Serba-Serbi Jurusan Cyber Security: Dari Mata Kuliah Hingga Prospek Karier

Jurusan Cyber Security adalah salah satu jurusan di bidang komputer dan teknologi yang masih terdengar asing di telinga sebagian besar calon mahasiswa. Tapi, jurusan ini memiliki prospek karier yang sangat menjanjikan di masa depan, dimana kegiatan kita sehari-hari tidak bisa lepas bersentuhan dengan dunia siber alias dunia maya.

Dunia maya pun tidak jauh berbeda dengan dunia nyata: semua orang pasti membutuhkan rasa aman dan nyaman untuk dapat beraktivitas sebagaimana mestinya tanpa gangguan apa pun. Agar kamu nggak berlama-lama penasaran dengan bagaimana seorang Cyber Security bekerja, mari kita kupas tuntas mengenai jurusan Cyber Security untuk kamu yang tertarik untuk menjadi “penjaga keamanan” dunia maya di masa yang akan datang.

Cyber Security = pahlawan dunia siber?

Jurusan Cyber Security adalah jurusan yang mempelajari bagaimana cara memproteksi berbagai industri dan pemerintah bahkan individu dari serangan yang ada pada dunia maya (cyber attack). Sampai sini mungkin kamu bertanya-tanya. Apa, sih, yang harus dilindungi di dunia maya?

Segala macam aktivitas yang kamu lakukan di dunia maya akan terekam secara otomatis—mulai dari mengirim email, belanja di toko online langganan, sampai memesan ojek online untuk berangkat ke sekolah atau kampus. Rekaman ini berupa data yang tersimpan di dalam suatu sistem, yang hanya bisa diakses oleh kamu sendiri atau pihak penyedia sistem dengan izin.

jurusan cyber security

Jika tidak dilindungi dengan baik, akan mudah bagi pihak luar menemukan celah dan menggunakan data-data tersebut tanpa izin. Untuk level individu, bisa aja data-data pribadi kamu dijual untuk keuntungan orang lain, atau bahkan sengaja “menyamar” sebagai kamu di dunia maya untuk berbuat kejahatan. Di level industri atau pemerintahan, pastinya akan merugikan lebih banyak pihak. Duh!

Itulah sebabnya mengapa seseorang yang bekerja di bagian Cyber Security dianggap sebagai pahlawan dunia maya, karena mereka bekerja untuk melindungi suatu sistem dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab dan terjadinya kejahatan di dunia maya (cyber crime). Cyber Security mampu mendeteksi segala macam ancaman di dunia maya untuk membuat suatu sistem proteksi dan langkah penanggulangan yang efektif dan tepat guna jika terjadi penyerangan terhadap sistem untuk menyelamatkan para “korban”.

Keren banget, ‘kan?

Bakal belajar apa aja di jurusan Cyber Security?

Pada dasarnya, jurusan Cyber Security adalah bagian dari bidang jurusan komputer dan teknologi yang fokus pada pengujian, perancangan, dan implementasi pertahanan dalam dunia maya.

Dalam perkuliahannya, mahasiswa jurusan Cyber Security akan banyak mengeksplorasi berbagai jenis ancaman siber yang dapat menyerang sistem suatu industri atau pemerintahan dan melatih diri untuk berpikir kritis dalam membentuk proteksi serta langkah penanggulangan masing-masing ancaman. Tidak lupa juga update wawasan seputar dunia teknologi, karena ancaman dunia siber sangat dinamis dan sangat tak terduga jika mengingat pesatnya perkembangan teknologi.

Selain belajar coding dan programming, beberapa mata kuliah seru yang akan kamu dapatkan di jurusan Cyber Security antara lain:

1. Data Structure

Data adalah subjek paling penting dalam dunia komputer dan teknologi. Di mata kuliah ini, kamu akan belajar mengenai cara penyimpanan, penyusunan, pengamanan, dan pengaturan data di dalam media penyimpanan komputer sehingga data tersebut dapat digunakan secara efisien.

2. Network Penetration Testing

Untuk memastikan suatu sistem memiliki proteksi yang memadai, perlu diidentifikasi kerentanan seperti apa yang dapat dieksploitasi di jaringan, sistem, host dan perangkat jaringan lainnya sebelum peretas dapat menemukan dan mengeksploitasi mereka. Di mata kuliah ini, kamu akan mempelajari tata cara pengujian penetrasi jaringan untuk mengetahui peluang peretas dalam mengancam sistem dan jaringan sedemikian rupa yang memungkinkan akses ilegal ke data-data penting atau bahkan percobaan pengambilalihan untuk tujuan kejahatan.

