Menu

10 Kemampuan yang Perlu Kamu Miliki di Tahun 2020 Menurut World Economic Forum (Bagian 2)

Seperti yang kita tahu, bahwa suatu profesi setiap tahunnya pasti mengalami perubahan. Ada profesi yang semakin sedikit dan ada juga profesi yang muncul dengan seiring waktu. Perubahan yang terjadi pada profesi-profesi ini disebabkan oleh kondisi yang ada di masyarakat.

Kalau contoh di artikel sebelumnya, perubahan profesi ini dikarenakan adanya perkembangan teknologi yang terjadi secara pesat di masyarakat. Intinya, profesi-profesi ini bisa berkurang dan juga muncul profesi-profesi baru dikarenakan adanya kebutuhan dan permintaan dari masyarakat.

Misalnya, nih, pada saat ini, youtube sedang berkembang dengan pesat. Karena youtube merupakan platform yang isinya adalah video-video, maka, ada beberapa profesi yang akhirnya muncul atau lebih dibutuhkan dibandingkan sebelumnya. Profesi-profesi tersebut ialah videographer, Content Creator, Editor Film dan Video  dan lain sebagainya.

Karena banyaknya profesi baru yang bermunculan, maka, ada juga skills atau kemampuan-kemampuan baru yang harus kamu miliki. Ada juga, lho, beberapa kemampuan yang sebenarnya sudah harus kamu miliki dari tahun-tahun berikutnya, namun, pada tahun 2020 menjadi suatu kemampuan yang sangat penting itu dimiliki. Well, kemampuan apa saja, ya, yang harus kamu miliki di tahun 2020 menurut World Economic Forum? Check these out!

6. Emotional Intelligence

Apa itu emotional intelligence? Emotional intelligence adalah kemampuan seseorang untuk menerima, menilai, mengelola serta mengontrol emosi dirinya dan orang lain di sekitarnya. Mau dimana pun kamu bekerja, kamu pun harus memiliki kemampuan emotional intelligence yang baik, gaes.

Coba bayangkan, kalau kamu nggak memiliki kemampuan yang satu ini dengan baik. Wah, bahaya banget, gaes. Bisa saja kamu memiliki emosi yang mudah sekali meledak. Kalau sudah seperti itu, mana ada, sih, orang yang suka dengan orang yang pemarah? Maka dari itu, kemampuan emotional intelligence menjadi suatu kemampuan yang penting untuk kamu miliki.

Bagaimana, sih, caranya mengasah kemampuan yang satu ini? Nah, kamu bisa mengasah kemampuan ini dengan cara yaitu mengenali dirimu sendiri terlebih dahulu. Kamu harus mengetahui apakah kamu seorang pemarah, pemalu, peragu, penakut dan sebagainya. Setelah kamu mengetahuinya, kamu bisa belajar dan melatih dirimu untuk mengekspresikan emosimu secara wajar atau nggak berlebihan.

 7. Judgement and Decision Making

memilih keputusan

Well, setiap manusia pasti memiliki banyak sekali pilihan dalam kehidupannya. Dalam satu hari, saya yakin, kamu pun memiliki banyak pilihan dan hal-hal yang perlu kamu putuskan. Nah, decision making dan judgement ini merupakan suatu hal yang penting untuk kamu miliki, lho.

Untuk mengasah kemampuan ini, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu jangan takut dengan pilihanmu dan hasil yang diberikan dari pilihanmu tersebut. Kalau kamu masih merasa ragu dengan pilihanmu, kamu bisa, kok, bertanya kepada orang-orang di sekitarmu. Akan tetapi, kamu perlu ingat, gaes, ketika kamu menanyakan pendapat kepada orang lain, kamu jadikan pendapatkan sebagai bahan pertimbanganmu, bukan untuk menentukan pilihanmu, ya!

8. Service Orientation

Service orientation, tuh, apa, sih? Yap, service orientation ini merupakan suatu kemampuan dimana kamu suka membantu orang lain. Dimana pun kamu bekerja, kamu wajib memiliki kemampuan ini. Dimanapun kamu bekerja dan apapun pekerjaanmu pasti ada orang-orang yang akan membutuhkan bantuanmu.

Selain itu, pada era ini, banyak perusahaan yang memberikan pelayanan, maka, siapapun yang memberikan pelayanan yang terbaik, pasti perusahaan tersebut akan lebih outlast atau lebih tahan lama dibandingkan dengan perusahaan lainnya.

9. Negotiation

negosiasi

Pada tahun 2015, kemampuan negosiasi berada di peringkat kelima, namun di tahun 2020 nanti, kemampuan negosiasi ini turun di peringkat kesembilan. Well, dengan turunnya peringkat kemampuan negosiasi dari peringkat lima ke peringkat sembilan, bukan berarti kemampuan yang satu ini nggak penting, gaes. Kemampuan ini tetap harus kamu miliki dan kamu asah.

Nah, kemampuan negosiasi ini dapat terasah jika kamu terbiasa melakukan aktivitas ini. Mengikuti organisasi di masa sekolah atau masa kuliah akan membantumu mengasah kemampuan yang satu ini. Misalnya, nih, kamu mengikuti organisasi sekolah yaitu OSIS. Pada masa kepengurusanmu pasti ada saja hal-hal yang perlu kamu negosiasikan dengan guru maupun kepala sekolah. Hal yang di negosiasikan pun ada banyak, lho, seperti acara apa saja yang ingin kamu dan teman-teman OSISmu wujudkan, kapan waktunya, masalah pendanaannya dan lain sebagainya. Maka dari itu, gaes, mengikuti organisasi menjadi salah satu hal yang perlu kamu coba, ya, jika kamu ingin meningkatkan kemampuan bernegosiasi.

10. Cognitive flexibility

Di tahun 2015, kemampuan cognitive flexibility ini nggak menduduki 10 besar skills yang harus kamu miliki, lho, gaes. Namun, di tahun 2020, skill ini menduduki peringkat ke sepuluh. Walaupun cognitive flexibility menduduki peringkat yang kesepuluh, bukan berarti kemampuan ini nggak penting, ya, gaes. Cognitive flexibility merupakan kemampuan yang berhubungan dengan kecerdasan dalam bertindak yang melibatkan kreativitas, penalaran logis dan sensitivitas dalam menghadapi masalah.

***

Nah, dari kesepuluh skills yang telah dibahas di artikel sebelumnya yaitu 10 Kemampuan yang Perlu Kamu Miliki di Tahun 2020 Menurut World Economic Forum (Bagian 1) dan artikel ini, adakah salah satunya yang sudah kamu miliki? Jika kamu belum memiliki satu diantara kesepuluh skills di atas, kamu wajib banget, gaes, untuk segera mengasahnya. Semangat!

Baca juga:

(Sumber gambar: translatemedia.com, inc.com)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©