Menu
Arm-Chair

Produser TV / Film / Video

Media dan Periklanan


  • Gaji rata-rata

    4.7jt - 6.5jt

  • Tren Karir

    -

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Produser TV / Film / Video?

Mengawasi dan terlibat dalam setiap tahap program televisi, film atau video, dari awal sampai akhir, baik di studio maupun di lokasi. Seorang produser menjaga kelancaran proyek, sehingga sutradara serta anggota tim lainnya bisa berkonsentrasi pada aspek kreatif. Ia bisa pula terlibat dalam proses pemasaran dan distribusi.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

4.7jt - 6.5jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Produser Animasi
Produser Eksekutif
Produser Berita
Produser Siaran Berita
Produser
Produser Promosi
Produser Radio
Produser Berita Televisi
Produser Televisi
Asisten Producer
Producer Assistant

Tugas

Membaca, meneliti dan menilai ide-ide naskah Termasuk mencari penulis dan mendapatkan hak atas novel, drama, atau skenario untuk dijadikan film/acara TV/video
Membangun dan mengembangkan networking serta mencari dana untuk produksi/mendiskusikan proyek dengan para sponsor atau pendukung keuangan
Menyusun dan mengendalikan anggaran serta membuat penjadwalan
Mempekerjakan staf-staf inti, termasuk direktur dan kru produksi
Memastikan produksi TV / film / video taat kepada peraturan yang berlaku, kode praktek, hukum kesehatan serta keselamatan
Mengawasi jalannya proyek pembuatan TV / film / video, dari mulai tahap pra produksi hingga pasca produksi

Pengetahuan

Administrasi dan Manajemen

Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen termasuk perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, dan koordinasi antara orang dan sumber daya.

Komunikasi dan Media

Pengetahuan tentang media produksi, komunikasi, serta teknik dan metode penyebarannya. Termasuk cara alternatif untuk menginformasikan dan menghibur melalui tulisan, lisan, maupun media visual.

Bahasa Inggris

Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.

Personil dan Sumber Daya Manusia

Pengetahuan tentang prinsip dan prosedur dalam merekrut personil, seleksi, pelatihan, kompensasi dan keuntungan, hubungan pekerja dan negosiasi, serta sistem informasi personil.

Penjualan dan Pemasaran

Pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan metode untuk menunjukkan, mempromosikan, dan menjual produk atau jasa. Termasuk strategi dan taktik pemasaran, demonstrasi produk, teknik penjualan, dan sistem kontrol penjualan.

Keterampilan

Penyelesaian Masalah yang Kompleks

Mengidentifikasi masalah yang kompleks dan mengulas informasi terkait dalam rangka mengembangkan dan mengevaluasi pilihan serta solusi yang dapat diterapkan.

Koordinasi

Menyesuaikan tindakan yang dilakukan, dengan tindakan orang lain.

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan

Mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan dari pilihan tindakan yang potensial untuk memilih tindakan yang paling tepat.

Memantau

Memantau/menilai kinerja diri sendiri, individu lain, maupun organisasi untuk melakukan pengembangan atau mengambil tindakan korektif.

Manajemen waktu

Mengatur waktu pribadi dengan waktu orang lain

Kemampuan

  • 1

    Negosiasi - Membawa orang lain bersama-sama dan berusaha untuk mendamaikan perbedaan.

  • 2

    Kemampuan Berhitung - Kemampuan untuk melakukan perhitungan tambah, kurang, kali, bagi dengan cepat dan tepat.

  • 3

    Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan

  • 4

    Ekspresi Lisan - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide ketika berbicara, sehingga orang lain dapat memahami apa yang disampaikan

  • 5

    Sensitivitas Masalah - Kemampuan untuk memberitahu ketika terdapat sesuatu yang salah atau mungkin salah. Hal ini tidak melibatkan penyelesaian masalah, hanya mengetahui jika terdapat suatu masalah.

  • 6

    Visualisasi - Kemampuan untuk membayangkan bagaimana sesuatu akan terlihat setelah dipindahkan ke sekeliling atau ketika bagian-bagiannya dipindahkan atau diatur ulang.

Cerita terkait profesi ini

Belum ada cerita yang dibagikan untuk profesi ini.
Jadilah yang pertama untuk bagikan ceritamu!

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©