Menu

Kenalan dengan Jurusan Teknik Grafika, Yuk!

Ketika membicarakan Jurusan Teknik, pasti, banyak dari kalian yang terbesit dengan berbagai Jurusan Teknik seperti Jurusan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Kimia, Jurusan Teknik Fisika dan sebagainya. Tetapi, pernah kah kamu mendengar Jurusan Teknik Grafika?

Kalau dari nama-namanya, apakah jurusan yang satu ini sama dengan Jurusan Statistika karena ada kata "grafik"-nya? Well, jawabanmu kurang tepat, nih, gaes. Jurusan yang satu ini lebih berkaitan dengan industri penerbitan, buku-buku, percetakan dan sebagainya.

Baru mendengar jurusan ini pertama kalinya? Mau tahu setelah lulus, dimanakah para lulusannya akan bekerja? Sebelum lulus, apa, sih, yang dipelajari jurusan ini? Well, penasaran, ya? Kalau mau tahu seputar jurusan ini, yuk, baca artikel yang satu ini lebih lanjut!

Kenapa harus Jurusan Teknik Grafika?

Kalau kamu masih bertanya-tanya, kenapa, sih, kok, harus masuk Jurusan Teknik Grafika? Kan, masih ada Jurusan Teknik lainnya seperti Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Sipil, Teknik Elektro dan Jurusan Teknik lainnya. Kenapa harus Jurusan Teknik Grafika?

jurusan teknik grafika

Well, kalau kamu suka dengan dunia percetakan dan ingin sekali menjadi pengusaha dalam bidang ini, Jurusan Teknik Grafika merupakan jurusan yang cocok banget, nih, buat kamu. Jurusan Teknik Grafika merupakan jurusan yang memang memiliki fungsi untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia menjadi tenaga ahli menengah profesional dan kompeten yang mampu mengisi posisi penyedia atau pelaksana dalam bidang grafika, penerbitan, dan pencetakan naskah untuk media elektronik dan cetak.

Perlu kamu ketahui juga, nih, gaes, kamu dapat memilih jurusan yang satu ini karena jurusan ini memiliki kurikulum yang dirancang terintegrasi dengan perkembangan teknologi modern di industri grafika berbasis kompetensi produksi dan kewirausahaan. Jadi, kamu nggak perlu takut ketinggalan jaman di tengah-tengah era industri 4.0 karena ilmu Teknik Grafika ini selalu berkembang mengikuti zaman.

Jurusan Teknik Grafika belajar apa saja?

Secara besarnya, Jurusan Teknik Grafika ini mempelajari tentang berbagai hal yang berkaitan dengan percetakan baik itu dari segi produksi hingga ke ranah wirausaha. Perlu kamu ketahui, nih, gaes, Jurusan Teknik Grafika ditunjang fasilitas praktik produksi yang lengkap mulai dari mesin konvensional sampai dengan mesin cetak digital, laboratorium ilmu bahan grafika, simulator cetak, mesin cetak offset satu warna, dua warna dan empat warna, mesin finishing cetak.

Untuk lebih spesifiknya, ketika kamu masuk Jurusan Teknik Grafika, kamu akan belajar tentang Kimia Grafika, Fisika Terapan, Teknik Tenaga Listrik, Ilmu Bahan Grafika, Statistika Industri, Proses Produksi, Mekanika Teknik, Analisa Perancangan Kerja, Psikologi Industri, Akuntansi Biaya, Estimating Biaya Cetak, Aspek Hukum dalam Industri Grafika dan sebagainya.

Kalau dilihat dari pelajaran yang diajarkan di Jurusan Teknik Grafika, jurusan ini  akan menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri grafika. Lulusan program studi ini mempunyai kompetensi menguasai bidang pracetak, produksi cetak, pascacetak, pemasaran dan bisnis wirausaha di bidang grafika. Nggak hanya soal bisnis saja, nih, gaes, kamu pun diajarkan untuk paham tentang persoalan hukum di dunia usaha grafika. Menarik banget, kan, gaes?

Kemampuan apa saja, sih, yang harus dimiliki mahasiswa Jurusan Teknik Grafika?

Gimana? Sudah tertarik dengan Jurusan Teknik Grafika? Nah, kalau kamu sudah tertarik dengan jurusan yang satu ini, kamu pun harus tahu, nih, kemampuan-kemampuan yang harus kamu miliki sebagai mahasiswa Jurusan Teknik Grafika.

