Menu

Jurusanku: Cyber Security BINUS University, Monica Charisthea Nura

Dalam seri "Jurusanku", kamu bisa menelusuri program studi kuliah lewat cerita mahasiswa dan dosen. Kali ini Monica Charisthea Nura, mahasiswi BINUS University akan berbagi mengenai program studi kuliahnya, Cyber Security.

Gaes, apa yang kamu tahu tentang program studi Cyber Security? Yakin, deh, pasti sebagian besar dari kamu menjawab dengan gelengan kepala atau kepikiran sesuatu tentang belajar jadi hacker. Hehe.

So, kali ini ada Monica Charisthea Nura yang akan mencoba meluruskan segala miskonsepsi mengenai program studi Cyber Security. Biasa dipanggil Monic, alumni SMA Don Bosco 1 Kelapa Gading jurusan IPA ini kini adalah seorang mahasiswa aktif di program studi Cyber Security BINUS University sejak tahun 2016.

Nah, buat kamu yang punya minat dan kemampuan yang oke di bidang teknologi dan komputer serta penasaran bingit sama program studi Cyber Security, yuk perdalam wawasan kamu mengenai jurusan ini lewat cerita Monic agar nggak sampai salah jurusan!

Jurusanku:

“Cyber Security, spesifiknya di BINUS University.

Di program studi Cyber Security, kita mempelajari dasar-dasar yang sama dengan IT/computer science. Hanya saja ditambahkan dan lebih mendalam mengenai sistem-sistem yang ada di komputer. Kita juga diajarkan bagaimana ethical hacking atau cara meretas suatu sistem sesuai dengan etika yang berlaku dan hukum yang berlaku.

Simpelnya, program studi ini seperti spesialisasi dari bidang IT security, deh.”

Alasan memilih jurusan Cyber Security:

“Awalnya, aku pilih program studi ini karena lapangan pekerjaannya yang sangat luas di masa depan. Di dunia yang semakin modern dan menggunakan teknologi hampir di setiap aspek kehidupan, security atau keamanan dari teknologi yang akan digunakan sangatlah penting dan nggak ada habisnya.

Selain itu, karena aku memang punya minat yang besar di bidang IT dan termasuk orang yang selalu penasaran dan selalu ingin mengeksplor pengetahuan-pengetahuan baru, program studi ini cocok banget buatku karena diperlukan ketekunan dan ke"kepo"an untuk menjadi yang terbaik di bidang ini.”

jurusan cyber security binus university

Pelajaran di SMA yang membantu menjalani kuliah di jurusan Cyber Security:

“Pastinya Matematika. Ini adalah modal utama yang saya rasa harus dimiliki mahasiswa yang ingin kuliah di program studi Cyber Security atau computer science lainnya, ditambah dengan kemampuan penalaran dan logika yang baik. Kalau kamu dari jurusan IPA di SMA, akan sangat terbantu.

Trus, pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) agar familiar dengan fungsi dan kegunaan komputer.

Terakhir, Bahasa Inggris. Ada banyak banget istilah-istilah berbahasa Inggris yang digunakan dalam dunia IT yang belum ada padanan katanya dalam bahasa Indonesia, atau masih asing digunakan.”

Mata kuliah penting dan menarik:

“Menurutku, seorang programmer ataupun IT security professionals yang handal adalah mereka yang mengerti bagaimana kerja dari teknologi yang ada disekitarnya dan dapat membuat teknologi tersebut dari nol dengan programming skills. Jadi, ada beberapa mata kuliah yang paling penting dan menarik terkait hal ini, yaitu Algorithm & Programming, Computer Security Foundation, Cyber Security Analysis & Method, Cyber Forensic, Network Programming, Secure Web Programming.

Di mata kuliah Algorithm & Programming, kita diajarkan bagaimana cara berpikir dan membuat kode yang baik dan benar sesuai dengan algoritma atau step-by-step pengerjaannya, sehingga di mata kuliah programming atau programming lanjutan lainnya akan lebih mudah bagi kita untuk beradaptasi.

Untuk mata kuliah lainnya seperti Computer Security Foundation, Cyber Security Analysis & Method, Cyber Forensic, kita diajarkan untuk mengerti konsep dan tools apa saja yang biasa dipakai pada umumnya di Cyber Security. Konsep ini sangat penting untuk kedepannya saat kita mengerti tentang environment dari teknologi yang kita pakai.”

