Ingin Berkarier di Industri Hospitality? Ini Tips Suksesnya

Industri hospitality adalah industri yang melibatkan keramahtamahan antara tamu dan tuan rumah, baik itu dalam hal penyambutan, pelayanan, dan hiburan untuk mencapai kepuasan pelanggan. Industri hospitality emang nggak begitu akrab di telinga orang awam, namun wujudnya pasti sering kita alami. Apalagi kamu yang sering pergi liburan dan jalan-jalan. Hihihi.

Dalam era dimana jalan-jalan dan liburan sudah menjadi kebutuhan primer, siapa sih yang nggak tertarik untuk berkarier di Industri hospitality? Selain dapat bertahan dalam jangka panjang, Industri travel and tourism menyumbang sekitar 10% dari pendapatan bruto secara global. Karena itulah industri hospitality akan terus berkembang dan selalu membuka pintu untuk talenta-talenta terbaik yang ingin berkarier di bidang ini.

Eits, meskipun sangat banyak kesempatan untuk kamu yang tertarik berkarier di Industri hospitality, bukan berarti semua orang dapat sukses berkarier di sini. So, ada beberapa hal yang harus kamu tanamkan dan terapkan untuk dapat sukses berkarier di industri hospitality. Apa aja, tuh?

1. Tanamkan toleransi

toleransi

Bekerja di bidang hospitality berarti kamu akan mendapatkan kesempatan untuk bekerja dan terlibat dengan orang-orang dari berbagai penjuru dunia. Bertemu dengan orang-orang dengan latar belakang dan kebiasaan yang berbeda bisa menjadi hal yang menantang atau menakutkan—tergantung bagaimana kamu menyikapinya.

Berpikiran terbuka sudah menjadi harga mati untuk kamu yang ingin berkarier di industri hospitality. Namun, untuk mencapai kesuksesan, sikap toleransi jauh lebih dibutuhkan agar kamu dapat lebih berempati dengan sekitarmu dan dapat memberikan pelayanan dan pengalaman terbaik kepada tamu dan klienmu.

2. Nggak takut dengan kritik

Industri hospitality fokus pada hubungan timbal balik antara pemberi layanan dengan pelanggan. Karena yang akan kamu terima tidak akan 100% berupa pujian, kamu harus berani menerima kritikan untuk dapat mengevaluasi kualitas layanan kamu dari sudut pandang tamu dan klien sebagai penerima layanan. Kritik yang membangun tentunya sangat berguna untuk memperbaiki kinerja dan kualitas pekerjaanmu di masa depan agar kamu terus berkembang menjadi lebih baik lagi.

3. Update dengan perkembangan tren dan teknologi

Perkembangan teknologi tidak bisa dihindarkan dalam industri apa pun, termasuk industri hospitality. Kamu bisa memfasihkan dirimu dalam penggunaan teknologi dan memanfaatkannya untuk meningkatkan kualitas pengalaman kepada tamu dan klien. Percaya, deh, teknologi akan sangat memudahkan dan mengoptimalkan pekerjaan apa pun di dalam industri hospitality.

Selain itu, kamu juga nggak boleh ketinggalan dengan terkini dalam industri hospitality. Industri hospitality adalah industri yang sangat dinamis, sehingga kamu dituntut untuk dapat terus berinovasi agar kamu mendapat nilai tambah di mata pelanggan. Percaya, deh, industri ini bukan untuk orang yang membosankan!

4. Positive vibes!

positive vibes

Siapa pun kamu dan apa pun yang kamu lakukan di dalam industri hospitality, tujuannya cuma satu: mencapai kepuasan pelanggan. It’s your job to make their day. Dalam kondisi apa pun, kamu harus bisa “menularkan” energi positif dalam lingkungan kerjamu. Nggak heran kalau mereka yang terjun dalam industri ini wajib membiasakan tebar senyum dan cinta kebersihan, hehehe.

5. Bangun relasi seluas-luasnya

Industri hospitality adalah salah satu industri yang menjunjung tinggi the power of networking di dalamnya. Jalan kamu menuju kesuksesan dalam industri ini akan sangat dipengaruhi oleh seberapa pandai kamu dalam membangun jejaring dan seberapa luas jejaring kamu. Hampir semua bentuk rekomendasi dan promosi yang didapatkan seseorang berasal dari informasi “mulut-ke-mulut” di dalam industri hospitality.

