Macam-Macam Jurusan di Bidang Teknik dengan Prospek Kerja Terbaik Beserta Pilihan Kampusnya

Fakultas Teknik terkenal sebagai fakultas yang menaungi beberapa jurusan dengan prospek kerja paling cerah di masa depan. Penasaran nggak sih kalian, sebenarnya ada jurusan apa aja yang bernaung di bawah bidang keteknikan? Apa benar jurusan-jurusan tersebut memiliki prospek kerja yang cerah di masa depan?

Well, mumpung baru kelar UNBK dan pendaftaran SBMPTN 2018 belum ditutup, mending kamu-kamu yang pada tertarik untuk memilih bidang teknik di kuliah nanti, cek pembahasan di bawah ini dulu, yuk! Jangan sampai kamu cuma pengen masuk Teknik biar terlihat keren, atau bahkan... biar dapet gebetan. Hehe. Nggak ya.

1. Teknik Mesin

Pada program studi Teknik Mesin, kamu akan mempelajari prinsip-prinsip fisika yang kemudian diimplementasikan pada analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan mesin. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa teknik mesin, kamu harus memperdalam kemampuan pada beberapa cabang ilmu teknik mesin, seperti mekanika, kinematika, teknik material, dan termodinamika.

Apabila kamu menyukai mesin dan hal-hal yang berkaitan dengan teknik, kamu bisa memilih jurusan Teknik Mesin. Keunggulan dari Teknik Mesin adalah, lulusannya dibutuhkan oleh berbagai macam industri mulai dari manufaktur, teknologi, pertambangan, hingga otomotif.

Kampus dengan Jurusan Teknik Mesin terbaik: Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Institut Teknologi Bandung, Universitas Brawijaya, Universitas Indonesia, Universitas Trisakti, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya  

2. Teknik Sipil 

teknik sipil

Program studi Teknik Sipil mempelajari proses merancang, membangun, serta merenovasi, tidak hanya bangunan gedung, tapi juga infrastruktur jalan, jembatan, bendungan, dan infrastruktur lainnya. Mempelajari ilmu Teknik Sipil, kamu akan memahami unsur-unsur bangunan seperti beton, baja, aspal, dan lain-lain. Kamu juga akan memahami bagaimana perancangan struktur bangunan yang kuat, layak, dan efisien.

Teknik sipil menjadi salah satu program studi yang punya peran penting dalam perkembangan suatu negara, terutama dalam pembangunan infrastruktur dan ekonomi. Sebagai negara berkembang, Indonesia sedang gencar melakukan pembangunan infrastruktur di mana-mana. Karenanya, para ahli di bidang Teknik Sipil akan sangat di butuhkan untuk menyukseskan pembangunan. Jika berhasil lulus dari jurusan Teknik Sipil, kamu bisa bekerja di berbagai perusahaan properti, konstruksi, atau pengembang. Peluang kerja lulusan Teknik Sipil juga terbuka lebar di instansi pemerintah seperti di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Badan Perencanaan Nasional (BPN), dan BUMN yang bergerak di bidang konstruksi.

Kampus dengan Jurusan Teknik Sipil terbaik: Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Sebelas Maret, Universitas Diponegoro, Universitas Bina Nusantara, Universitas Pelita Harapan

3. Teknik Industri 

urusan Teknik Industri secara garis besar mempelajari tentang proses industri baik dari sisi manajemen ataupun teknik.  Teknik Industri berfokus kepada perancangan, peningkatan, dan pemasangan sistem terintegrasi yang membutuhkan peran manusia, material, peralatan dan energi. Jadi, nggak cuma kamu hanya belajar mengenai seluk-beluk sebuah mesin manufaktur, kamu juga akan mempelajari sistem manajemen sebuah industri—khususnya manufaktur.

Teknik Industri mempunyai prospek yang bagus. Ketersediaan lapangan kerja sangat luas, dari industri kecil sampai industri besar. Para lulusan teknik industri bisa mengambil peran beberapa fungsi seperti divisi spesialisasi teknik industri, divisi produksi, divisi engineering, divisi perencanaan biaya, bahkan divisi HRD.

Kampus dengan jurusan Teknik Industri terbaik: Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Brawijaya, Universitas Indonesia, Universitas Katolik Parahyangan, Telkom University

4. Arsitektur 

Arsitektur merupakan jurusan di bidang teknik yang unik, karena nggak hanya mengajarkan hal-hal yang bersifat teknis dari sebuah bangunan tapi juga memperhatikan sisi seni dan estetikanya. Para mahasiswa di program studi Arsitektur mempelajari desain dan rancangan konstruksi bangunan. Arsitektur lebih cenderung menuangkan ide, konsep, dan desain di atas kertas, sedangkan realisasi pembangunannya akan dikerjakan oleh Teknik Sipil. Dalam mendalami arsitektur, para mahasiswa harus mempelajari kekuatan bangunan (firmitas), estetika atau keindahan bangunan (venustas), dan fungsi bangunan (utilitas).

