7 Cara Menemukan Passion dan Menjadikannya Profesi

Untuk mengubah hidup, salah satu caranya adalah bekerja berdasarkan passion kita. Klise, ya, but it’s true. Soalnya, kalau kita bekerja dalam bidang yang memang kita minati, pasti dilakukannya dengan semangat dan sepenuh hati.

Nikmat banget nggak, sih, kalau setiap hari bisa bangun pagi trus disambut hal-hal yang kita sukai? Work doesn’t feel like work anymore. Tapi gimana, sih, cara menemukan passion kita yang sesungguhnya, dan—lebih baik lagi—menjadikan passion tersebut mata penghasilan kita?

1. Tanya ke diri sendiri: apa hal yang paling kamu sukai banget? Pake banget, lho, ya!

Apakah kamu punya hobi atau sesuatu yang sangat suka kamu lakukan dari kecil, tapi belum kepikiran untuk “diseriusin”? Entah itu baca komik, mengoleksi barang tertentu, atau apa pun. Asal tau aja, hari gini, apapun bisa dijadikan mata penghasilan, lho. Kalau kamu suka komik, kamu bisa buka online shop atau workshop komik profesional, misalnya.

2. Tanya lagi ke diri sendiri: saat baca-baca berita atau artikel, topik-topik apa yang paling kamu suka?

Biasanya, kalau kita punya minat terhadap sesuatu, kita pasti akan semangat ngulik tentang hal tersebut, misalnya dengan mencari berita, buku atau majalah yang berkaitan dengan hal tersebut, atau bahkan meng-Google-nya berjam-jam. Kalau kamu memang selalu tertarik ngulik sebuah topik tertentu, mungkin topik itulah passion kamu, dan kamu bisa menggali kemungkinan-kemungkinan karir dari situ.

3. Corat-coret dan brainstorm

Masih nggak kepikiran juga, apa passion kamu untuk dijadikan profesi? Coba ambil kertas dan alat tulis, trus tulis apapun ide yang terlintas di pikiran. Lihat juga sekeliling kamu, kumpulkan ide, lalu tuangkan di kertas. Pokoknya tulis dulu aja semuanya. Nanti baru kamu nilai kembali hasil coret-coretan tersebut.

4. Bertanya dan berbagi dengan orang lain

Kamu juga bisa tanya-tanya kepada orang-orang terdekat—keluarga ataupun teman—apa passion mereka dan bagaimana mereka dulu menemukannya.

5. Coba dulu

Kalau merasa sudah tahu passion kamu apa dan ingin menjadikannya karir full-time, coba di-tes dulu. Misalnya kamu ingin jadi fotografer, maka lakukanlah secara iseng-iseng sebagai pekerjaan sampingan. Jangan langsung heboh, apalagi sampai meninggalkan semua aktivitas lain dan berinvestasi membeli semua perlengkapannya. Kalau sudah dijalani berbulan-bulan dan kamu masih betah, berarti minat kamu memang fotografi dan sanggup menjadikannya sebagai profesi.

6. Riset, riset, riset

Riset dan kumpulkan info tentang bidang yang kamu minati seeebanyak mungkin. Jangan cepat puas, dan jangan menjadikan para amatir sebagai tolak ukur diri kamu! #galak.  Ingat, you’re going professional, lho…

7. Terus coba dan jangan menyerah

Jangan berhenti latihan dan mempertajam skill kamu, serta jangan cepat menyerah meski ada banyak tantangan. Misalnya, kalau kamu iseng-iseng buka online shop dan ternyata harus menghadapi berbagai problem—mulai dari kerepotan mengatur keuangan sampai menghadapi pelanggan galak—jangan nyerah! Lagian, kalau passion kamu memang di berjualan, kamu emang nggak akan nyerah juga, sih…

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengubah hobi sederhana kamu menjadi pekerjaan yang profesional. Sudah siap?

Disadur oleh Pinnacle dari http://www.lifehack.org/articles/featured/how-to-find-your-passion.html

(sumber foto: LouiLouis, Personal Excellence, Sweatcor, Innovation Embassy, Innovation Leadership Forum)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 1 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1