Ternyata, Kecerdasan Manusia Jenisnya Ada Sembilan!

Saya percaya di dunia ini nggak ada orang yang bodoh.

Semua orang, tuh, pasti memiliki minat dan bakat dalam suatu hal. Bakat itu juga nggak terbatas pada aspek kecerdasan otak atau emosional. Dan hal tersebut pastinya nggak bisa dinilai dari satu sudut pandang aja!

And thanks to the world’s most prominent point of view, persepsi masyarakat terhadap kecerdasan pun semakin sempit dan tidak relevan. Hanya satu atau dua jenis kecerdasan yang dianggap berharga, dan yang lainnya dicuekin—bahkan dianggap nggak berguna. Kaco banget, nggak, tuh?

Untungnya, Ilmuwan dan psikolog ahli Howard Gardener sepemikiran dengan saya (kebalik, keleus!). Kecerdasan manusia nggak hanya bisa diukur dari kemampuan otaknya saja. Aslinya, kecerdasan manusia itu bisa dikelompokkan dalam sembilan tipe.

Menurut beliau, nggak ada manusia yang nggak pinter, karena kita semua dapat memahami dunia dalam berbagai perspektif sesuai dengan tipe kecerdasan yang kita miliki. Dan ternyata bukan nggak mungkin kalau satu orang bisa memiliki lebih dari satu jenis kecerdasan, lho!

9 tipe kecerdasan9 tipe kecerdasan manusia

Dari kesembilan kecerdasan yang dikemukakan dalam teori ini, kira-kira kecerdasan yang kamu punya ada di tipe yang mana aja, nih?

1. Logical-mathematical (cerdas logika)

Cerdas logika berarti kamu memiliki kemampuan yang baik dalam mengolah angka serta memproporsikan hasil perhitungan dalam bentuk sebab-akibat. Kamu dapat menganalisa suatu permasalahan abstrak dengan cepat dan berpola pikir deduktif. Kecerdasan tipe ini biasanya dikembangkan dalam bidang matematika serta penelitian yang mendalam seperti ahli riset ataupun penyelidikan legal.

Kalau kamu punya kecerdasan tipe ini, umumnya kamu memiliki minat yang besar pada permainan yang melibatkan strategi, senang bermain dengan angka, atau melakukan eksperimen ilmiah.

2. Naturalist (cerdas alam)

Cerdas alam berarti kamu nggak hanya peka terhadap aspek kehidupan (binatang dan tumbuhan) aja, tetapi juga aspek statis yang ada dalam ekosistem. Kamu sangat memperhatikan aktivitas-aktivitas manusia ketika berinteraksi dengan alam, baik dalam memanfaatkan sumber dayanya maupun akibat yang ditimbulkan dalam aktivitas tersebut pada lingkungan sekitarnya.

Kalau kamu punya kecerdasan tipe ini, umumnya kamu memiliki minat yang besar pada ilmu alam baik yang berhubungan dengan makhuk hidup ataupun benda mati, serta senang berada di alam terbuka.

3. Musical (cerdas musik)

musical

Cerdas musik pastinya menitikberatkan pada kapisitas kamu yang oke dalam mengenali nada, ritme, getaran, dan sifat yang dimiliki oleh bunyi-bunyian tertentu. Kamu nggak menemukan kesulitan untuk mengidentifikasi, mengaransemen, mendaur-ulang, serta merefleksikan emosi dan perasaan ke dalam musik ataupun sebaliknya. Kamu juga lebih peka terhadap suara-suara di sekitar kamu dibanding orang lain.

Kalau kamu punya kecerdasan tipe ini, umumnya kamu memiliki minat yang besar pada seni musik yang ditunjukkan dalam bentuk pengekspresian diri serta berpikir kritis.

4. Existential (cerdas filosofis)

Cerdas filosofis berarti kamu memiliki kemampuan yang baik dalam menganalisa dan memahami asal muasal serta membahas topik mendalam seperti arti hidup dan mengapa manusia diciptakan untuk hidup di dunia ini. Keseharian kamu nggak pernah lepas dari pertanyaan “kenapa ini begini” dan “kenapa itu begitu”. Aih.

Kalau kamu punya kecerdasan tipe ini, umumnya kamu memiliki minat yang besar dalam hal-hal filosofis dan teoritis, senang bertanya dan mencari tahu asal usul tentang segala sesuatu, serta mengulik kebenaran.

5. Interpersonal (cerdas sosial)

Cerdas sosial pastinya berkaitan erat dengan kemampuan individu dalam berinteraksi dan menjalin hubungan dengan individu lain. Mereka yang punya kecerdasan tipe ini sangat pandai dalam berkomunikasi baik secara verbal maupun tulisan, serta peka terhadap motif yang dimiliki oleh orang lain ketika sedang bersosialisasi.

