Di Masa Depan, Penyakit dan Bahaya Kesehatan Ini Bisa Mengancam Hidup Kamu, Lho!

Tahukah kamu bahwa populasi bumi setiap tahunnya meningkat sebanyak 70 juta jiwa? 

Whew. Banyak banget ya. 

Bumi yang umurnya udah nggak muda lagi, harus menanggung beban yang makin lama  semakin berat. Makanya itu, nggak heran juga kalau makin lama penyakit dan bahaya kesehatan yang timbul jadi makin serius dan mengerikan. 

Hmm, kira-kira apa aja sih potensi bahaya kesehatan yang akan terjadi di masa depan akibat overpopulasi bumi?

1. Penyakit Chagas

Penyakit ini pernah menginfeksi 8-11 juta warga Amerika, dan membunuh sekitar 150.000 jiwa per tahun di seluruh dunia. Penyakit yang disebabkan oleh parasite Trypanosoma cruzi ini dibawa oleh serangga triatomine. Proses penularannya bisa melalui gigitan langsung, atau melalui makanan yang terkontaminasi oleh serangga tersebut.

Dalam tahap kronisnya, penyakit ini dapat mengakibatkan kegagalan jantung dan organ-organ pencernaan, llho, gaes. Hiiy, serem juga.

Tapi, untungnya, penyakit ini masih bisa disembuhkan jika penderita buru-buru mendapatkan perawatan yang sesuai segera setelah mereka tahu bahwa mereka terinfeksi. Upaya pencegahan pun bisa dilakukan dengan mematikan serangga pembawanya dengan insektisida dan menjaga kebersihan lingkungan.

2. Radiasi Nuklir 

Gaes, tahu nggak kalau 75% reaktor nuklir di Amerika Serikat mengalami kebocoran yang menyebabkan zat hidrogen radioaktif (tritium) bocor dan mencemari sumber air sekitar? Kebocoran ini menyebabkan beberapa sumber air terpapar radiasi dalam jumlah yang dinyatakan nggak aman oleh standar nasional Amerika.

Ini bisa jadi bahaya yang serius, lho, karena kontaminasi zat radioaktif dapat membahayakan bagi kesehatan  dan menimbulkan berbagai macam penyakit yang bisa berujung pada kematian. Makanya, regulasi yang ketat mengenai keamanan reaktor nuklir pun diperlukan nih agar hal-hal mengerikan terkait kecelakaan dan radiasi nggak terjadi di masa depan nantinya.

3. Penyakit Menahun

Quick facts: Penderita diabetes di seluruh dunia mencapai angka 442 juta jiwa; Penderita obesitas mencapai angka 641 juta jiwa; Alzheimer menyerang 46 juta jiwa; dan penderita tekanan darah tinggi mencapai 1 miliar jiwa. 

This numbers should’ve told you something, right?

Penyakit-penyakit menahun ini menjadi salahsatu ancaman paling serius bagi kesehatan umat manusia di masa depan. Pola hidup yang nggak sehat menjadi penyebab utama dari penyakit-penyakit tersebut, meskipun nggak dipungkiri juga ada faktor lain yang berpengaruh misalkan genetik dan faktor lingkungan.

Nah, pencegahan dari ancaman kesehatan ini bisa jadi yang paling mudah. Mulai hidup sehat; kurangi makan-makanan tinggi pengawet dan penyedap rasa buatan, perbanyak olahraga, dan minum air putih. Lakukan ini secara rutin mulai dari sekarang and you’ll thank yourself later in life.

4. Bencana Alam

Diperkirakan ada 2.000 kematian di dunia setiap tahunnya yang diakibatkan oleh gelombang panas.

Bener, gaes, suhu bumi kita ini memang mengalami peningkatan yang cukup drastis dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan ilmuwan memperkirakan kalau kita nggak bisa menekan laju peningkatan suhu ini hingga 60% dalam satu dekade ke depan, sebuah bencana lingkungan besar-besaran akan terjadi dan membunuh lebih banyak lagi umat manusia.

Maka itu, mulai dari sekarang yuk kita sama-sama menjaga lingkungan. Nggak susah kok, hal-hal kecil kayak nggak membuang sampah sembarangan, mengurangi konsumsi  plastik, dan menanam lebih banyak pohon bakal berguna banget untuk anak cucu kita di masa depan.

4. Cyber-warfare

Yup, kalian nggak salah baca. Peperangan siber bisa jadi ancaman serius terhadap kehidupan umat manusia. 

Tahu nggak kalau pengeluaran dunia untuk sektor keamanan jaringan cyber dan data mencapai 10 milyar dollar Amerika pada tahun 2016. Wah, kenapa bisa sampai sebanyak itu ya?

Jawabannya adalah, karena informasi yang terkandung dalam jaringan tersebut. Jaringan cyber di sini tuh nggak cuma perkara Google, Facebook, Instagram, dan kawan-kawannya lho, gaes! Banyak informasi rahasia berbagai negara di dunia yang penting dan berbahaya bisa diretas melalui internet kalau nggak ada system pertahanan khusus yang dapat melindunginya. Bayangin, kalau yang diretas itu kode peluncuran senjata nuklir atau sistem radar pesawat tempur—apa nggak kelar nih hidup kita-kita?

Eits, kamu kira itu cuma ada di film-film Mission Impossible? Jangan salah. Pada September 2007 silam, Suriah harus mengalami kerugian besar akibat mereka gagal mendeteksi datangnya pesawat tempur F15s dan F6s yang membom salahsatu reactor nuklir mereka. Selain itu, masalah yang sama juga pernah dihadapi oleh Iran yang system reactor nuklirnya diserang oleh virus Stuxnet worm buatan Amerika dan Israel.

Ngeri banget ya, gaes?

Baca juga:

(sumber gambar: vice.com, carleton.ca)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
vegas4D | 15 hari yang lalu

Raih Kemenangan Besar di Vegas4D. daftar vegas4d vegas 4d https://vegas4d.xyz/ https://vegas4d.store/

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
syakila putri | 2 bulan yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 2 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 3 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 4 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1