Profesi arsitek sendiri mempunyai prospek yang bagus. Hampir semua perusahaan properti dan konstruksi pasti menggunakan jasa arsitek. Tren properti yang masih melaju kencang menunjukkan bahwa kebutuhan terhadap tenaga arsitek masih tinggi.

Kampus dengan jurusan Arsitektur terbaik: Universitas Sriwijaya, Institut Teknologi Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Indonesia, Universitas Tarumanagara, Universitas Gunadarma

5. Aeronautika dan Astronautika (Teknik Penerbangan)

teknik penerbangan aeronautika dan astronautika

Program studi Aeronautika atau yang kerap disebut Teknik Penerbangan memberikan pengetahuan terkait kedirgantaraan mencakup perancangan, pembuatan dan pengoperasian pesawat dan wahana antariksa lainnya. Intinya program studi ini mempelajari ilmu keteknikan pesawat. Aeronautika berkaitan dengan segala aspek penerbangan di dalam atmosfer Bumi seperti pesawat komersil, helikopter, pesawat militer. Sedangkan Astronautika berkaitan dengan aspek penerbangan di luar atmosfer Bumi seperti roket dan satelit.

Perkembangan transportasi udara sangat cepat, namun Indonesia sendiri masih belum menunjukkan taringnya dalam bidang ini. Industri penerbangan smembutuhkan tenaga ahli yang mampu menciptakan dan mengembangkan teknologi penerbangan yang lebih canggih. Lulusan Aeronautika dan Astronautika dibutuhkan di industri manufaktur (Dirgantara Indonesia), Industri jasa perawatan pesawat (GMF AeroAsia, Merpati Maintenance Facilites), maskapai penerbangan, industri telekomunikasi, dan Departemen Perhubungan Udara.

Kampus dengan jurusan Aeronautika dan Astronotika: Institut Teknologi Bandung, Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia Curug, Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Medan 

6. Teknik Nuklir 

Program studi Teknik Nuklir adalah sebuah program studi yang mempelajari ilmu inti atom dengan menggunakan prinsip-prinsip Fisika Nuklir dan interaksi antara radiasi dan material sebagai dasarnya. Subyek pembelajaran bidang teknik ini meliputi perancangan, pengembangan, percobaan, pengoperasian dan perawatan sistem dan komponen fisi nuklir, seperti reaktor nuklir, PLTN, dan senjata nuklir. Teknik Nuklir juga dipergunakan dalam aplikasi nuklir pada kedokteran seperti radioterapi dan radiodiagnosis. Program studi ini memiliki dua peminatan yaitu Teknologi Reaktor Nuklir dan Teknologi Proses Reaktor.

Untuk prospek kerjanya sendiri, jurusan Teknik Nuklir terbilang cukup mumpuni. Nuklir digadang-gadang sebagai sumber energi menjanjikan di masa depan, dan untuk mengembangkannya secara aman dan efektif dibutuhkan tenaga ahli di bidang Teknik Nuklir. Perusahaan pertambangan, perminyakan, dan yang perusahaan yang bergerak di bidang energi sangat membutuhkan tenaga ahli nuklir, seperti Pertamina, PLN, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Kementerian ESDM, dan sebagainya. 

Kampus dengan jurusan Teknik Nuklir terbaik: Universitas Gadjah Mada 

7. Teknik Perminyakan 

Teknik Perminyakan mempelajari tentang penambangan fluida, yaitu berupa minyak bumi, gas alam, dan panas bumi. Aspek yang dipelajari antara lain adalah teknik reservoir, pengeboran, produksi, hingga manajemen perekonomian minyak dan gas (migas). Nggak cuma belajar tentang eksplorasi, eksploitasi, dan cara pengolahan minyaknya saja, mahasiswa program studi Teknik Perminyakan dituntut untuk inovatif dalam menemukan teknik yang lebih efisien dalam eksplorasi, eksploitasi dan pengolahannya, dan dalam menghasilkan energi dengan tingkat emisi rendah.

Prospek kerja jurusan Teknik Perminyakan terkenal sangat menjanjikan, karena nggak dipungkiri sumber daya minyak merupakan salah satu sumber daya alam yang paling bernilai. Para lulusannya dapat berkarir di berbagai perusahaan sektor migas nasional dan internasional seperti Pertamina, Chevron, Medco, Total dan sebagainya, atau bekerja di bidang pemerintahan seperti Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas), dan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas). Dunia perbankan dan asuransi ternyata juga membutuhkan lulusan Teknik Perminyakan sebagai tenaga analis resiko terhadap kredit/klaim yang diajukan dalam kegiatan eksploitasi migas.