Kemampuan yang harus kamu miliki sebagai mahasiswa Jurusan Teknik Grafika diantaranya adalah kemampuan matematika! Nah lho, kok, harus memiliki kemampuan matematika, sih? Well, perlu kamu ketahui, nih, gaes, jurusan yang satu ini nggak jauh berbeda dengan Jurusan Teknik Mesin. Kamu pun akan mengupas tentang segala macam permesinan yang ada di dunia grafika. Nah, untuk mengoperasikan mesin-mesin grafika dan untuk memproduksi suatu produk grafika, kamu harus memahami informasi berupa angka, menggunakan logika matematika, dan menerapkan operasi hitung untuk menyelesaikan masalah.

Selain kemampuan matematika, kamu harus memiliki beberapa kemampuan lainnya, nih, gaes seperti pemahaman prinsip dasar mekanika dan keteknikan. Selain itu, kamu juha harus memiliki kemampuan membayangkan ruang dan bentuk-bentuk tiga dimensi. Teliti, tekun, detail, observan, independen, kemampuan komunikasi yang baik dan sebagainya dapat menjadi hal yang mempermudahmu dalam proses perkuliahan, lho.

Bagaimana prospek kerja Jurusan Teknik Grafika?

Kalau kamu masuk Jurusan Teknik Grafika, kamu nggak perlu takut dengan prospek kerja ke depannya. Kenapa begitu? Karena Jurusan Teknik Grafika memiliki ilmu pengetahuan yang selalu berkembang mengikuti zaman. Misalnya, nih, dulu mungkin dunia percetakan masih sangat tradisional, namun sekarang, mesin-mesin printing tersebut mengalami perkembangan. Nah, dengan adanya perkembangan mesin ini, para mahasiswanya pun akan terus mempelajari hal-hal yang selalu baru.

Selain itu, Jurusan Teknik Grafika ini nggak akan ada matinya, deh, karena meskipun pada saat ini perkembangan digital sangatlah pesat, namun, masih banyak orang-orang yang melakukan kegiatan percetakan. Percetakan yang masih sering dilakukan ialah mencetak ijazah,  mendesain dan mencetak kemasan produk dan sebagainya.

program studi teknik grafika

Pada intinya, para lulusan Jurusan Teknik Grafika ini akan bekerja pada sektor-sektor seperti perusahaan percetakan, penerbit surat kabar, penerbit majalah, penerbit buku, kehumasan, biro iklan, dan wirausaha mandiri. Lulusan jurusan ini juga dapat berkarir sebagai Penyelia Pracetak, Penyelia Produksi Cetak, Penyelia Pascacetak, Wirausahawan Bidang Cetak Dan sebagainya.

Untuk lebih detailnya, kamu bisa bekerja menjadi seorang UI/UX Designer, Copywriter, Content Creator, Manajer Kontrol Kualitas Sistem, Editor (Artikel/Tulisan), Desainer Grafis  dan sebagainya. Hmm... Gimana, nih, gaes? Menarik nggak prospek kerja dari Jurusan Teknik Grafika?

Universitas mana saja, ya, yang menyediakan Jurusan Teknik Grafika?

Sudah putuskan untuk masuk jurusan yang satu ini, gaes? Kalau sudah, berikut beberapa universitas atau politeknik yang menyediakan Jurusan Teknik Grafika:

1. Universitas Sahid Jakarta 

2. Politeknik Negeri Jakarta 

3. Politeknik Negeri Media Kreatif Makassar

4. Sekolah Tinggi Media Komunikasi Trisakti

5. Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta

6. Politeknik Negeri Media Kreatif Medan

Dan masih banyak lagi!

***

Setelah kamu mengetahui apa itu Jurusan Teknik Grafika, kenapa kamu harus masuk jurusan ini, apa yang dipelajari di jurusan ini hingga ke bagaimana prospek kerja dari jurusan ini, apakah kamu tertarik untuk masuk Jurusan Teknik Grafika?

Baca juga:

(Sumber gambar: wordpress.com, blogspot.com, katariau.com)

LATEST COMMENT
Rika Pratiwi | 15 jam yang lalu

mau tanya, kalo pindahan semester 3 ga terima jalur undangan snmptn ga?

10 Perubahan Penting SNMPTN dan SBMPTN 2019
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©