Jadi, akan sangat menguntungkan apabila kamu adalah orang yang senang berjejaring dan mampu membangun jejaring sedini mungkin. Selain mengasah kemampuan, kamu pun wajib berjejaring dengan teman-teman seangkatan, senior, atau bahkan para guru dan dosenmu yang sudah terlebih dahulu berkecimpung di industri hospitality dan memiliki pengaruh yang besar di dalamnya.

6. Pilih pendidikan tinggi yang mendukung fokus studimu

politeknik sahid hospitality

Agar kamu dapat menjadi yang terbaik di dalam bidangmu, kamu sudah harus mengetahui fokus studi apa yang sebaiknya kamu tekuni agar dapat mengejar kesuksesan dalam industri hospitality. Memilih jurusan kuliah di bidang travel and tourism dan kampus yang tepat bisa menjadi langkah utama kamu untuk mewujudkannya.

Setelah mengetahui dimana letak minat dan tingkat kemampuanmu dan memilih jurusan hospitality yang sesuai, tentunya memilih kampus berkualitas yang mendukung studimu pun nggak kalah penting. Dan kalau ngomongin kampus hospitality yang terdepan dalam kualitasnya, Politeknik Sahid (Pariwisata) patut untuk kamu jadikan petimbangan. Mengapa?

Kuliah di Politeknik Sahid berbasis CBO (Competency Based Occupational) dan memiliki program kuliah sambil bekerja atau program WBL (Work Based Learning), memperbolehkan kamu meniti karier sambil mendapatkan penghasilan dengan bekerja selagi kuliah tanpa mengganggu perkuliahanmu sesuai dengan tagline Politeknik Sahid “Earn While You Learn”.  dan program LED (Leadership Entrepreneurship and Development) yang dapat mengembangkan jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan kamu. Politeknik Sahid juga memiliki “laboratorium praktik” yang sangat besar dan lengkap yaitu Sahid Hotel Group. Artinya, selain kuliah, mahasiswa berkesempatan mendapatkan pengalaman praktik kerja di hotel bergengsi yang termasuk dalam ikatan Sahid Hotel Group yang sudah ternama.

Oya, Politeknik Sahid telah bekerja sama dengan pelaku industri hospitality tanah air maupun multinasional, seperti Shangri-La, Anta Tour, Marriot, Ayana, The Ritz Carlton, dan lainnya untuk memberikan pelatihan dan kesempatan kerja pada karyawannya. Peluang magang mahasiswa pun nggak hanya tersebar untuk ke berbagai daerah di Indonesia, tapi juga hingga ke luar negeri. Ditambah lagi, Politeknik Sahid juga bekerja sama dengan kampus di luar negeri, seperti Toho International College, Universite Angers, dan Silk Road International University of Tourism.

Kalau masih penasaran tentang info lebih lanjut mengenai jurusan Perhotelan dan Politeknik Sahid, kamu bisa klik link di bawah ini.

Baca juga:

(sumber gambar: absoluteinternship.com, flexsource.ie, flightcenter.ca)

LATEST COMMENT
Fatimah Ibtisam | 16 jam yang lalu

Hai Muhammad Hafidz, yang bisa mendaftar adalah lulusan jurusan IPA dan SMK dengan kejuruan yang sejalan. Untuk mengetahui dengan pasti, kamu bisa menanyakan pada BINUS UNIVERSITY.

Bedah Faculty of Engineering BINUS UNVERSITY
ALEX ALZAM, S.Kom, M.Kom | 22 jam yang lalu

- Universitas Amikom Yogyakarta - Universitas Gadjah mada - UPN VETERAN - UII

Serba-Serbi Jurusan Cyber Security: Dari Mata Kuliah Hingga Prospek Karier
Navi | 1 hari yang lalu

Halo kak, kalau anak IPA lintas jurusan ke sastra inggris atau ilmu komunikasi nilai yang dilihat yg mana aja ya? Soalnya saya ga punya nilai sosiologi, ekonomi, dan geografi. Terima kasih.

Lintas Jurusan pada SNMPTN, Bolehkah?
Muhammad Hafidz | 2 hari yang lalu

Jadi lulusan Multimedia seperti saya ga bisa daftar jurusan Computer Engineering?

Bedah Faculty of Engineering BINUS UNVERSITY
Elza Aulia | 5 hari yang lalu

Semoga ya Allah saya menjadi pilot dan bisa membanggakan orang tua saya aminnnn

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Pilot? Begini Tahapan Lengkapnya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1