Kampus dengan jurusan Teknik Perminyakan terbaik: Institut Teknologi Bandung 

8. Teknik Elektro 

teknik elektro

Teknik elektro merupakan ilmu teknik yang mempelajari sifat-sifat elektron yang kita kenal sebagai listrik. Mahasiswa Teknik Elektro aplikasi dan pemanfaatan listrik dalam kehidupan sehari-hari, serta teknologi yang terkait. Cakupan teknik elektro sangat luas, mulai dari sumber pembangkit tenaga listrik, sistem jaringan distribusi, sampai pada pemanfaatannya oleh pengguna akhir. Teknik Elektro pun dipecah menjadi beberapa konsentrasi, seperti teknik elektronika, teknik listrik, teknik instrumentasi, sampai teknik komputer dan telekomunikasi.

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, jurusan teknik elektro juga semakin relevan. Prospek kerja yang terkait dengan bidang Teknik Elektro pun bisa dibilang cukup mumpuni seperti: teknisi telekomunikasi, teknisi radar, sonar, dan navigasi; spesialis network system, hingga ahli robotik.

Kampus dengan jurusan Teknik Elektro terbaik: Universitas Hasanuddin, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Negeri Yogyakarta, Institut Teknologi Bandung, Universitas Sumatera Utara, Universitas Trisakti, Universitas Trisakti 

9. Teknik Lingkungan 

Para mahasiswa Teknik Lingkungan akan belajar tentang bagaimana menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas penyakit dengan teknik dan teknologi. Ruang lingkup jurusan ini adalah konservasi sumber daya air, pengelolaan kesehatan lingkungan, upaya pengendalian pencemaran, pengolahan limbah, plumbing/perpipaan, sistem drainase, hingga pengendalian dan pencemaran udara.

Seorang lulusan Teknik Lingkungan biasanya akan bekerja di industri-industri yang bergerak di bidangpetrokimia, pertambangan, minyak dan lain sebagainya. Beberapa contoh perusahaan yang kerap membutuhkan lulusan Teknik Lingkungan antara lain PT Pertamina, Krakatau Steel, PT Unilever, Total, Kimia Farma, Chevron, Biofarma, Aneka Tambang.

Kampus dengan jurusan Teknik Lingkungan terbaik: Universitas IndonesiaInstitut Teknologi Bandung, Universitas Brawijaya, Universitas Trisakti 

10. Teknik Kelautan 

Teknik Kelautan adalah sebuah program studi untuk para mahasiswa yang ingin mempelajari rekayasa kelautan. Program studi ini sama sekali tidak berhubungan dengan biota dan jenis-jenis hewan di laut, melainkan mempelajari bangunan dan struktur yang berhubungan dengan laut. Selain itu, Teknik Kelautan juga mempelajari teknik perkapalan dan manajemen sumber daya kelautan.

Lulusan Teknik Kelautan tentu keahliannya sangat dibutuhkan oleh banyak industri, terutama jika industri tersebut punya hubungan erat dengan laut. Misal PLN ingin membangun pembangkit tenaga gelombang laut, atau Pertamina ingin mendirikan pengeboran lepas pantai, mereka pasti membutuhkan tenaga ahli teknik kelautan.

Kampus dengan jurusan Teknik Kelautan terbaik: Universitas Hasanuddin, Institut Teknologi Bandung 

Baca juga:

LATEST COMMENT
DINI SHABIHAH ULFAH | 5 menit yang lalu

Kak, kalau assessment nasional diperuntukkan kelas 5,8, dan 11 terus yang kelas 12 angkatan 2021 lulusnya gimana? Pakai assessment juga apa un?

Bedah Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Asesmen Nasional 2021
Ayu Vitri | 4 jam yang lalu

Open pp/endorse 50k per video Channel youtube : Ayu Vitri

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Siska Nurfadilah Sri Kusumah | 2 hari yang lalu

Ngga bisa ngasih saran kak:( kita satu server

Kamu Salah Ambil Jurusan Kuliah? Cek 15 Tanda Mahasiswa Salah Jurusan!
Siska Nurfadilah Sri Kusumah | 2 hari yang lalu

Hai kak, aku salah satu mahasiswi jurusan S1 pendidikan matematika. Aku baru 2 bulan kuliah, sebelumnya aku gap year dan taun ini aku milih buat masuk ke salah satu PTS di kotaku. Aku sebenernya ga pernah punya pikiran buat kuliah di pendidikan, aku lebih exited sama management (ya basically aku…

Kamu Salah Ambil Jurusan Kuliah? Cek 15 Tanda Mahasiswa Salah Jurusan!
Babay Kholifah | 3 hari yang lalu

Terimakasih info nya kaka,, sangattt bermanfaat

Persiapan UTBK dan SBMPTN 2021 untuk Kelas 12
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1