Arm-Chair

Copywriter

Media dan Periklanan


  • Gaji rata-rata

    3.8jt - 6.6jt

  • Tren Karir

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Copywriter?

Penulis yang membuat tulisan yang biasanya mendukung visual tertentu. Umumnya copywriter membuat teks yang bersifat kreatif—seperti jingle iklan atau slogan—namun kadang mereka juga menulis teks yang lebih berbasis penelitian. Yang penting, teks yang dibuat harus menarik pembaca, menyampaikan pesan tertentu, atau menghibur.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

3.8jt - 6.6jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Copywriter

Tugas Copywriter

Bersama account executive, mendiskusikan target audiens serta pesan inti yang ingin disampaikan klien
Mengenali produk yang harus mereka iklankan, target marketnya, serta hal-hal yang dilakukan kompetitor
Menggali ide dan konsep untuk visual dan teks bersama anggota tim kreatif lainnya, serta menyajikan ide awal untuk disampaikan kepada direktur kreatif
Menulis beberapa pilihan teks untuk lalu disajikan kepada klien
Merevisi teks sampai klien puas
Mengawasi tahap produksi, sambil bekerja sama dengan desainer, ilustrator, printer, fotografer, dan perusahaan produksi

 

Pengetahuan

Komunikasi dan Media

Pengetahuan tentang media produksi, komunikasi, serta teknik dan metode penyebarannya. Termasuk cara alternatif untuk menginformasikan dan menghibur melalui tulisan, lisan, maupun media visual.

Bahasa Inggris

Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.

Bahasa Asing

Pengetahuan tentang struktur dan konten dari bahasa asing (selain Bahasa Inggris), termasuk arti dan pengejaan kata, aturan komposisi dan tata bahasa, serta pelafalan.

Keterampilan

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Persuasi

Membujuk orang lain untuk mengubah pikiran dan perilaku mereka.

Kepekaan Sosial

Menyadari reaksi orang lain, kemudian memahami mengapa mereka bertindak seperti itu.

Manajemen waktu

Mengatur waktu pribadi dengan waktu orang lain

Menulis

Mengkomunikasikan dengan efektif melalui tulisan yang sesuai dengan kebutuhan audiens

Kemampuan

  • 1

    Penyusunan Informasi - Kemampuan untuk mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).

  • 2

    Sensitivitas Masalah - Kemampuan untuk memberitahu ketika terdapat sesuatu yang salah atau mungkin salah. Hal ini tidak melibatkan penyelesaian masalah, hanya mengetahui jika terdapat suatu masalah.

  • 3

    Pemahaman Tertulis - Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui tulisan

  • 4

    Ekspresi Tertulis - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide dalam penulisan sehingga orang lain dapat mengerti

  • 5

    Orisinalitas - Kemampuan untuk mendatangkan ide-ide yang tidak biasa atau ide cemerlang terhadap topik atau situasi yang diberikan, atau untuk mengembangkan cara-cara kreatif dalam memecahkan masalah.

Diskusi terkait profesi Copywriter

Belum ada diskusi yang dibagikan untuk profesi ini.

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1