Tugas yang umumnya diberikan:

“Tugas kuliahku biasanya berupa essay atau project kelas. Nah, project kelas yang dimaksud adalah secara langsung mencoba membuat suatu program sesuai dengan mata kuliah yang sudah dipelajari.

Untuk ujiannya sendiri, tipe ujian yang umum dalam jurusan Cyber Security adalah ujian tertulis dan ujian praktik di lab (coding/praktik langsung).”

Jurusan yang “mirip” dengan jurusan Cyber Security:

“Karena masih bagian dari computer science, pastinya Computer Science, haha. Mungkin juga agak mirip dengan Information System dan Computer Engineering.”

Tantangan dalam menjalani kuliah di jurusan Cyber Security:

“Mungkin karena aku dari angkatan kedua dan program studi ini hanya baru ada di BINUS University, aku dan teman-teman seangkatan nggak benar-benar memiliki “garis standar” yang semestinya kami capai sebagai mahasiswa program studi Cyber Security.

Aku juga dituntut untuk harus aktif dan lebih ingin tahu kalau ingin berkembang lebih. Selain itu karena memang aku mulai dari nol (alias nggak punya dasar apa-apa di bidang IT), aku harus lebih berusaha dan mengandalkan passion di bidang ini dan kecintaan terhadap hal-hal yang berhubungan dengan keamanan teknologi untuk lebih mengasah kemampuan.”

Peluang karier jurusan Cyber Security:

“Sangat luas. Apalagi di era digital seperti saat ini dan di masa depan. Isu privasi dan keamanan bukanlah perkara sepele di dunia maya. Nggak heran kalau banyak perusahaan yang mulai mengamankan data-data pentingnya ke penyimpanan khusus. Disinilah para lulusan Cyber Security mengambil alih, hehe.

Kalau melihat rekam jejak dari alumni, kebanyakan lulusan Cyber Security bekerja di consulting seperti PwC, Deloitte, EY, KPMG, ada juga yang sebagai IT Security Consultant & Analyst Blibli.com, Tokopedia, Bukalapak, di Gojek sebagai Back-End Programmer/Engineer Samsung Electronic Indonesia sebagai Systems Operation Engineer.”

jurusan cyber security binus university

Menurutmu, apa khas dari jurusan Cyber Security di BINUS University?

“Berhubung baru ada di Binus University, aku nggak bisa membandingkan dengan kampus lain.

Tapi, ada hal unik yang ditawarkan di BINUS University khususnya untuk program studi Cyber Security, yaitu program 3+1 yang membantu banget untuk nyobain langsung turun ke lapangan kerja melalui jalur internship (magang) untuk mempraktikkan yang udah aku pelajari selama ini di industri.”

Miskonsepsi umum tentang jurusan Cyber Security:

“Banyak yang mengira dengan masuk jurusan Cyber Security, mereka akan menjadi hacker atau cracker handal.

Padahal, di sini kita diajarkan untuk menjadi ethical hacker yaitu orang yang meretas dengan tujuan yang sudah disetujui—biasanya untuk mengetahui kelemahan dan melakukan patching (penutupan) kelemahan tersebut—dan tentunya legal untuk dilakukan.”

Tips untuk anak muda yang ingin memilih jurusan Cyber Security:

“Untuk teman-teman yang belum pernah “menyentuh” ranah programming atau hal-hal yang berhubungan dengan keamanan teknologi, jangan takut untuk mulai dan mencoba.

Kalau kalian tidak lebih tahu dari orang lain, jangan khawatir. Segala resources yang disediakan di BINUS University benar-benar akan membantu teman-teman untuk berkembang dan menjadi yang terbaik di bidang ini. Yang penting, teman-teman harus punya kemauan untuk belajar dan rasa ingin tahu yang nggak ada habisnya.

Untuk teman-teman yang sudah sangat yakin untuk berkuliah di program studi Cyber Security dan pernah mencoba programming atau hal-hal teknikal dalam keamanan, kalian sudah berada di jalur yang tepat. Tapi jangan lupa, ketika kalian masuk ke program studi ini, jangan berhenti belajar karena semua mata kuliah yang diberikan akan sangat berguna dan kalian harus terus bekerja keras dan berusaha serta tetap memiliki rasa ingin tahu dan passion yang besar agar sukses di masa depan.”

Baca juga:

(sumber gambar: dok. pribadi, techhive.com)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 5 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©