Ingin Kuliah di Inggris? Simak Pengalaman Maudy Ayunda, Gita Gutawa, dan Vidi Aldiano

Sama-sama penyanyi beken tanah air, sama-sama menjajal dunia akting, sama-sama punya banyak fans, sama-sama sukses kuliah di Inggris. Widih, tiga seleb ini memang top banget, deh!

Maudy Ayunda
Kuliah di: University of Oxford, Inggris
SMA: British International School (BIS), Bintaro

SMA Internasional

Sewaktu SMA, seleb yang punya nama lengkap Ayunda Faza Maudya ini memutuskan pindah ke British International School (BIS) karena pemeran utama film Perahu Kertas ini memang berniat lanjut kuliah di luar negeri.

maudy ayunda kuliah

Emang kalau mau kuliah di universitas luar negeri harus masuk sekolah “bule” kayak BIS gitu, ya?

Nggak juga, sih. Anak sekolah swasta nasional atau sekolah negeri bisa lanjut kuliah di luar negeri, kok. Namun sekolah internasional seperti BIS pastinya lebih sinkron dengan universitas luar negeri, karena kurikulumnya sudah “sejalan”. Otomatis, sekolah internasional “mempermudah” jalan siswanya yang mau lanjut sekolah di luar negeri, sementara siswa dari sekolah nasional mungkin harus mengambil tes tambahan dulu.

Columbia University vs University of Oxford

Lulus SMA, Maudy keterima di Columbia University, sebuah universitas beken di Amrik. Eh, setelah itu do’i dapet kabar kalau namanya juga lolos sebagai calon mahasiswa University of Oxford, Inggris. Ya ampun! Pasti galau-galau-bahagia banget, tuh.

youthmanual seleb kuliah di inggris

Akhirnya Maudy mantap memilih kuliah di University of Oxford, jurusan Philosophy, Politics and Economics, walau sekarang dia hanya fokus di Politics and Economics aja.

“Awalnya sempat nggak pede daftar di Oxford, soalnya nggak gampang masuk ke sana. Pas keterima, aku happy banget,” cerita Maudy dalam sebuah acara talkshow.

youthmanual seleb kuliah di inggris

Kebayang, sih, sebab jumlah pendaftar universitas tersebut ada sekitar 18,000 orang, sedangkan yang diterima hanya sekitar 3,000an. Wow!

Oxford-Jakarta-Oxford-Jakarta

Karena urusan kerjaan, Maudy sering mondar-mandir Jakarta-Oxford. Alhasil, kuliah jalan, tetapi Maudy tetap main film tiap tahun. Bahkan, bulan April lalu, Maudy sempat-sempatnya merilis album terbarunya yang berjudul Moments.

Oktober kemarin, mahasiswi kelahiran 19 Desember 1994 ini baruuu aja balik ke Oxford setelah “liburan” selama tiga bulan di Indonesia. Ngapain aja? Well, “liburan” versi Maudy, sih, diisi dengan promosi album dan… magang di kantor. Warbiyasak! Maudy juga sempat menjalankan tugas negara, yaitu mendampingi Perdana Menteri Inggris, David Cameron, yang berkunjung ke Indonesia akhir Juli lalu. Sibuk ya, neng?

maudy ayunda kuliah

Wefie dulu sama Mister Perdana Menteri, "Say, Inggrisss!"

Kalau semua berjalan lancar, rencananya Maudy akan lulus kuliah tahun depan. Beuh, tipe cewek begini, nih yang bisa bikin kacau. Bikin kacau hati para cowok, maksudnya. Hihihi.

youthmanual seleb kuliah di inggris

Gita Gutawa
Kuliah di: University of Birmingham, Inggris dan London School of Economics (LSE), Inggris
SMA: Bina Nusantara Simprug, Jakarta

Juara Dari SMA

Tau nggak, sih? Sewaktu masih sekolah di SMA Bina Nusantara Simprug, Gita Gutawa sukses jadi juara umum dan masuk dalam top GPA students, lho. Hebat! Penyanyi yang khas dengan suara soprannya ini pun aktif di organisasi kesiswaan. Semua itu ia jalani berbarengan dengan seabrek kesibukannya di dunia entertainment.

gita gutawa kuliah

Selain nilai, pengalaman berorganisasi serta pengalaman mengikuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler selama SMA memang bisa jadi poin tambahan saat kita mendaftar kuliah, terutama untuk universitas luar negeri. At least, hal ini terbukti di Gita.

Gimana dengan pengalaman dengan para mantan? Kalo itu sih, throw far-far, alias buang jauh-jauh aja, yes!

Mewujudkan Mimpi Sekolah di UK

“Kuliah di UK adalah mimpiku sejak kecil,” kata putri sulung komposer Erwin Gutawa ini. Nggak mau sekadar bermimpi, Gita pun berusaha mewujudkan cita-citanya ini sejak SMA, misalnya dengan cara hunting sekolah di luar negeri dan cari tahu syarat-syarat agar bisa tembus ke berbagai universitas idamannya.

youthmanual seleb kuliah di inggris

Tips dari Gita, “Tentukan dulu universitas dan jurusan yang diminati, lalu pelajari persyaratannya, karena persyaratan tiap jurusan bisa beda-beda. Trus, berusahalah memenuhinya,” ujar penyanyi yang sudah mengeluarkan empat album dan memenangkan Album Terbaik serta Pendatang Baru Terbaik di ajang Anugrah Musik Indonesia.

