Hati-hati, 6 Kebiasaan Ini Bikin Wajahmu Terlihat Lebih Tua Lho!

Apakah kamu termasuk orang yang sering tiba-tiba disapa dengan sapaan “Pak” atau “Bu” oleh orang nggak dikenal, padahal kamunya baru aja masuk kuliah? Haduuuh… Hati pasti rasanya ancur, deh, kalau ada orang yang menyangka kamu jauh lebih tua dari umur kamu yang sebenernya.

Ternyata memang ada beberapa kebiasaan yang bisa bikin wajah terlihat jauh lebih tua. Padahal kebiasaan-kebiasaan tersebut kayaknya “sepele” dan dekat dengan kehidupan anak muda, lho! Apa aja tuh?

1. Nggak melindungi kulit dari sinar matahari

Kamu hobi panas-panasan di bawah terik matahari, gara-gara punya segudang aktivitas di luar rumah? Hmm, mending pikirin lagi, deh, gimana caranya agar kulit kamu tetap terlindungi. Pasalnya, paparan sinar matahari bisa bikin kulit (yang nggak terlindungi) cepat keriput dan wajah keliatan tua, terutama sinar matahari antara jam 10 pagi sampe jam 3 sore.

So, kalau kamu memang harus beraktivitas di bawah sinar matahari pada jam-jam tersebut. pastikan kamu memakai tabir surya alias sunblock yang SPF-nya cukup. Lebih baik lagi kalau kamu pakai topi, kacamata hitam, atau masker, agar kulit wajah kamu seenggaknya terlindung sebagian.

2. Kurang tidur

Anak muda memang rentan banget begadang. Entah karena tugas yang menumpuk dan nggak sempet dikerjakan di siang hari, sehingga harus dikebut semalaman, atau sekedar karena mau nonton siaran bola tim kesayangan.
Sebenarnya wajar, sih, kalau kamu sering begadang, asal jangan keseringan, gaes!

Youthmanual pernah menulis bahaya-bahaya begadang di sini, dan salah satu bahaya yang belum dijabarkan di artikel tersebut adalah keseringan begadang bisa bikin kulit wajah terlihat kusam, sehingga lama-lama wajah kamu akan keliatan lebih tua dari umur kamu yang sebenernya. Duh, nggak mau kan?

3. Merokok

Kamu termasuk satu dari sekian banyak anak muda zaman sekarang yang hobi ngerokok? Yaelah, masih aja, sob? Soal bahaya rokok, kamu pasti sebenarnya udah tahu juga, ya (tapi pura-pura nggak tahu, hihihi). Mulai dari memicu resiko kanker sampai gangguan pernapasan.

Nah, untuk kulit, efek merokok adalah membuat kelopak mata melemah dan menimbulkan kerutan di bagian leher, mulut, dan sekitarnya. Hal ini terjadi karena rokok bisa mengurangi jumlah oksigen pada kulit, menghambat sirkulasi darah, serta memecah protein kulit. Apalagi saat merokok, bentuk mulut kita ‘kan mengerut. Hasilnya, wajah—terutama mulut—jadi keriput, deh!

4. Jarang minum air putih

Ternyata, kalau badan kamu dehidrasi akibat kekurangan air putih, kulit juga bakal ikut “stres”. Dalam jangka waktu lama, “stres” ini akan membuat kulit jadi penuaan dini. Oh, no! Makanya, sesibuk apapun kamu, jangan lupa selalu banyak minum air putih ya, gaes.  Ingat, air putih, bukan teh, kopi, jus, minuman manis, apalagi minuman soda.

5. Minum pakai sedotan

Lho, apa salahnya minum pakai sedotan? Ternyata menurut penelitian dr. Janet Prystowsky, seorang dokter kulit dari New York, minum pakai sedotan terus-menerus dalam jangka panjang akan menyebabkan kerutan semi-permanen di bagian mulut dan pipi. Soalnya kolagen di kulit bakal pecah, lantaran bentuk mulut kita yang mengerut saat minum pakai sedotan.

6. Gampang stres

Elissa S. Epel, PhD, profesor psikiatri dari University of California di San Francisco, Amerika Serikat, membuktikan bahwa stres ternyata berhubungan dengan penuaan dini. Beliau mengungkapkan bahwa stres bisa melemahkan kekebalan tubuh, sehingga badan gampang terkena berbagai penyakit, kulit cepat keriput, sehingga dan wajah tampak menua.

Jadi buat kamu yang suka stres mikirin ini itu, jangan ribet berlebihan ya! Selow aja, gaes. Masa muda memang menantang dan cukup mencekam, tapi nggak ada masalah yang nggak bisa diselesaikan, kok! Daripada cepat tua? ;)

(sumber foto: tips-unik-kesehatan.blogspot.com, suararakyatindonesia.net, brilio.net)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 26 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1