3. Cyber Forensic

Cyber Forensic mempelajari penerapan teknik investigasi dan analisis untuk mengumpulkan dan menyimpan bukti dari sistem tertentu dengan cara yang dapat diproses oleh hukum. Tujuan Cyber Forensic adalah untuk melakukan penyelidikan terstruktur sambil mempertahankan bukti terdokumentasi untuk mencari tahu apa yang telah terjadi pada perangkat komputer serta sistem didalamnya, dan siapa yang bertanggung jawab untuk itu.

jurusan cyber security

Selain itu, ada juga mata kuliah yang nggak kalah menarik seperti Program Design Methods, Cyber Law, Network Cryptography, Human and Computer Interaction, Secure Programming, serta Artificial Intelligence.

Lulusan jurusan Cyber Security bisa kerja jadi apa?

Sesungguhnya, peluang kerja dan prospek karier untuk seorang lulusan Cyber Security sangatlah luas. Kamu akan sangat dibutuhkan di perusahaan berbasis teknologi atau pun perusahaan dari industri lain yang sudah menggunakan teknologi untuk membangun sistemnya. Kamu juga bisa bekerja di bidang pemerintahan dalam hal pengamanan siber dan pemberantasan kejahatan siber.

Beberapa contoh profesi yang bisa kamu tekuni sebagai lulusan cyber security adalah:

  1. Penetration Tester

  2. Secure Software Developer

  3. Network Security Administrator

  4. Information Security Analyst

  5. Computer Security Architect

  6. Cyber Intelligence Officer

  7. Akademisi dan peneliti di bidang keamanan siber

Di mana kampus terbaik untuk kuliah di jurusan Cyber Security?

Di Indonesia, belum banyak perguruan tinggi yang menyediakan jurusan Cyber Security. Namun, seiring dibutuhkannya lulusan dengan kompetensi yang mumpuni di bidang keamanan siber, semakin banyak kampus yang menajamkan fokus pembelajaran teknologi informasi pada Cyber Security dan mengembangkan peminatan di bidang ini.

Kalau kamu calon mahasiswa yang merasa minat dan kemampuanmu cocok untuk berkuliah di jurusan Cyber Security dan ingin tahu kampus terbaik yang menyediakannya, look no further! BINUS University adalah salah satu perguruan tinggi yang menjadi rekomendasi terbaik untuk kamu yang ingin berkuliah di jurusan Cyber Security. Nggak tanggung-tanggung, sejak didirikan tahun 2015, jurusan Cyber Security berhasil menjadi salah satu jurusan terbaik di bawah naungan Fakultas Sains Komputer BINUS University yang didukung oleh pemerintah. Wow!

cyber security binus university

BINUS University juga mendukung pembelajaran lewat sarana dan prasarana seperti laboratorium komputer yang canggih, dosen dan tenaga pengajar yang profesional di bidangnya, kesempatan untuk mahasiswa berkarya di kancah nasional dan internasional, serta program 3+1 untuk kamu bisa mencoba terjun langsung ke industri pilihan untuk mengumpulkan pengalaman kerja.

Gimana, gaes? Udah siap kuliah di Cyber Security BINUS University dan jadi pahlawan dunia siber?

Baca juga:

(sumber gambar: mobotix.com, healthitsecurity.com, binus.ac.id)

LATEST COMMENT
Zanita Safitri | 1 hari yang lalu

Bismillah masuk farmasi

25 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPA
Naufal Ganteng | 2 hari yang lalu

Sama gua juga ijin ke guru Dan guru nya izinin

Perlu, Nggak, Sih, Pelajar Bawa Kendaraan Pribadi Ke Sekolah?
Siti Nur Halimah | 2 hari yang lalu

Halo, izin bertanya, Kak! Jika lulusan SMK mendaftar UTBK SBMPTN dengan pilihan prodi SAINTEK, apakah UTBK-nya hanya SAINTEK/IPC? Terima kasih

Lintas Jurusan di SBMPTN 2021 dan Peluangnya
Ariel Mickey | 3 hari yang lalu

Permsi min saya mau nanya, kalau kategori nya B terus seseorang dapat C+ Itu diajukan remedial nggak min Terimakasih.

Serba-Serbi IP, IPK, dan Sistem Nilai di Perguruan Tinggi
Dasri Dsr | 6 hari yang lalu

Nah klo tipe pelajar bunglon bagaimana biar efektif belajarnya sedangkan mood itu susah bgt diaturnya

Tipe Pelajar Macam Apakah Kamu? Cari Tahu Di Sini, Supaya Cara Belajar Kamu Nggak Sia-Sia!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1