan untuk kamu para mahasiswa dan pelajar sibuk agar menghindari begadang! Tidur cukup adalah kunci penting kebugaran tubuh, karena selama tidur, tubuh kamu melakukan penyesuaian dan restorasi energi. Ketika proses penyesuaian dan restorasi energi ini terganggu, sakit kepala bisa timbul.

Kebanyakan tidur pun nggak baik, sob! Karena kinerja otak kamu jadi bisa terganggu, sehingga memicu sakit kepala juga.

4. Telat makan

Selain kurang tidur, jadwal makan yang berantakan juga bisa menyebabkan sakit kepala. Soalnya ketika kadar gula dan air dalam tubuh kamu menurun drastis, otak kamu nggak akan mendapatkan asupan energi dan oksigen yang cukup. Ujung-ujungnya, kamu lebih gampang pusing.

5. Suhu ekstrim

suhu ekstrim

Cuaca atau hawa yang terlalu panas maupun terlalu dingin lumayan sering jadi pemicu sakit kepala. lho. Banyak ilmuwan meyakini bahwa hal ini berkaitan dengan pembuluh darah yang mengembang/menyempit dalam tekanan udara tertentu.

6. Makanan

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang melepaskan sesuatu yang disebut neurotransmitter ketika dikonsumsi. Nah, neurotransmitter ini bisa jadi pemicu sakit kepala. Tapi tenang, nggak semua makanan dan minuman bisa jadi pemicu, kok. Beberapa diantaranya adalah pemanis buatan, minuman bersoda atau beralkohol, cokelat, kafein, dan keju.

7. Mengenakan sesuatu yang terlalu erat di sekitar kepala

pakai headphone

Sakit kepala bisa timbul oleh tekanan dari eksternal, ketika kamu mengenakan bandana, kerudung, karet rambut, topi, atau apapun dengan terlalu erat *brb longgarin headphones*

8. Stres

Nggak heran, lah, ya, kalau stres adalah pemicu utama sakit kepala bagi sekian banyak umat manusia. Kalau udah stres, bikin sakit kepala, trus jadi senggol bacok. Serem!

Terkadang yang perlu kamu lakukan hanyalah jangan terlalu memaksa otak untuk selalu on. Take a breath, relax, and go somewhere quiet alone. Dijamin bebas stres dan sakit kepala, deh!

(sumber gambar: imgflip.com, alluremedia.com, rappler.com, glamour.com, blogworld.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 28 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1