Yang nggak kalah penting, menurut Gita, adalah menguasai bahasa. “Kebetulan aku les bahasa Inggris sejak SD dan juga sudah terbiasa berbahasa Inggris di SMAku. Tapi bisa juga ambil kelas bahasa tambahan, supaya lancar,” ungkapnya. Sip, deh!

Hasilnya? Do’i sakseis keterima di jurusan Ekonomi di University of Birmingham, Inggris.

Lanjut S2

Seperti Maudy, saat jadi mahasiswa, Gita tetap gaspol—kuliah lancar, karir pun jalan terus. Antara Inggris dan Indonesia pula! Duh, ngebayangin capeknya menjalankan kuliah (di Inggris) dan karir (di Indonesia) secara bersamaan, rasanya saya langsung pengen pake koyo.

youthmanual  seleb kuliah di Inggris

Tapi Gita Gutawa emang jempolan banget. Buktinya, cewek yang sudah pernah menggelar konser tunggal ini berhasil lulus dan dapat beasiswa S2 di  London School of Economics (LSE). Udah lulus pula!

Whaaat?!

Yap, Gita sudah merampungkan kuliah S2 dan sedang menunggu hasil nilainya. Emang, sih, salah satu kelebihan sekolah di Inggris adalah jangka waktu studinya; jenjang S1 bisa ditempuh dalam tiga tahun sementara S2 dalam setahun aja. Bisa cepet lulus, kerja, trus kawin, dong? Hore!

youthmanual seleb kuliah di inggris

Happy pas wisuda S1, dan sebentar lagi bakal wisuda S2. Kapan nyusul, sob? #jleb!

Vidi Aldiano
Universitas: Universitas Pelita Harapan (UPH), Tangerang dan University of Manchester, Inggris
SMA: Al-Azhar 1, Jakarta

Geek dan Suka PR

“Pendidikan itu penting banget! Gue suka belajar dan geek banget! Suka banget sama yang namanya kuliah, masuk kelas, dapet PR, kerjain tugas, dan belajar kelompok,” jelas Vidi Aldiano menanggapi pertanyaan fans-nya.

Pendidikan penting, yes, setuju! Tapi suka dapat PR? Gleg! Nggak heran kalau penyanyi sekaligus produser ini bisa lulus cumlaude dalam waktu 3,5 tahun dari jurusan Manajemen Universitas Pelita Harapan, walau sibuk dengan karir musiknya.

Eh, tapi pemain serial musikal Stereo ini emang beneran doyan belajar, lho. Bahkan sejak kecil, cowok yang sempat memperdalam musik lewat summer course di Barklee School of Music Boston, Amerika Serikat ini, bercita-cita harus sekolah sampai minimal S2.

Belajar Giat Untuk Masuk S2

Dengan alasan ingin memperluas jaringan, Vidi berniat lanjut kuliah di Inggris. Dengan usaha keras, akhirnya niatan Vidi pun terwujud. “Setelah belajar GMAT, memperdalam bahasa Inggris dan Matematika, akhirnya gue diterima di University of Manchester! Padahal tesnya susah banget!” ungkap Vidi penuh semangat.

youthmanual seleb kuliah di inggris

FYI, GMAT adalah ujian standar internasional yang digunakan untuk seleksi masuk S2 program MBA. Jadi, sejak September 2013, Vidi resmi kuliah di jurusan Innovation Management and Enterpreneurship, University of Manchester. 

Seperti Maudy dan Gita, setiap libur kuliah, Vidi pasti balik ke Indonesia untuk kejar setoran alias kerja.

Langganan Cumlaude

Nggak cuma kuliah S1 yang sukses diselesaikan dengan gemilang, Vidi pun berhasil lulus S2 dengan predikat cumlaude. Duile, hobi amat! But seriously, ini anak makannya apa, sih? Pinternya, kok, pake banget! 

youthmanual seleb kuliah di inggris

Yes, dream BIG!

Kabarnya, pemilik clothing line VA Apparel ini mau lanjut S3, tapi nggak dalam waktu dekat. Wih, go Vidi! Sebagai bocoran, Vadi Akbar, adik Vidi yang juga jadi penyanyi, sekarang lagi kuliah di Fakultas Teknik Universitas Indonesia jurusan Elektro dan berniat mengikuti jejak sang kakak lanjut kuliah di Inggris.

youthmanual  seleb kuliah di Inggris

***

Salut dan kagum banget, ya, kalau lihat seleb yang kayak begini. Sirik juga, sih, dikit. Banyak, deng, hihihi. Sukses terus ya, bro-sis. Ajak-ajak jalan-jalan ke Inggris, dong!

(sumber gambar: @maudyayunda, @gitagut, @vidialdiano, Detik)

LATEST COMMENT
Hikma Rizkia | 15 jam yang lalu

Di UGM namanya Departemen Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan kak

Mengenal Lebih Dekat Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial
rahadyan fajar harris | 1 hari yang lalu

FH UNAIR nilai 598 kemaren masih bisa masuk kok lewat sbmptn

Cek Passing Grade Skor UTBK Prodi Hukum pada SBMPTN
Demas Reyhan Adritama | 2 hari yang lalu

Setiap tahun berbeda, tergantung kebutuhan

Bercita-Cita Menjadi Polisi? Simak Cara dan Persyaratannya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©