Kalau kamu punya kecerdasan tipe ini, umumnya kamu memiliki minat yang besar dalam membangun hubungan yang baik dengan orang-orang di sekitar kamu, mempelajari perilaku mereka, dan dikenal sebagai pribadi yang outgoing dan penghibur yang baik.

6. Bodily-kinestethic (cerdas fisik)

kinestethic

Cerdas fisik memiliki arti bahwa kamu dapat mengandalkan kekuatan fisik kamu dengan optimal dalam mengerjakan segala sesuatu, dan kamu juga lihai dalam menyeimbangkan kesinergisan antara pikiran dan badan kamu. Nggak cuma paham soal kekuatan fisik, tapi kamu juga paham dengan fungsi serta pemanfaatan idealnya.

Kalau kamu punya kecerdasan tipe ini, umunya kamu memiliki minat yang besar dalam olahraga dan latihan fisik, menyenangi kesenian, ilmu kesehatan manusia, serta hal-hal apapun yang bersifat praktikal.

7. Linguistic (cerdas bahasa)

Cerdas bahasa adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam menggunakan kata-kata serta menginterpretasikan sesuatu yang rumit menjadi lebih sederhana, baik dalam praktik maupun dalam pikirannya. Nah, artinya cerdas bahasa bukan melulu jago berbahasa asing, namun lebih mengarah kepada kemampuan seseorang dalam menggunakan kata-kata sesuai dengan maksud dan tujuan yang dimiliki.

Kalau kamu punya kecerdasan tipe ini, umumnya kamu memiliki minat yang besar terhadap menulis dan membaca, sangat suka bercerita dan menyenangi permainan kata-kata seperti teka teki silang atau scrabble.

8. Intrapersonal (cerdas batin)

Cerdas batin sangat erat kaitannya dengan hal-hal spiritual, dimana orang yang memiliki kecerdasan ini sangat memperhatikan bagaimana cara memahami dan mengontrol perasaan dirinya sendiri dalam berbagai situasi yang dialaminya. Nggak cuma itu, mereka juga pandai dalam “membaca” perasaan orang lain dari perkataan atau gerak-gerik tertentu. Mereka menaruh apresiasi yang besar pada keadaan batin manusia.

Kalau kamu punya kecerdasan tipe ini, umumnya kamu memiliki minat yang besar dalam mempelajari sifat-sifat manusia, kekuatan motivasi diri, serta dikenal sebagai orang yang kritis dan pemalu.

9. Spatial (cerdas dimensional)

spatial

Cerdas dimensional sederhananya adalah kecerdasan dalam mengenali bentuk dan memanfaatkan ruang. Mereka yang memiliki kecerdasan ini memiliki kemampuan untuk berpikir dalam tiga dimensi, termasuk diantaranya mudah mengingat apapun yang dilihat, pintar berspekulasi, serta nggak pernah berhenti berimajinasi.

Kalau kamu punya kecerdasan tipe ini, umumnya kamu memiliki minat yang besar dalam berkegiatan di luar ruangan serta menyenangi segala hal yang bersifat dinamis. Kamu juga dikenal sebagai orang yang mudah bosan serta nggak pernah berhenti berangan-angan.

***

Tuh, meskipun kamu nggak jago kalkulus ataupun fasih cas-cis-cus ngomong inggris, bukan berarti kamu nggak pinter, ya, sob. Nggak ada yang salah kalau kecerdasan yang kamu miliki berbeda dengan orang lain, dan kamu nggak perlu berusaha terlalu keras untuk menyamakan diri kamu dengan mereka.

Jadi, asahlah segala bentuk kecerdasan yang kamu miliki dengan baik, and let yourself shine even brighter in your own way.

Baca juga:

(sumber gambar: cdn.co, fundersandfounders.com, thclabs.com, tqn.com, gagdaily.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Deni Y | 1 hari yang lalu

apakah saya bisa berkontak dengan Pak Dimas

Profesiku: Kurator Musik, Dimas Ario
miaaa | 4 hari yang lalu

Assalamualaikum minn Saya baru masuk Smt 3 nih min saya mau ambil 24 SKS masing² 2 SKS per matkul Saya berencana memadatkan jadwal saya hanya Senin-Kamis aja Jadi dalam shari ada 4 matkul Apa itu wort it atau bagaimana Saran dong min

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
mustika | 5 hari yang lalu

Open pp/endorse : Klik Link Ig : https://www.instagram.com/naaan_n_n_/ cek ig : naaan_n_n_

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Gina Ajeng | 5 hari yang lalu

Kalo aku maba dr kampus sdh otimatis

SKS dan KRS Itu Apa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1