Bagian I: 8 Profesi Paling Dibutuhkan Tahun 2020 versi QS World University Ranking

Perkembangan teknologi yang makin masif nggak cuma menyebabkan perubahan gaya hidup, tapi juga menambah keanekaragaman profesi. Profesi yang dulunya dianggap aneh, nyatanya di tahun depan atau tahun-tahun selanjutnya bisa jadi bertambah peminatnya.

Oleh karena itulah, Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings bekerjasama melakukan riset dengan salah satu universitas yang berasal dari Sidney, Australia yaitu Macquarie University. Mereka memetakan beberapa jenis profesi apa saja yang paling dibutuhkan di tahun 2020.

Kalau kamu berpikir Youtuber masuk ke dalam salah satunya, maka kamu bisa jadi salah. Meskipun kemudahan mengakses internet membuat jumlah manusia yang menggunakan media sosial dan menonton YouTube jadi semakin banyak. Tapi menurut penelitian yang dilakukan oleh QS World University Rankings bersama Macquarie University, YouTuber nggak ada di daftar pekerjaan yang paling dicari di 2020, lho.

Kira-kira apa saja, ya, 8 profesi tersebut? Check this out!

1. Ahli Keamanan Siber

Cyber Security

Dilansir dari laman Top Universities, dengan maraknya kejahatan yang terjadi di dunia maya, nggak heran kalau bekerja sebagai Cyber Security alias Ahli Keamanan Siber bakal makin dicari di tahun depan. Bahkan, dalam kurun waktu lima tahun belakangan, di negara Australia, permintaan untuk profesi ini naik hingga 21,4%.

Seiring dengan itu, program studi yang makin diminati adalah yang berkaitan dengan TIK (Teknik Informasi dan Komputer), seperti Ilmu Komputer, Teknik Komputer (Computer Engineering), Sistem dan Teknologi Informasi, Sistem Informasi (Manajemen Informatika), Teknik Informatika. Informasi mengenai Cyber Security bisa kamu baca di sini.

2. Spesialis Teknik Telekomunikasi 

 Spesialis Teknik Telekomunikasi 

Perkembangan teknologi di bidang telekomunikasi yang berkembang juga menyebabkan permintaan untuk spesialis di bidang ini meningkat sebesar lebih dari 22%. Sebagai Spesialis Teknik Telekomunikasi, kamu akan merancang data komunikasi di suatu wilayah dan melakukan perawatan sistem telekomunikasi.

Selain itu, profesi ini juga bisa masuk ke perusahaan sebagai tim support jika ada kendala di jaringan, seperti industri perbankan dan lembaga keuangan, industri minyak dan pertambangan, lembaga penelitian dan pendidikan, badan pemerintah, profesi akademis dan lembaga penelitian, industri kreatif, industri penerbangan dan pesawat terbang, angkatan bersenjata dan maritim, dan lain-lain.

Program studi yang bisa menunjangmu dalam profesi ini adalah Teknik Elektro atau program studi yang berkaitan dengan TIK seperti yang sudah di sebutkan di atas.

3. Akuntan dan Analis Keuangan  

Akuntan

Di tahun 2019, permintaan untuk profesi Akuntan dan Analis Keuangan meningkat hingga 44%. Sementara di tahun depan, permintaan untuk profesi ini diprediksi bakal semakin bertambah sampai 22%.

Kalau kamu tertarik untuk menekuni profesi ini, tentunya kamu harus mengambil program studi Akuntansi, Akuntansi Bisnis, atau  Perniagaan.

Fyi, program studi Akuntansi memiliki 5 konsentrasi yang berbeda-beda, lho, gaes. Mulai dari Akuntansi Keuangan, Akuntansi Sektor PublikAkuntansi Pajak, Akuntansi Pemeriksaan, Accounting Information System (Sistem Informasi Akuntansi). Mengenai perbedaan ke 5 konsentrasi tersebut bisa kamu baca di: Serba Serbi Pilihan Konsentrasi yang Ada Di Jurusan Akuntansi.

 

Baca juga:  

 

(Sumber gambar: findmyprofession.com, njit.edu, pbs.org, toppr.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 24 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1