Menu

Infografik: Inilah yang Akan Terjadi di Masa Depan Jika Suhu Bumi Naik Hingga 6 Derajat Celsius

Kita semua tahu bahwa saat ini bumi tengah mengalami fase global warming yang berkepanjangan. Jika kondisi ini terus dibiarkan, akan terjadi hal yang mengerikan. Para ilmuwan pun memberikan gambaran skenario yang mungkin kita alami, kalau suhu bumi naik tiap 1 derajat Celcius, hingga 6 derajat Celsius

Satu Derajat Celsius

* Bumi akan mengalami musim panas dengan suhu yang sangat ekstrem—setara dengan suhu di gurun Sahara.

* Ratusan orang diperkirakan akan tewas akibat gelombang panas yang tidak tertahankan.

* Lahan-lahan pertanian dan hutan hancur terbakar.

* Air tawar mulai mengering dari sepertiga permukaan tanah dunia.

Sayangnya, dengan kondisi Bumi sekarang, kemungkinan untuk menghindari kenaikan suhu sebesar 1 derajat Celsius ini udah impossible untuk dilakukan, sob… Kita terpaksa harus menerima nasib deh untuk yang satu ini. Huft.

Dua Derajat Celsius

penyebab global warming

* Es di kutub akan meleleh, dan akan hilang seluruhnya dalam 140 tahun.

* Permukaan laut mengalami kenaikan drastis menyebabkan kota-kota dunia seperti Miami, Manhattan, dan London terendam, bahkan tenggelam sepenuhnya di dalam air.

* Sebagian besar area di Bangkok, Bombay, dan Shanghai juga turut tergenang air laut; ini memaksa sebagian umat manusia untuk bermigrasi ke dataran yang lebih tinggi.

* Biota laut yang berharga dan ragam spesies lainnya akan menghadapi kepunahan.

Terdengar menyeramkan? Tenang, kondisi ini bisa kok kita cegah kok jika dalam 10 tahun ke depan kita bisa mengurangi emisi gas rumah kaca sampai 60 persen dari emisi yang ada saat ini.

Tiga Derajat Celsius

akibat  global warming

* Stok bahan pangan mengalami penurunan signifikan, dan nggak mungkin lagi untuk diperbaiki. Jutaan orang pun harus menghadapi ancaman kelaparan besar-besaran.

* Air laut mulai mencemari sungai dan meracuni air tanah, suhu yang panas mempercepat penguapan hingga membuat vegetasi, tanah, dan waduk-waduk penampungan air mengering.

* Tanah mengeluarkan zat karbon hasil proses pengeringan dan pembusukan vegetasi yang tersimpan di dalamnya, dan memulai siklus karbon di atmosfir.

* 80 persen dari es yang ada di Arktik sudah meleleh dan mempengaruhi naiknya permukaan laut; temperatur lautan yang menghangat menghasilkan bencana angin topan yang dahsyat

Tahap kenaikan suhu ini akan sangat sulit dihindari kalau kita nggak berhasil mencegah tahap kenaikan suhu yang sebelumnya. Apalagi, kalau siklus karbon di atmosfir tadi sudah dimulai… Asli, ngeri abis bayanginnya!

Empat Derajat Celsius

penyebab global warming

* Lapisan es kutub yang meleleh dengan cepat menyebabkan kenaikan permukaan air laut hingga 50 meter.

* Musim panas menjadi lebih panjang dan merusak hutan-hutan. Suhu di kota-kota besar naik hingga 45 derajat Celsius.

* Produksi agrikultur di negara-negara seperti Cina menurun drastis. Kelaparan merajalela.

* Lapisan es Arktik yang meleleh akan melepaskan 500 miliar ton zat karbon ke udara.

Hal ini udah hampir nggak mungkin dihindari jika kenaikan suhu mencapai 3 derajat dan menyebabkan pelelehan lapisan es besar-besaran.

Lima Derajat Celsius

* Lapisan es sudah benar-benar menghilang dari kutub utara maupun selatan, hutan hujan berubah jadi gurun, dan daratan tengah benua terendam air laut.

* Gas metan yang terperangkap ke udara menyebabkan suhu bumi meningkat hingga hampir mendekati masa-masa ketika zaman Eocene 55 juta tahun yang lalu.

* Hancurnya sistem sosial, politik, dan perekonomian karena sudah tidak ada lagi yang bisa dibeli dan dijual.

* Peperangan besar terjadi karena umat manusia memperebutkan sumber daya yang sudah sangat terbatas.

Sama seperti fase sebelumnya, kenaikan suhu 5 derajat ini sudah nggak mungkin dihindari jika gas metan telah dilepaskan ke atmosfir. Tinggal tunggu waktu aja deh kalau udah begini...

Enam Derajat Celsius

* 251 juta tahun yang lalu, suhu bumi pernah naik hingga 6 derajat Celsius dan hal ini menyebabkan kepunahan pada 95 persen spesies makhluk hidup di muka bumi. Periode ini dinamakan Periode Permian.

* Ada kemungkinan periode ini terjadi lagi dan bumi akan kembali menjadi planet kosong yang tidak layak dihuni oleh makhluk hidup.

* Temperatur air laut yang hangat menyulitkan kehidupan biota laut di dalamnya—mulai dari hiu hingga plankton pun musnah secara perlahan.

* Satu-satunya makhluk hidup yang dapat selamat dari bencana ini adalah fungi.

***

Whew… ngeri ya, sob! Nggak ada pilihan lain, kita harus bertindak untuk mencegah global warming menjadi lebih parah. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, seperti mengurangi penggunaan energi fosil dengan nggak boros BBM, mendaur ulang sampah, dan menghemat energi lainnya seperti listrik dan gas. Let’s love our planet Earth!

Baca juga:

(sumber gambar dan infografik: Futurism.com)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©