5 Program Percepatan Karir yang Harus Kamu Ketahui!

Tahukah kamu? Ternyata, ketika kamu mencari pekerjaan, kamu nggak hanya akan menemukan lowongan yang berisikan posisi yang fix, lho, misalnya seperti seorang akuntan, desainer grafis, HRD dan sebagainya. Saat kamu mencari pekerjaan, ada beberapa perusahaan yang membuka lowongan namun nggak menyebutkan posisi yang fix.

Lalu, apakah ada orang-orang yang melamar pekerjaan ini? Wah, tentu ada, dong, gaes, justru lowongan kerja yang satu ini sangat digandrungi oleh para fresh graduate alias lulusan baru. Lho, kok, bisa, sih, meskipun nggak ada posisi yang fix namun banyak orang yang mau melamar pekerjaan tersebut?

Well, meskipun lowongan yang satu ini nggak punya posisi yang fix akan tetapi lowongan ini merupakan lowongan untuk program percepatan karir di suatu perusahaan. Biasanya, ketika kamu lolos sebagai peserta program percepatan karir, kamu akan di training selama enam bulan hingga satu tahun. Setelah masa training, kamu bisa, lho, menduduki jabatan-jabatan tertentu dalam kurun waktu yang kurang dari tiga tahun. Ada juga, lho, yang baru selesai masa training langsung menduduki jabatan sebagai asisten manager. Namun, hal ini tergantung dari kinerjamu dan juga perusahaan masing-masing, ya!

Memangnya, program percepatan karir ini ada di perusahaan apa saja, sih? Penasaran? Yuk, cek artikel berikut!

1. Bank

Officer Develop Program

Yap! Program percepatan karir ini salah satunya disediakan oleh berbagai bank di Indonesia. Jadi, kalau kamu bercita-cita ingin bekerja di dan kamu adalah lulusan baru, program yang satu ini harus kamu coba! Biasanya, istilah untuk percepatan karir di bank disebut sebagai Officer Development Program atau ODP.

Karena kamu dicetak sebagai pemimpin dari perusahaan perbankan tersebut, maka, kamu diharuskan untuk ikut training. Di training tersebut kamu akan belajar banyak hal. Biasanya training dilakukan enam hingga satu tahun tergantung dari masing-masing bank.

Selain ODP ada lagi sebutan yang lain namun memilili makna yang sama yaitu GA atau Graduate Associate. Namun, sebagian besar bank menggunakan istilah ODP untuk program percepatan karirnya.

2. Pertamina

BPA BPS pertamina

Kalau kamu memiliki mimpi yaitu dapat bekerja di salah satu perusahaan milik negara yang cukup besar namun kamu masih belum memiliki pengalaman, program yang satu ini cocok banget, nih, buat kamu, gaes! Pertamina memiliki dua program percepatan karir yang bernama Bimbingan Profesi Ahli (BPA) dan Bimbingan Profesi Sarjana (BPS).

Bimbingan Profesi Ahli adalah suatu program percepatan karir yang dikhususkan oleh lulusan D3. Sedangkan Bimbingan Profesi Sarjana diperuntukkan oleh lulusan S1. Ketika kamu lolos dan telah selesai dalam pelatihan program ini, kamu harus siap untuk ditempatkan di berbagai daerah di Indonesia, ya, gaes!

3. Danone

mt star danone

Yap! Waktu saya masih mencari pekerjaan, Danone sedang membuka program percepatan karir. Program percepatan karir yang dimiliki oleh Danone ini bernama MT STAR atau Management Trainee STAR.

Nah, di program MT STAR ini akan mengubahmu dengan cara memberikan pelatihan, training, workshop dan sebagainya untuk mengubahmu dari seorang lulusan baru menjadi seorang manager yang akan menuruskan kepemimpinan dibawah perusahaan Danone. Di program MT STAR ini, kamu akan diajak untuk delivering suatu projek yang dimana, projek ini nantinya akan berdampak kepada bisnis dan juga kemajuan sosial.

4. Garuda Indonesia

Kamu harus tahu, gaes, menurut perusahaan yang satu ini, manusia merupakan sumber daya yang sangat berharga untuk membantu Garuda Indonesia bersaing dengan perusahaan-perusahaan penerbang lainnya. Maka, jangan kaget, ya, kalau seleksi program Management Trainee Garuda Indonesia ini sangatlah ketat.

Karena manusia merupakan sumber daya yang penting, maka, setiap manusia yang mengikuti Management Trainee Garuda Indonesia haruslah orang-orang yang memiliki pengetahuan, kemampuan dan potensi bekerja untuk mendukung produktivitas dari perusahaan.

5. PLN

PLN juga memiliki program percepatan karir, lho, gaes! Kalau sebelum-sebelumnya istilah program percepatan karir ini menggunakan bahasa Inggris, untuk PLN istilah yang digunakan ialah Diklat Prajabatan.

Nah, di Diklat Prajabatan ini, para calon pegawai PLN, akan diberikan berbagai pelatihan dengan tujuan yaitu sebagai pemimpin dari PLN. Proses Diklat ini terbagi lagi menjadi beberapa proses diklat, diantaranya ialah diklat kedisiplinan, pengenalan perusahaan, pembidangan dan evaluasi dan olimpiade sains dan teknologi.

***

Nah, setelah membaca artikel ini, kamu nggak asing lagi, kan, kalau nanti kamu mendengar frase "Officer Development Program" "Management Trainee" dan sebagainya? Karena kamu sudah nggak asing dengan berbagai program percepatan karir ini, apakah kamu penasaran untuk mencoba program yang satu ini, gaes?

Oh iya! Kamu jangan menganggap bahwa program percepatan karir hanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan di atas saja, ya. Program percepatan karir ini telah banyak dilakukan oleh berbagai macam perusahaan. Untuk mengetahuinya, cobalah untuk terus mengeceknya di google atau akun-akun lowongan pekerjaan, ya!

Baca juga:

(Sumber gambar: youtube.com, pertamina.com, seek.com.au, hananmedia.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 17 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1