Inilah 5 Posisi Kerja Entry-Level di Bagian Produksi Televisi!

Sejak kuliah di jurusan Penyiaran, saya memang punya cita-cita kerja di televisi, tepatnya menjadi produser televisi. Eeeh, pucuk dicinta, kesempatan pun tiba. Pas baru lulus, saya mendapat panggilan wawancara kerja di sebuah stasiun televisi swasta. Yeaaay!

Pada hari H, saya mendapat pertanyaan, “Posisi apa, sih, yang kamu mau?”

Dengan yakin saya menjawab, “Produser televisi!”

Tapi, kok, yang mewawancarai saya—plus beberapa senior di kantor tersebut yang kebetulan nguping wawancara saya—malah cengar-cengir, ya?

Apakah karena saya lucu? Memang banyak yang bilang gitu, sih (maksudnya lucu banget kayak Sule). Atau jangan-jangan karena jawaban saya salah?! JENG, JENG!  

Nggak, kok, jawaban saya nggak salah. Nggak salah-salah amat maksudnya, hehehe. Jawaban saya itu diketawain karena waktu itu saya belum paham bahwa untuk menjadi produser televisi, saya harus punya pengalaman bertahun-tahun kerja di televisi terlebih dahulu. Performa kerjanya pun harus bagus. Kalau nggak, ya, bhaaay! Yang jelas, posisi produser bukan untuk fresh graduate polos nan menggemaskan kayak saya waktu itu. Kecuali kalau stasiun TV-nya punya bapak-emak saya kali, ya.

Intinya, seperti di berbagai industri lainnya, kerja di televisi haruslah dimulai dari posisi entry level. Nggak bisa ujug-ujug jadi produser atau sutradara, sob!

Nah, apa saja, sih, posisi entry-level yang ada di industri televisi, khususnya di bagian produksi alias bagian yang memproduksi program TV non-berita?

Production Assistant (PA)

Sesuai namanya, PA adalah asisten produser. Tugas utama seorang PA adalah membantu kelancaran produksi—mulai dari praproduksi hingga pascaproduksi—terutama hal-hal yang berkaitan dengan teknis, seperti memastikan ketersediaan alat produksi, memastikan kru ngumpul sesuai jadwal, memantau proses editing, dan banyak lainnya.

Di industri televisi, PA adalah karyawan yang paling sibuk dan paling banyak mondar-mandir sampai betisnya bekonde semua. But it will all be worth it, sob! Banyak produser, sutradara dan pimpinan televisi yang mengawali karir sebagai PA, lho. Salah satunya adalah Wishnutama, bos muda NET Media.  

Wisnutama, bos stasiun televisi yang mengawali karirnya dari menjadi PA

Kreatif

Sama seperti PA, staf Kreatif juga merupakan anak buah produser. Bedanya, kalau PA lebih fokus ke aspek teknis produksi, maka staf Kreatif lebih fokus kepada konten alias isi acara. Tim Kreatif lah yang menentukan konsep sebuah program televisi, mulai dari konsep besarnya sampai detail-detail kecilnya. Pokoknya, tim Kreatif adalah penentu soul program televisi, deh. Syedaaap!

Makanan sehari-hari tim Kreatif adalah ngurusin rundown, naskah, dan melakukan briefing untuk pengisi acara. Di ujung tangga karirnya, seorang staf Kreatif bisa menjadi Senior Kreatif atau Produser. FYI, setelah wawancara kerja sana-sini, saya akhirnya diterima sebagai tim Kreatif. Hore! Gimana kerjaannya, Kak? Seru banget! Saking serunya, sampai sering mimpi dikejer-kejer rundown. Hadeuh!

Talent

Staf Talent adalah penghubung antara stasiun televisi dengan para pengisi acara, baik artis maupun bukan. Kerjaan tim Talent beragam, mulai dari menego honor, mengurus kontrak, sampai menjadi jembatan antara para pengisi acara dengan tim produksi. Maka nggak heran kalau staf Talent sering jadi BFF sama seleb. Cieeee!

Yang pasti, seorang staf Talent harus punya skill komunikasi yang oke, kepribadian yang ceria, dan kemampuan bernegosiasi yang mantap, terutama bernegosiasi soal harga dan honor.

youthmanual

Mau jadi broadcaster top? Harus dari entry-level dulu, bos!

Unit Production Manager (UPM)

Seorang staf Unit Production Manager harus bertanggung jawab atas keuangan dan berbagai keperluan produksi, terutama lokasi (syuting), transportasi dan konsumsi. Jadi, setiap ada keperluan produksi, akan langsung diurus oleh UPM. Selain bagi-bagi duit, seorang staf UPM juga harus mencatat dan bikin laporan keuangan produksi program televisi.

Floor Director

Pasti kamu sering liat, deh, di beberapa acara televisi live music, para penonton tiba-tiba serentak joget gaya cuci-jemur, heboh bersorak-sorai, atau kompak goyang-goyangin light stick. Nah, hal ini terjadi bukan karena penontonnya ikrib beut sampai terjadi kontak batin ya, gaes, tetapi karena ada yang ngasih komando, yaitu Floor Director (FD).

Joget-joget begini ternyata harus ada yang mengomando!

Selain mengatur penonton, FD juga bertugas untuk mengarahkan host dan talent saat syuting berlangsung. Misalnya, memberi kode kalau sudah saatnya iklan atau kuis. FD sendiri bekerja di bawah komando Director (sutradara). Di ujung tangga karirnya, seorang Floor Director bisa menjadi Show Director atau sutradara.

Jujur aja, seorang FD biasanya, ehm, kece dan wangi. Soalnya mereka ‘kan dilihat sama orang banyak, bahkan kadang-kadang ke-syut kamera saat live show. Otomatis, FD menjadi salah satu “face” atau perwakilan image sebuah stasiun televisi. Harus kinclong, dong!

Kece-kece 'kan, FD salah satu stasiun TV swasta ini?

***

Itulah lima posisi entry level di bagian produksi televisi yang bisa dijabat oleh fresh graduate. Ada yang kamu incar nggak?

(sumber gambar: quadrangle.ca, Cargo Collective, Mjumani, Floor Director)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 24 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1